Comscore Tracker

5 Tips agar Kamu Gak Sibuk Memikirkan Jodoh, Terapkan, Yuk!

Jangan jadikan beban dalam hidup!

Banyak orang yang khawatir belum memiliki pasangan di usia matang. Bahkan ada yang mengalami stres berat karena memikirkan jodoh. Agar hidup bisa lebih tenang, sebaiknya jauhilah pikiran yang negatif. Nikmatilah terlebih dahulu masa-masa indah sebelum menikah. Nah, buat kamu yang terlalu sibuk memikirkan jodoh, berikut ada tips biar kamu gak stres memikirkannya.

1. Yakinlah bahwa setiap manusia memiliki jalan hidup yang berbeda-beda

5 Tips agar Kamu Gak Sibuk Memikirkan Jodoh, Terapkan, Yuk!ilustrasi jalan kehidupan (unsplash.com/Caleb Jones)

Belum ada pasangan nyatanya bisa menjadi beban pikiran bagi mereka yang sudah layak menikah. Selain itu, rasa iri pun akan muncul karena melihat seseorang yang sudah memiliki pasangan. Nah, bukan tidak mungkin hal ini dapat mengganggu kenyamanan hidup seseorang.

Tapi, kamu harus ingat bahwa setiap manusia memiliki jalan hidup yang berbeda. Jangan merasa sedih jika belum bertemu dengan pasanganmu. Belum memiliki jodoh bukan berarti kamu gak laku. Hanya saja, Tuhan memiliki cara lain untuk mempersiapkan jodoh buat kamu. Jadi, jangan terlalu dipikirkan, ya.

2. Jangan terlalu mendengarkan omongan buruk dari orang lain

5 Tips agar Kamu Gak Sibuk Memikirkan Jodoh, Terapkan, Yuk!ilustrasi menjauhi orang yang toxic (pexels.com/Keira Burton)

Melihat teman-temanmu yang sudah menikah membuat kamu merasa minder. Terlebih lagi ada orang yang nyinyir kepadamu karena belum mendapatkan jodoh. Nasihat dan gosipan tetangga pun mulai menghantui telingamu. Pasti cukup kesal jika hal itu terjadi.

Terkadang sindiran dari orang lain bisa membuat kamu drop. Hidupmu bisa menjadi tidak tenang karena omongan mereka. Nah, agar tidak terpengaruh omongan tersebut, sebaiknya jangan terlalu didengarkan. Cobalah tanggapi dengan ramah dan santai. Biar mereka tahu bahwa kamu bisa bahagia walaupun belum menemukan pasangan.

Baca Juga: Hindari Memikirkan 5 Hal Berikut agar Terhindar Overthinking

3. Nikmatilah terlebih dahulu kehidupanmu sebelum menikah

5 Tips agar Kamu Gak Sibuk Memikirkan Jodoh, Terapkan, Yuk!ilustrasi bahagia (unsplash.com/KAL VISUALS)

Kehidupan sebelum dan sesudah menikah itu pasti berbeda. Kamu akan memiliki tanggung jawab yang besar setelah menikah. Kesenangan yang kamu rasakan sebelum menikah akan sulit kamu temui setelah itu.

Nah, agar kehidupan masa mudamu tidak terbuang sia-sia, cobalah nikmati terlebih dahulu. Kamu bisa hangout dan ngumpul bareng teman, meningkatkan jenjang karier dan usaha, fokus membahagiakan orang tua dan sebagainya. Jangan terlalu berambisi untuk menikah sebelum kamu benar-benar siap melakukannya.

4. Berkumpul bareng teman-teman saat kamu merasa kesepian

5 Tips agar Kamu Gak Sibuk Memikirkan Jodoh, Terapkan, Yuk!ilustrasi berkumpul bersama teman (unsplash.com/Matheus Ferrero)

Kesedihan dan kesepian pasti pernah dialami oleh setiap orang. Biasanya disebabkan oleh mereka yang belum memiliki pasangan. Jika kondisi seperti ini membuatmu semakin kacau, solusinya adalah kamu bisa hangout bersama teman-temanmu.

Selain itu, melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama teman-teman, dipercaya dapat menghilangkan pikiran negatif. Dan juga membuat kamu bisa melupakan semua hal yang berkaitan dengan perjodohan. Kamu masih bisa, kok bahagia bareng teman-teman yang kamu miliki. Jadi, jangan merasa sendirian lagi, ya.

5. Jangan tergesa-gesa, percayalah jodohmu pasti akan bertemu

5 Tips agar Kamu Gak Sibuk Memikirkan Jodoh, Terapkan, Yuk!ilustrasi pasangan harmonis (pexels.com/Flo Maderebner)

Soal jodoh merupakan rahasia besar dari Tuhan. Kita tidak akan pernah tahu kapan dan siapa jodoh kita. Jangan memusingkan hal-hal yang tidak bisa kamu duga. Semuanya sudah di atur oleh Sang Pencipta.

Kamu harus percaya bahwa Tuhan telah menyiapkan sesuatu yang baik buat kamu. Jangan paksakan keinginanmu untuk berjodoh dengan seseorang. Jangan pula tergesa-gesa melakukannya. Semua ini sudah diatur. Kamu gak perlu mengkhawatirkan hal itu. Percayalah jodohmu pasti akan datang di waktu yang tepat.

Kita sebagai manusia hanya bisa pasrah dan tawakal. Jangan jadikan beban dalam hidupmu karena sibuk memikirkan jodoh. Gak apa-apa, kok kamu sendirian dulu. Semuanya pasti ada waktunya bagimu bertemu dengan seseorang.

Baca Juga: [QUIZ] Tes Psikologi Ini Ungkap Siapa Jodohmu Kelak

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya