Comscore Tracker

Tanamkan 5 Pola Pikir Ini untuk Dapatkan Kebahagiaan Sejati

Temukan rasa bahagia di setiap hal sederhana

Kebahagiaan bisa didapatkan dan dirasakan oleh setiap orang, sebab bahagia itu bisa diciptakan sendiri. Salah satu hal yang menjadi syarat agar kamu bisa selalu berbahagia, yaitu ubah pola pikirmu yang belum maju. Pemikiran adalah pusat dari terciptanya kebahagiaan, maka sebenarnya bahagia atau tidaknya seseorang, itu tergantung dari cara berpikirnya selama ini.

Perubahan besar terkait kehidupan yang dijalani seseorang, akan terjadi apabila dirinya mampu berpandangan secara maju dan positif. Kebahagiaan pasti akan selalu mengiringinya sepanjang waktu. Jika kamu ingin menemukan kebahagiaanmu yang sejati, cobalah tanamkan beberapa pola pikir berikut ini.

1. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang berkualitas

Tanamkan 5 Pola Pikir Ini untuk Dapatkan Kebahagiaan Sejatiilustrasi hubungan pertemanan (pexels.com/fauxels)

Bukan pada banyaknya jumlah teman atau sahabat yang terpenting di dalam hidup ini. Namun, seberapa berkualitasnya orang-orang yang ada di sekitarmu, itu yang perlu menjadi pola berpikirmu.

Dikelilingi oleh orang yang berkualitas, maka kamu juga akan menjadi berkualitas seperti dirinya. Sehingga, ada baiknya agar kamu memastikan lingkungan pergaulanmu diisi oleh pribadi-pribadi yang berkualitas baik.

Kebahagiaan dapat didukung dengan cara banyak menghabiskan waktumu bersama orang-orang yang memiliki kualitas tinggi, sebab mereka akan bersikap dan bertutur kata yang pastinya positif dan selalu berusaha melihat sesuatu dari sisi baiknya.

Namun, jika kamu hanya mementingkan jumlah teman, dan mengabaikan kualitas yang dimiliki oleh teman-temanmu. Jika, ternyata ada yang bersifat negatif, maka dalam waktu yang singkat atau lama, pasti kamu akan terpengaruh oleh sifat buruknya.

2. Sangat penting untuk bisa menjadi pribadi yang bermanfaat

Tanamkan 5 Pola Pikir Ini untuk Dapatkan Kebahagiaan Sejatiilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Eren Li)

Bukan pada jumlah harta kekayaan atau tingginya jabatan yang perlu kamu pikirkan sekarang. Namun, bagaimana caranya agar kamu bisa bermanfaat baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Seseorang yang bermanfaat untuk kebaikan bersama, rasa bahagia pasti akan selalu hadir di dalam hatinya, dan memancar ke perkataan hingga perilakunya. Maka, berpikirlah tentang apa yang bisa kamu lakukan, agar diri sendiri maupun orang lain bisa merasakan manfaat baik yang berasal dari dirimu.

Manusia adalah makhluk sosial yang pastinya akan saling membutuhkan. Jadilah orang yang bermanfaat, karena suatu saat nanti, jika kamu sedang membutuhkan bantuan dari orang lain, pasti akan ada saja pertolongan yang datang, bahkan dari orang maupun cara-cara yang tak terduga.

Maka, tanamkanlah pola pikir, bahwa yang terpenting bukan mengejar harta dan jabatan untuk bisa bahagia, tapi seberapa besar dirimu dapat memberikan manfaat baik kepada diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Miliki 5 Pola Pikir Ini agar Rasa Takut Tak Menghambat Kesuksesanmu

3. Keberhasilan adalah suatu hal yang harus diperjuangkan

Tanamkan 5 Pola Pikir Ini untuk Dapatkan Kebahagiaan Sejatiilustrasi mencapai keberhasilan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bukan hanya sekadar keberuntungan, keberhasilan yang didapatkan oleh seseorang itu karena adanya usaha yang terus dilakukan. Maka, tanamkanlah pola pikir, bahwa keberhasilan itu adalah sesuatu yang memang perlu diperjuangkan.

Jangan hanya berpikir bahwa berhasil adalah nasib. Jika, seperti itu cara berpikirmu, maka gak akan ada dorongan semangat untuk berjuang meraih cita-cita impian.

Janganlah menjadi pribadi yang lemah dan menggantungkan harapan pada keberuntungan saja. Jika, kamu ingin berhasil di masa depan nanti, maka perjuangkanlah apa yang ingin kamu raih.

Keberhasilan gak akan datang begitu saja, harus ada cara, upaya, susunan strategi, perjuangan pantang menyerah dan lainnya. Maka, jika kamu mengira berhasil adalah sebatas nasib, jelas itu salah besar.

4. Jalin asmara dengan orang yang tepat dan menikahlah saat kalian siap

Tanamkan 5 Pola Pikir Ini untuk Dapatkan Kebahagiaan Sejatiilustrasi pasangan yang menikah (pexels.com/Jin Wedding)

Kebahagiaan juga bisa hadir dari kehidupan asmara yang kamu jalani, asalkan pasanganmu adalah orang yang tepat untukmu. Beberapa orang mengatakan, bahwa menjalin asmara dengan orang yang mau berkomitmen itu mampu membuat bahagia.

Tentu saja, memang benar, tapi itu gak berlaku untuk semua orang. Sebab, ada pasangan yang mau berkomitmen menikah, tapi perilakunya dalam membina hubungan cinta selalu membuatnya terluka.

Rasa bahagia gak ada patokannya. Maka, pada intinya, berusahalah menemukan orang yang tepat untukmu, baik dari sifat maupun kebiasaannya. Jika, sudah saling cocok, sebuah komitmen, pasti akan saling kalian usahakan.

Ketika, sebuah komitmen untuk serius sudah kalian mantapkan dalam hati masing-masing. Maka, selanjutnya menikahlah di saat kalian sudah sama-sama siap. Jadi, bukan hanya sekadar karena usia, ya.

5. Belajar mendapatkan kebahagiaan dalam kesederhanaan

Tanamkan 5 Pola Pikir Ini untuk Dapatkan Kebahagiaan Sejatiilustrasi orang bersyukur (pexels.com/cottonbro)

Bukan pada faktor harta dan jabatan maupun kemewahan lainnya. Untuk bisa menemukan kebahagiaan, itu tak perlu selalu berkaitan dengan materi. Bahkan, dari hal-hal yang sederhana pun, kamu mampu mendapatkan kebahagiaan yang sejati, di mana itulah yang kamu cari selama ini. Maka, cobalah temukan kebahagiaan dalam kesederhanaan hidup yang kamu jalani. Itulah bahagia yang sebenarnya.

Jika, selama ini kamu berpikir dengan bermewah-mewahan itu mampu membuat hati senang. Maka, percayalah pasti kamu akan mudah merasa bosan dengan apa yang kamu lakukan. Sebab, perilaku dari pola pikir seperti itu, cenderung mengabaikan rasa syukur yang sebenarnya perlu dimiliki, apalagi dalam menemukan kebahagiaan yang sejati.

Belajarlah mendapatkan rasa bahagia dari hal-hal sederhana, maka nanti nikmatnya malah bisa bertambah. Kenikmatan yang didapatkan dari kesederhanaan, itulah yang benar-benar mampu membuat kebahagiaan terus kamu rasakan.

 

Pola pikir adalah penentu dari bagaimana caramu menjalani hidup. Tanamkan kelima pola pikir di atas, untuk bisa dapatkan kebahagiaan sejati yang selama ini kamu cari. Mudah dan sederhana saja, bukan?

Tak perlu bersusah payah dan membuang waktu secara percuma. Mulai sekarang, cobalah ambil langkah untuk mengubah pola pikir lamamu yang belum maju. Lalu, tanamkan pola pikir baru seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Seorang Miliarder, Kamu Memilikinya?

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya