Comscore Tracker

5 Tips Jitu agar Kedamaian Hati Selalu Menyertai Harimu

Ingin menjalani hidup dengan selalu berbahagia? 

Setiap orang pasti menginginkan rasa bahagia sepanjang menjalani kesehariannya. Pasti kamu juga termasuk salah satunya, kan? Bagi kamu yang ingin mendapatkan kedamaian hati, yang mampu bertahan lama untuk dirasakan. Berikut lima cara yang bisa kamu coba terapkan saat menjalani hari.

1. Jangan berhenti bersyukur 

5 Tips Jitu agar Kedamaian Hati Selalu Menyertai Harimuilustrasi orang bersyukur (pexels.com/Anete Lusina)

Manusia memang makhluk yang paling sempurna di antara ciptaan yang lainnya. Namun, bukan berarti kehidupan yang dijalaninya juga akan sempurna. Pasti akan selalu ada halangan dan rintangan yang menghadangnya. Nah, sadarilah hal ini, supaya kamu bisa terus mensyukuri berbagai hal yang terjadi. Perbanyak rasa syukurmu, sehingga hati dan pikiranmu akan terus merasa damai.

Salah satu cara yang mampu membuatmu merasa cukup, tanpa terus menerus merasa kekurangan yaitu, dengan cara bersyukur. Kamu gak akan mudah merasa iri saat melihat orang lain meraih sukses. Kamu juga gak akan merasa ingin memiliki semua hal yang orang lain miliki. Dengan merasa diri selalu cukup, maka kedamaian hati pun akan selalu menyertaimu sepanjang hari.

2. Perbanyak memberi kepada orang lain 

5 Tips Jitu agar Kedamaian Hati Selalu Menyertai Harimuilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Eren Li)

Memberi sesuatu kepada orang lain, mampu membuatmu merasa bahagia dan damai. Memberi juga bukan berarti harus selalu menggunakan materi saja, melainkan dalam bentuk perhatian dan kasih sayang juga bisa. Tindakan ini adalah sesuatu yang terlihat sederhana, namun setelah melakukannya, coba kamu rasakan secara lebih dalam lagi. Pasti hatimu akan merasa damai dan bahagia.

Gak perlu memberi dalam bentuk hal-hal yang besar, lakukan saja mulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya, saat ada tetangga rumah yang mengalami kesulitan, maka berilah dukungan dan bantuan lainnya. Bantulah sesuai dengan kemampuanmu saja, jangan sampai bantuan tersebut malah membebanimu. Paling tidak, kamu ada gerakan hati untuk membantu meringankan beban orang lain. Lakukan dengan hati yang tulus, pasti kamu akan selalu merasakan damai nantinya.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Disadari untuk Menjalani Hidup dengan Lebih Tenang

3. Kurangi berpikir negatif

5 Tips Jitu agar Kedamaian Hati Selalu Menyertai Harimuilustrasi berpikir negatif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berpikir negatif adalah lawan dari berpikir positif. Berpikir positif mampu membuatmu merasa bahagia dan damai setiap harinya. Oleh karena itu, hindarilah memiliki pikiran negatif, namun berusahalah untuk selalu berpikir positif dengan segala hal yang kamu alami. Selama ini kamu kerap merasakan beban berat di pikiran, itu salah satunya karena kamu selalu berpikiran negatif.

Oleh karena itu, seberat apa pun masalah dalam hidupmu, tetaplah berusaha untuk berpikir positif, ya. Jika terlintas pikiran negatif, maka cobalah untuk mengalihkannya ke hal-hal yang lebih positif. Percayalah, dalam kehidupan ini ketika kamu mengalami kejadian yang kurang menyenangkan sekalipun, itu bukan berarti sepenuhnya karena kesalahanmu. Selalu akan ada sisi baik dari setiap kejadian buruk.

Nah, sekarang tinggal bagaimana kamu mengambil sikap. Yang terpenting, kurangi memiliki pikiran negatif, supaya kamu akan merasa lebih bahagia. Seseorang yang selalu memiliki pikiran positif, akan lebih bisa merasakan bahagia dan damai, daripada mereka yang selalu memiliki pikiran negatif.

4. Pastikan waktu istirahatmu terjaga dengan baik 

5 Tips Jitu agar Kedamaian Hati Selalu Menyertai Harimuilustrasi beristirahat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara mendapatkan kedamaian hati selanjutnya adalah dengan memastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup dan terjaga baik. Manusia itu memiliki keterbatasan, salah satunya adalah kekuatan tubuh untuk beraktivitas. Ketika kamu sudah seharian penuh belajar, bekerja dan berkegiatan lainnya, maka berusahalah untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu setelah itu.

Pastikan kamu memiliki jadwal tidur yang baik, idealnya bagi orang dewasa, mereka membutuhkan waktu untuk tidur adalah sekitar 7-8 jam setiap harinya. Perhatikan saja orang-orang yang sering bergadang, pasti mereka cenderung lebih banyak mengalami stres dan kurang bahagia. Oleh karena itu, tidurlah yang cukup, supaya tubuh dan pikiranmu bisa berenergi dan segar kembali.

5. Luangkan waktu untuk berolahraga 

5 Tips Jitu agar Kedamaian Hati Selalu Menyertai Harimuilustrasi berolahraga (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Ingin mendapatkan hati yang selalu merasa damai dan bahagia, juga ada hubungannya dengan kesehatan fisik, lho. Pasti kamu juga sudah sering mendengar istilah di dalam tubuh yang sehat, akan terdapat jiwa yang kuat, kan? Ya, itu memang benar adanya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, bisa kamu memperolehnya dengan cara berolahraga rutin.

Gak perlu harus selalu berolahraga di tempat gym, kamu bisa berolahraga di mana saja seperti berlari-lari di sekitar rumah, bersepeda keliling taman, dan sebagainya. Lakukanlah secara rutin, maka kegiatan tersebut mampu membantumu menjadi bisa lebih damai hatinya.

Sungguh sangat membahagiakan bukan, jika hari-harimu selalu disertai oleh hati dan pikiran yang damai dan tenang? Ingin menjalani hidup dengan selalu berbahagia? Terapkan lima cara di atas dan milikilah keyakinan bahwa sumber kedamaian hati itu bukan mengenai harta dan takhta, bukan juga berupa popularitas, melainkan hati dan pikiran yang sehat dan selalu positif.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Kamu Mudah Memaafkan Orang Lain, Hati Jadi Lebih Damai!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya