Comscore Tracker

Doa Ulang Tahun Katolik untuk Keluarga dan Teman

Mengucap syukur atas umur yang baru

Ulang tahun adalah hari yang menandakan bertambahnya umurmu. Kamu tentu merayakannya dengan sukacita. Di hari istimewa ini, kamu biasanya mendapat ucapan selamat dan doa dari orang-orang di sekelilingmu.

Orang yang berulang tahun pun sudah selayaknya mengucap syukur karena masih diberi kesempatan hidup sampai umurnya saat ini. Kamu juga bisa merayakan dan berdoa ulang taun bersama keluargamu. Kalau kamu mau doa ulang tahun Katolik untuk keluargamu kamu bisa mengikuti doa berikut ini.

Baca Juga: Doa Syafaat dan Pokok Doa yang Bisa Kamu Panjatkan

1. Doa ulang tahun untuk anak dari orangtua

Doa Ulang Tahun Katolik untuk Keluarga dan Temanpexels.com/@brunogobofoto

Kalau anakmu berulang tahun, kamu bisa mengajaknya untuk mengucap syukur dan berdoa bersama. Ini juga bisa kamu jadikan sebagai tradisi setiap tahun. Kamu bisa membacakan doa ini untuk anakmu di hari ulang tahunnya:

"Allah Bapa yang Mahakuasa, Engkaulah pencipta dan pemelihara kami. Kami bersyukur kepadaMu atas segala penyertaan yang telah Engkau berikan kepada anak kami sejak dalam kandungan Ibu hingga pada hari yang istimewa ini.

Bapa yang Mahabaik, pada hari ini, anak kami merayakan ulang tahunnya yang ke ...(sebut ultah yang ke berapa) kami mohon berikan penyertaan, perlindungan dan kasih sayangMu, semoga dengan bertambahnya usia dari anak kami dapat menjadi pribadi yang baik seturut citraMu serta berguna bagi kami sebagai orangtua dan sesama.

Ya Bapa, demikianlah doa dan permohonan kami dihari yang indah ini. Semua ini kami satukan ke dalam tangan-Mu dengan Perantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan bersatu dengan Dikau dalam persekutuan Roh Kudus kini dan sepanjang masa. Amin."

2. Doa ulang tahun untuk orangtua dari anak

Doa Ulang Tahun Katolik untuk Keluarga dan Temanpexels.com/@olly

Berdoa ulang tahun tidak hanya diberikan dari orang tua untuk anak, tetapi juga sebaliknya. Kamu bisa mengajarkan anakmu untuk berdoa untukmu. Kamu pun bisa berdoa untuk orang tuamu saat ulang tahun mereka. Kamu bisa mendoakan doa berikut ini untuk diajarkan ke anak atau untuk orangtuamu:

"Bapa yang maha baik, puji dan syukur kami panjatkan padaMu karena Engkau telah memberi kami kedua orangtua yang baik. Berkat mereka, kami bisa bertumbuh seperti yang sekarang ini. Bapa, pada hari ini ayah/ibu kami ulang tahun. Terima kasih, Engkau memperkenannya menjadi bagian dari semesta ciptaan-Mu yang indah ini. Ya Bapa, terima kasih pula atas segala penyertaan, dan bimbingan-Mu sepanjang hidupnya, terutama segala kesabaran yang telah Dikau berikan saat menghadapi suka dan duka cita hidup yang telah dilalui. Semoga di hari ulang tahunnya ini, Kau beri perlindungan dan penyertaan-Mu senantiasa selalu bersamanya dan menguatkan imannya akan Dikau.

Ya Bapa, jaga dan bimbinglah orang tua kami selalu. Kami mohon kepada-Mu, semoga di hari-hari selanjutnya, dapat bekerja dengan baik dan menjalankan aktivitas dibawah naungan dan perlindungan-Mu. Begitu pula dengan segala usaha dan karyanya dapat berkembang dengan baik, yang dapat bermanfaat bagi keluarga dan juga bagi sesama kami. Sudilah ya Bapa, Ayah/ibu kami tidak berpisah dari-Mu karena Engkaulah penyerta dan pembimbing kami. Doa ini kami satukan ke dalam tangan-Mu dengan perantaraan Putera-Mu, Yesus Kristus, dan Bunda kami Maria. Amin."

3. Doa ulang tahun dari Puji Syukur

Doa Ulang Tahun Katolik untuk Keluarga dan Temanpexels.com/@august-de-richelieu

Kamu tentu bisa berdoa secara pribadi untuk ulang tahunmu sendiri. Doa ulang tahun pun tak melulu bersama keluarga. Kamu bisa mendoakan ulang tahun teman atau rekan kerjamu. Kamu bisa menggunakan doa dari Puji Syukur ini untuk berdoa ulang tahun.

(Kalau doa ini diucapkan sendiri oleh yang berulang tahun, kata ganti 'kami' dan 'nya' bisa diganti dan disesuaikan)

"Allah yang mahakuasa, pencipta umat manusia, pada hari gembira ini kami memuji kebesaran-Mu. Engkau telah menciptakan ...(nama) dengan penuh kasih.
Kami bersyukur kepada-Mu karena misteri kejadiannya; sungguh ajaiblah yang telah Engkau kerjakan.Seperti kelahiran dan hidup Yesus, membawa damai dan sukacita, semoga hidupnya pun membawa damai dan sukacita bagi sesama.

Terima kasih, ya Bapa, atas penyertaanMu sepanjang perjalanan hidupnya. Terima kasih pula, Engkau selalu membesarkan hatinya di saat ia mengalami duka dan kecemasan. Semoga hari bahagia ini menguatkan imannya akan Dikau.
Kami bersyukur kepada-Mu atas segala anugerah yang ia terima selama tahun yang silam. Kami bersyukur kepadaMu karena segala simpati, persahabatan dan kasih sayang yang ia rasakan dari orangtua, sanak saudara dan handai taulan.

Kami mohon agar hari-hari yang akan ia lalui ini membawa bahagia: semoga ia dapat bekerja lancar, dan usahanya semakin berkembang. Tetapi lebih dari itu semua, semoga ia tak pernah terpisah dari-Mu, apa pun juga yang akan terjadi, sebab Engkaulah tumpuan hidupnya; semoga Engkau menyertai dia hari ini, besok, dan sepanjang hayatnya. Amin."

Baca Juga: Doa Syukur untuk Umat Katolik

4. Doa ulang tahun (umum)

Doa Ulang Tahun Katolik untuk Keluarga dan Temanunsplash.com/@dominiquetee

Kamu bisa menjadi seseorang yang mendoakan temanmu di acara ulang tahunnya. Pada hari istimewa ini, kamu tentu tidak ingin mengecewakannya. Kamu bisa mendoakan doa ini untuk temanmu yang berulang tahun.

"Ya Bapa, pada hari ulang tahunnya ini, kami memuji kebesaranMu, Engkau telah menciptakan ...(nama) dan merawatnya dengan penuh kasih. Terima kasih, ya Bapa, atas penyertaanMu sepanjang perjalanan hidupnya. Engkau selalu melindunginya sehingga dia dapat menikmati kebahagiaan ulang tahun hari ini.

Semoga pada hari bahagia ini, ia dapat menguatkan imannya kepadaMu. Kamu bersyukur atas segala berkat yang telah diterimanya selama ini. Kami juga mohon agar pada hari-hari mendatang membawa kedamaian dalam dirinya, yang dilakukannya berjalan lancar, dan berkembang sesuai harapannya.

Tapi, lebih dari itu semua, semoga ia tidak pernah terpisah dariMu apa pun yang terjadi, sebab Engkaulah kekuatan hidupnya. Semoga Engkau selalu menyertainya sepanjang hidupnya. Amin."

5. Kamu hendaknya bertekun dalam perintah Allah sehingga umurmu bisa lanjut

Doa Ulang Tahun Katolik untuk Keluarga dan Temanpexels.com/@jibarofoto

Ini sesuai dengan ajaran Tuhan dalam Ulangan 5:33,

"Segenap jalan, yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, haruslah kamu jalani, supaya kamu hidup, dan baik keadaanmu serta lanjut umurmu di negeri yang akan kamu duduki."

Tuhan sudah menghendakimu untuk taat kepadanya dan berbuat baik untuk sesama. Lakukanlah, niscaya akan lanjut umurmu.

Itu dia doa ulang tahun Katolik yang bisa kamu doakan untuk keluarga dan temanmu. Mengucap syukur saat ulang tahun adalah saat yang baik, karena umurmu bertambah lagi di dunia ini.

Baca Juga: Doa Permohonan dalam Agama Katolik

Topic:

  • Pinka Wima
  • Bunga Semesta Int
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya