Comscore Tracker

5 Etika Pergaulan yang Harus Kamu Terapkan, Jangan Salah Sikap!

Harus tetap sopan, meski dengan teman

Dalam hidup, ada banyak aturan yang harus kita patuhi. Kita harus mematuhi undang-undang, standar tempat kita bekerja, dan sejumlah peraturan lain yang digariskan dengan jelas.

Begitu pula dalam hal pergaulan, ada beberapa aturan yang tetap harus kita ikuti di mana pun berada. Aturan ini mungkin tidak tertulis, namun sangat memengaruhi bagaimana orang lain menilai kita.

Dengan tahu etikanya, kamu tidak mendapatkan reputasi buruk di lingkup pergaulanmu. Inilah saatnya untuk mempelajari hal-hal kecil apa yang dapat kamu terapkan di mana pun kamu bergaul. Simak selengkapnya berikut ini, ya!

1. Jangan beri tahu seseorang betapa kamu membenci sesuatu jika mereka senang dengannya

5 Etika Pergaulan yang Harus Kamu Terapkan, Jangan Salah Sikap!ilustrasi dua orang sedang berbicara (pexels.com/Polina Zimmerman)

Menghancurkan kegembiraan seseorang hanya karena kamu tidak menyukainya adalah tindakan yang kejam. Bahkan, tindakanmu itu bisa merusak hubungan pertemanan, lho.

Jika temanmu menceritakan betapa senangnya dia setelah menonton salah satu film di bioskop, jangan beri tahu betapa kamu membenci film itu. Mungkin saat temanmu menemukan band baru yang ia sukai, jangan katakan kamu tidak menyukainya.

Membiarkan seseorang berbagi kegembiraan adalah hal yang baik untuk dilakukan. Kalau kamu tidak sependapat dengannya, tahan komentar burukmu dan hargai apa yang menjadi kesenangannya.

2. Kabari tuan rumah sebelum berkunjung

5 Etika Pergaulan yang Harus Kamu Terapkan, Jangan Salah Sikap!ilustrasi bertamu dan mengobrol (pexels.com/Kampus Production)

Meskipun sudah berteman dengan cukup baik, tidak semua orang senang jika dirinya kedatangan tamu secara tiba-tiba. Jangan datang ke rumah seseorang tanpa pemberitahuan, kecuali ada alasan yang mendesak.

Memberi tahu orang yang bersangkutan beberapa hari sebelumnya adalah etika yang sederhana, namun sangat penting. Bertamu secara tiba-tiba bukanlah hal yang baik karena tidak memberikan waktu bagi tuan rumah untuk mempersiapkan apa pun.

Ini juga membuat mereka mungkin harus menghentikan semua yang mereka lakukan. Bahkan, bisa saja membatalkan rencana mereka hanya untuk menjamu tamu yang tiba-tiba datang. Wah, awas jadi canggung, ya!

3. Memakai wewangian secara berlebihan

5 Etika Pergaulan yang Harus Kamu Terapkan, Jangan Salah Sikap!ilustrasi parfum (unsplash.com/Hans Vivek)

Bau badan yang tak sedap membuat orang-orang di sekitar jadi terganggu. Hal yang sama juga berlaku bagi orang yang menggunakan parfum secara berlebihan. Semua orang menyukai orang yang terawat, namun tidak dengan wewangian yang berlebihan.

Setiap wewangian memiliki tingkat konsentrasinya sendiri, terapkan sesuai kebutuhan. Orang menyukai angin sepoi-sepoi dengan wangi lembut ketika kamu lewat, namun bukan wewangian yang menusuk hidung.

Bayangkan jika kamu mengobrol atau berinteraksi dalam waktu lama dengan orang yang wanginya sangat menyengat, pasti kamu tidak tahan bukan? Begitu pula yang dirasakan orang-orang tentang kamu.

Baca Juga: 5 Akibat jika Terlalu Loyal dalam Pergaulan, Bisa Dimanfaatkan

4. Jangan berbisik pada seseorang di hadapan orang lain

5 Etika Pergaulan yang Harus Kamu Terapkan, Jangan Salah Sikap!ilustrasi dua orang sedang berbisik-bisik (pexels.com/cottonbro)

Kamu mungkin tidak membisikkan sesuatu yang penting pada orang di sebelahmu. Namun, apa pun yang kamu katakan, kemungkinan besar ini akan membuat orang-orang di sekitarmu tersinggung. Mereka akan menganggap bahwa kamu membisikkan sesuatu tentang mereka.

Meskipun tampak sepele, berbisik di depan orang lain akan mengubah hubunganmu dengan orang tersebut. Jika kamu perlu mengatakan sesuatu secara pribadi, luangkan waktu untuk menjauh dan benar-benar mengatakannya secara pribadi.

5. Jangan membicarakan rencana di depan orang yang tidak diundang

5 Etika Pergaulan yang Harus Kamu Terapkan, Jangan Salah Sikap!ilustrasi perempuan sedang mengobrol (pexels.com/cottonbro)

Kamu tidak memiliki kewajiban untuk mengundang seseorang ke acara yang kamu buat, namun tidak perlu bersikap jahat tentang hal itu. Jika kamu tidak memberi undangan pada seseorang, jangan bicarakan dengan orang lain di depan mereka yang tidak diundang.

Begitu pula jika kamu mendapatkan undangan untuk menghadiri suatu acara. Jangan membicarakan hal ini di depan orang yang tidak diundang. Ini akan membuat mereka merasa sengaja dikucilkan.

Jadilah orang yang berbudi baik, menghormati orang lain, dan berempati. Dengan begitu, di mana pun kamu bergaul, semua akan baik-baik saja.

Baca Juga: 5 Batasan Ini Perlu Ditegaskan saat Berteman, Biar Sama-sama Nyaman

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya