Comscore Tracker

7 Rekomendasi Suvenir Eco-friendly untuk Pernikahan, Ada Tanaman!

Pilih item yang ramah lingkungan buat pernikahanmu

Bagi sebagian orang, suvenir menjadi barang yang wajib ada saat pernikahan. Walaupun sebenarnya menyediakan suvenir adalah opsional, tapi bagi pengantin, suvenir dapat memberikan kesan terimakasih pada tamu undangan karena telah hadir pada pesta pernikahan.

Untuk kamu yang segera menikah, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih suvenir pernikahan eco-friendly yang unik. Barang yang ramah lingkungan dapat tergredasi dan tercampur oleh tanah. Kamu bisa memilih salah satu rekomendasi suvenir yang ramah lingkungan berikut ini.

1. Tanaman

7 Rekomendasi Suvenir Eco-friendly untuk Pernikahan, Ada Tanaman!Ilustrasi tanaman kaktus (unsplash.com/yauh)

Tanaman bisa menjadi opsi pertamamu untuk dijadikan suvenir. Kamu bisa mengajak para tamu undangan untuk lebih mencintai lingkungan dengan menghadirkan tanaman sebagai suvenir. Untuk jenis tanamannya, kamu bisa memilih tanaman yang berukuran kecil seperti tanaman hias mini atau kaktus. Selain itu, kamu juga bisa memilih bibit sayuran seperti cabai, tomat, atau terong. 

Selain tanaman, kamu juga bisa memilih benih sebagai cinderamata. Pilihlah bungkus benih yang juga ramah lingkungan seperti kertas craft cokelat. Cantumkan juga keterangan benih dan manfaatnya dalam kemasan suvenirmu.

Suvenir tanaman atau benih pasti akan bermanfaat bagi para tamu undangan. Selain ramah lingkungan, cendera mata berupa tanaman ini dapat berumur lebih lama. Apalagi jika sudah berbunga dan berbuah.

2. Botol atau gelas non-plastik

7 Rekomendasi Suvenir Eco-friendly untuk Pernikahan, Ada Tanaman!Ilustrasi botoln kaca mini (shopee.co.id)

Suvenir berbahan plastik masih jadi primadona untuk dijadikan kenang-kenangan pernikahan. Meskipun harganya murah, tapi plastik tidak ramah lingkungan, mencemari lautan, dan bahannya sulit terurai. Ganti pilihanmu dari plastik menjadi stainless atau kaca. Misalnya suvenir botol atau gelas.

Kamu bisa menggunakan botol tumbler atau gelas kaca sebagai cendera mata. Mug dan gelas mini berbahan seng juga bisa jadi pilihanmu. selain ramah lingkungan, bahan seng juga punya kesan vintage dan antik. Jangan lupa memberi label terimakasih atau ucapan kenang-kenangan pada gelas dan botol.

3. Alat makan bahan kayu atau bambu

7 Rekomendasi Suvenir Eco-friendly untuk Pernikahan, Ada Tanaman!Ilustrasi alat makan dari bambu (shopee.co.id)

Set alat makan bisa jadi pilihan cinderamata di hari bahagiamu. Sendok dan garpu dari bahan kayu dan bambu terlihat klasik. Alat makan kayu dan bambu tidak mengandung zat kimia berbahaya, sehingga aman untuk digunakan.

Banyak vendor berlomba-lomba untuk menambah tampilan estetik pada suvenir. Kamu bisa memasukkan sendok dan garpu dalam pouch mini. Tambahkan juga sedotan stainless atau sedotan dari bambu dan alat pembersihnya, supaya suvenirmu terlihat lebih meriah. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Suvenir Pernikahan, Biar Lebih Bermakna dan Berkesan

4. Kalender abadi kayu

7 Rekomendasi Suvenir Eco-friendly untuk Pernikahan, Ada Tanaman!Ilustrasi kalender kayu (shopee.co.id)

Untuk kamu yang tidak mempertimbangkan biaya dalam pernikahan, jadikan kalender kayu sebagai suvenir di hari bahagiamu. Kalender kayu ini akan bermanfaat sepanjang waktu. Ketika berganti tahun pun, kalender ini tetap bisa digunakan.

Jadi kamu bisa membantu orang untuk berhenti membeli kalender setiap tahun. Mengingat bahan kalender biasanya terbuat dari kertas, dimana bahan bakunya berasal dari pohon-pohon yang ditebang. Kalender ini bisa jadi kenang-kenangan manis dari pengantin.

5. Sabun organik

7 Rekomendasi Suvenir Eco-friendly untuk Pernikahan, Ada Tanaman!Ilustrasi sabun organik (unsplash.com/daisyk9)

Sabun adalah produk yang kebanyakan terbuat dari bahan kimia. Meskipun punya banyak manfaat bagi tubuh, sabun kimia sebenarnya berdampak buruk bagi lingkungan. Salah satunya adalah sabun atau cairan yang mengandung microbeads. Butiran kecilnya ini terbuat dari plastik yang tak bisa terurai serta dapat mengotori ekosistem laut.

Kamu bisa memilih sabun organik yang mengandung bahan-bahan ramah lingkungan. Jangan lupa untuk menambahkan beragam aroma pada sabun, lavender atau jeruk misalnya. Untuk menambah kesan cantik, pilih sabun dengan bentuk yang unik dan pakailah kemasan yang biodegradable seperti kertas ivory.

6. Bubuk kopi atau teh

7 Rekomendasi Suvenir Eco-friendly untuk Pernikahan, Ada Tanaman!Ilustrasi kopi dalam kemasan botol (shopee.co.id)

Selain kenang-kenangan yang berbentuk benda, kamu juga bisa menyiapkan minuman atau makanan. Bubuk kopi dan teh bisa masuk dalam daftar suvenir pernikahanmu. Kopi dan teh sendiri punya segudang manfaat dan dapat dikonsumsi sehari-hari.

Pilihlah jenis kopi dan teh yang berkualitas. Kamu bisa mengemas teh dan kopi dengan toples kecil atau paper bag. Selain ramah lingkungan, kemasan ini juga terlihat cantik dan rapi.

7. Goodie bag

7 Rekomendasi Suvenir Eco-friendly untuk Pernikahan, Ada Tanaman!Ilustrasi goody bag (shopee.co.id)

Goodie bag atau tas menjadi pilihan suvenir paling banyak bagi pengantin. Selain harganya terjangkau, memilih goodie bag sebagai suvenir berarti turut mendukung kampanye gerakan zero plastic. Dimana, gerakan itu mendukung orang-orang untuk mengganti plastik belanja mereka dengan reusable bag.

Pilihlah goodie bag yang ramah lingkungan dan berkualitas, sehingga pemakaiannya bisa tahan lama. Cantumkan juga ucapan terimakasih, hari pernikahan, dan nama mempelai di bagian depan tas, ya. Tambahkan desain yang unik dan cantik supaya cinderamatmu lebih menarik.

Dengan memilih suvenir pernikahan yang eco-friendly, kamu sudah ikut berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan. Kamu tinggal pilih, mau menghadiahkan kenang-kenangan apa pada tamu undanganmu?

Baca Juga: 5 Ide Suvenir Pernikahan yang Unik dan Bermanfaat, Biar Beda!

Ema Endrawati Photo Verified Writer Ema Endrawati

Temannya burung hantu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya