Comscore Tracker

5 Tips Belanja Pakaian Bekas Online, biar Gak Kena Tipu!

Belanja pakaian bekas juga gak kalah keren, kok

Di situasi apapun, penampilan wajib diperhatikan. Sayangnya sering kali orang berpikiran bahwa penampilan menarik harus pakai baju bagus, mahal, dan baru. Padahal, kini banyak toko yang menyediakan pakaian bekas dengan kondisi masih sangat layak pakai, bahkan dengan merek ternama. 

Apalagi sekarang sedang berkembang thrifting store secara daring yang pilihan pakaiannya banyak dan punya harga ramah. Namun supaya lebih hati-hati, terapkan 5 tips ini saat mau belanja pakaian bekas secara online. Jangan sampai nyesel! 

1. Tentukan barang yang kamu inginkan

5 Tips Belanja Pakaian Bekas Online, biar Gak Kena Tipu!ilustrasi belanja (pexels.com/Sam Lion)

Barang atau pakaian seperti apa yang kamu cari? Apakah bermerek atau yang murah meriah? Pilihan ini memberi pengaruh pada toko online yang akan kamu tuju. Biasanya, setiap toko memiliki segmen yang berbeda-beda.

Ada yang sekadar menjual pakaian bekas atau baru asal murah, ada yang khusus menjual pakaian bekas tapi dengan barang bermerek. Makanya di awal, kamu harus sudah tahu barang atau merek apa yang diincar. Jika memang tujuannya adalah membeli yang bermerek, maka pastikan toko tersebut mempekerjakan para ahli. 

2. Jangan tertipu foto di media sosial

5 Tips Belanja Pakaian Bekas Online, biar Gak Kena Tipu!ilustrasi belanja (pexels.com/Julia M Cameron)

Banyak nih yang merasa menyesal belanja online karena barang yang didapat, kenyataannya beda jauh dengan yang di foto media sosial. Maka dari itu, jika kamu tertarik dengan sebuah pakaian bekas dari toko online, minta foto sebenarnya atau yang tanpa diedit. Apalagi jika harganya mahal, jangan ragu untuk minta video call dengan seller langsung sambil memegang barangnya.

Baca Juga: Hobi Belanja Online? 5 Hal Ini Gak Boleh Diabaikan

3. Periksa dengan teliti toko yang kamu tuju

5 Tips Belanja Pakaian Bekas Online, biar Gak Kena Tipu!ilustrasi belanja (pexels.com/Julia M Cameron)

Hal yang paling penting saat ingin belanja online supaya gak kena tipu, adalah dengan memastikan bahwa toko yang kamu tuju itu terpercaya. Lihat apakah sudah ada testimoni dari pembeli sebelumnya, dan rating dari toko tersebut. Atau kamu bisa menanyakan apakah mereka juga melakukan jual beli di marketplace, sehingga saat transaksi lebih aman dan nyaman. 

4. Periksa kondisi barang

5 Tips Belanja Pakaian Bekas Online, biar Gak Kena Tipu!ilustrasi belanja (pexels.com/cottonbro)

Beli barang bekas harus hati-hati! Yuk, tanyakan pada penjualnya apa kekurangan dari pakaian yang kamu minati, apakah ada sobekan atau noda yang susah hilang. Jika iya, apakah kamu masih bisa mentoleransi kerusakan tersebut.

Perhatikan juga bagian seperti kancing, resleting atau kait, apakah semuanya normal atau ada yang harus diganti. Gak kalah penting, tanyakan size pakaian yang kamu inginkan, mulai dari lebar dan panjangnya. 

5. Pastikan pakaian yang dibeli sesuai dengan outfit lain

5 Tips Belanja Pakaian Bekas Online, biar Gak Kena Tipu!ilustrasi belanja (pexels.com/sam lion)

Ini nih yang paling penting, pastikan bahwa pakaian yang kamu beli ini bisa disesuaikan dengan outfit-mu yang lain. Jangan sampai malah menambah timbunan pakaian yang gak terpakai karena bingung mau dipakai ke mana dan di mana. Saran nih, beli pakaian yang bisa dipakai di segala kondisi di Indonesia, baik saat panas atau hujan, 

 

Itulah 5 tips belanja pakaian bekas secara daring yang bisa kamu coba terapkan. Gak masalah kok beli baju second, toh, kondisinya gak mengecewakan. Selamat belanja!

Baca Juga: 5 Tipe Cewek Saat Belanja Online, Salah Satunya Pasti Kamu!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya