Comscore Tracker

Doa Permohonan dalam Agama Katolik

Memohonlah hanya kepada Tuhan yang mahakuasa

Apakah kamu memiliki sebuah permohonan yang ingin sekali dikabulkan? Kamu bisa memohon kepada Tuhan melalui doa. Berbagai macam doa bisa kamu panjatkan. Namun, ada beberapa doa yang bisa kamu daraskan kalau sedang memohon sesuatu.

Berikut doa-doa yang bisa kamu daraskan untuk memohon sesuatu kepada Tuhan.

1. Doa kepada Tuhan Yesus untuk suatu permohonan

Doa Permohonan dalam Agama Katolikunsplash.com/@paul_1865

Kalau kamu memohon suatu permohonan, kamu bisa berdoa kepada Tuhan Yesus. Kalau kamu berdoa dengan tulus dan sungguh-sungguh, doamu senantiasa dikabulkan. Kamu bisa mendaraskan doa berikut ini:

"Tuhan Yesus, Engkau telah bersabda, “Mintalah maka kamu akan menerima, carilah dan kamu akan mendapatkan, ketuklah maka pintu akan dibukakan kepadamu.” Aku berlutut di hadapan-Mu dengan penuh iman dan kepercayaan akan janji-Mu. Aku datang untuk memohon kepada-Mu …… (sebutkanlah permohonanmu)

Kepada siapakah aku harus berpaling kalau tidak kepada-Mu, yang adalah sumber segala rahmat? Ke manakah aku harus mencari kalau tidak ke dalam harta kekayaan ilahi yang memuat kebaikan dan belas kasihan-Mu? Ke manakah aku harus mengetuk pintu kalau tidak pada pintu yang melaluinya Tuhan memberikan diri-Nya kepada kami dan melaluinya kami pergi menuju Tuhan? Aku telah memohon perlindungan-Mu, Tuhan Yesus. Di dalam Engkau aku menemukan penghiburan ketika berduka, perlindungan ketika dianiaya, kekuatan ketika terbeban oleh berbagai pencobaan, dan terang di saat aku ragu dan dalam kegelapan.

Tuhan Yesus, apapun keputusan-Mu terhadap permohonan-Ku, aku akan tetap menyembah-Mu, mengasihi-Mu, memuji dan melayani-Mu. Tuhan Yesus, berkenanlah menerima doaku ini sebagai penyerahan diriku yang sepenuhnya kepada keputusan Hati Kudus-Mu, yang sungguh kuingini agar boleh tergenapi di dalam diriku selamanya.

Amin."

Baca Juga: Doa Bapa Kami Agama Katolik dan Maknanya

2. Doa Rosario kepada Bunda Maria

Doa Permohonan dalam Agama Katolikunsplash.com/@theresewestby

Doa Rosario adalah salah satu doa yang sering doakan. Kamu bisa mendoakan doa rosario kepada Bunda Maria. Kamu bisa secara khusus berdoa pada bulan Mei, yaitu bulan Maria, dan bulan Oktober, yaitu bulan Rosario.

Bulan yang dikhususkan untuk Bunda Maria ini bisa kamu gunakan untuk menyampaikan permohonanmu melalui bunda Maria. Banyak sudah merasakan bagaimana kekuatan dari doa rosario ini. Berikut tata cara berdoa rosario:

1. Tanda Salib
2. Syahadat Para Rasul
3. Kemuliaan 
4. Bapa Kami
5. Salam Putri Allah Bapa. Salam Maria
6. Salam Bunda Allah Putra. Salam Maria
7. Salam Mempelai Allah Roh Kudus. Salam Maria
8. Kemuliaan
9. Terpujilah
10. Peristiwa (Gembira/ Terang/ Sedih/ Mulia) Pertama
11. Bapa Kami
12. Salam Maria (10 kali)
13. Kemuliaan
14. Terpujilah
15. Ya Yesus
16. Ulangi nomer 10-15 sampai peristiwa kelima
17. Kemudian, kamu dapat mengakhiri dengan doa penutup

3. Novena Tiga Salam Maria

Doa Permohonan dalam Agama Katolikunsplash.com/@jontyson

Doa Novena biasanya didoakan untuk mendoakan permohonan yang berat. Doa ini juga dikenal sebagai doa yang tidak pernah gagal. Kamu bisa mendoakan doa ini dengan keadaan tenang dan tidak ada gangguan. Doa ini didaraskan selama sembilan hari berturut-turut dan jika permohonanmu berat, lakukanlah novena ini 3x berturut-turut.

Berikut doa novena tiga salam maria:

"Bunda Maria, Perawan yang berkuasa, bagimu tidak ada sesuatu yang tak mungkin, karena kuasa yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa kepadamu. Dengan sangat aku mohon pertolonganmu dalam kesulitanku ini, janganlah hendaknya engkau meninggalkan aku, sebab aku yakin engkau pasti dapat menolong, meski dalam perkara yang sulit, yang sudah tidak ada harapannya, engkau tetap menjadi pengantara bagi Puteramu.

Baik keluhuran Tuhan dan penghormatanku kepadamu maupun keselamatan jiwaku akan bertambah seandainya engkau sudi mengabulkan segala permohonanku ini. Karenanya, kalau permohonanku ini benar-benar selaras dengan kehendak Puteramu, dengan sangat aku mohon, o Bunda, sudilah meneruskan segala permohonanku ini ke hadirat Puteramu, yang pasti tak akan menolakmu.

Pengharapanku yang besar ini, berdasarkan atas kuasa yang tak terbatas yang dianugerahkan oleh Allah Bapa kepadamu. Dan untuk menghormati besarnya kuasamu itu, aku berdoa bersama dengan St.Mechtildis yang kau beritahukan tentang kebaikan doa "Tiga Salam Maria", yang sangat besar manfaatnya itu.

Salam Maria ... (3X)
Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah aku dari dosa-dosa berat.

Perawan Suci yang disebut Tahta Kebijaksanaan, karena Sabda Allah tinggal padamu, engkau dianugerahi pengetahuan Ilahi yang tak terhingga oleh Puteramu, sebagai makhluk yang paling sempurna untuk dapat menerimanya.

Engkau tahu betapa besar kesulitan yang kuhadapin ini, betapa besar pengharapanku akan pertolonganmu. Dengan penuh kepercayaan akan tingginya kebijaksanaanmu, aku menyerahkan diriku seutuhnya kepadamu, supaya engkau dapat mengatur dengan segala kesanggupan dan kebaikan budi, demi keluhuran Tuhan dan keselamatan jiwaku. Sudilah kiranya Bunda dapat menolong dengan segala cara yang paling tepat untuk terkabulnya permohonanku ini.

Bunda Maria, Bunda Kebijaksanaan Ilahi, sudilah kiranya Bunda berkenan mengabulkan permohonanku yang mendesak ini. Aku memohon berdasarkan atas kebijaksanaanmu yang tiada bandingnya, yang dikaruniakan oleh Puteramu melalui Sabda Ilahi kepadamu.

Bersama dengan St. Antonius dari Padua dan St. Leonardus dari Porto Mauritio, yang rajin mewartakan tentang devosi "Tiga Salam Maria" aku berdoa untuk menghormati kebijaksanaanmu yang tiada taranya itu

Salam Maria ... (3X)
Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah aku dari dosa-dosa berat.

Bunda yang baik dan lembut hati, Bunda Kerahiman Sejati yang akhir-akhir ini disebut sebagai "Bunda yang penuh belas kasih", aku datang padamu, memohon dengan sangat, sudilah kiranya Bunda memperlihatkan belas kasihmu kepadaku. Makin besar kepapaanku, makin besar pula belas kasihmu kepadaku. Aku tahu, bahwa aku tidak pantas mendapat karunia itu. Sebab seringkali aku menyedihkan hatimu dengan menghina Puteramu yang kudus itu. Betapapun besarnya kesalahanku, namun aku sangat menyesal telah melukai Hati Kudus Yesus dan hatikudusmu.

Engkau memperkenalkan diri sebagai "Bunda para pendosa yang bertobat" kepada St.Brigitta, maka ampunilah kiranya segala kurang rasa terima kasihku padamu. Ingatlah akan keluhuran Puteramu saja serta kerahiman dan kebaikan hatimu yang terpancar dengan mengabulkan permohonanku ini melalui perantaraan Puteramu.

Bunda Perawan yang penuh kebaikan serta lembut dan manis, belum pernah ada orang yang datang padamu dan memohon pertolongamu engkau biarkan begitu saja. Atas kerahiman dan kebaikanmu, aku berharap dengan sangat, agar aku dianugerahi Roh Kudus. Dan demi keluhuranmu, bersama St. Alfonsus Ligouri, rasul kerahimanmu serta pengajar devosi "Tiga Salam Maria", aku berdoa untuk menghormati kerahimanmu dan kebaikanmu.

Salam Maria ... (3X)
Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah aku dari dosa-dosa berat.
Amin"

Itu dia doa-doa yang bisa kamu daraskan kalau sedang memohon sesuatu kepada Tuhan. Kamu juga bisa mendaraskan doa Novena yang lain, sesuai dengan permohonanmu. Semoga apa pun permohonanmu terkabul dalam doa-doa ini, ya.

Baca Juga: Doa Syukur untuk Umat Katolik

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya