Comscore Tracker

Doa Syukur untuk Umat Katolik

Bersyukur atas segala hal

Mengucap syukur adalah hal yang penting yang harus dilakukan oleh manusia. Pandemik ini pun sebaiknya mendorongmu untuk banyak mengucap syukur, terutama kalau masih diberikan kesehatan dan mampu untuk belajar dan bekerja dari rumah. Kamu bisa mengungkapkan kepada Tuhan melalui doa yang kamu panjatkan sehari-hari.

Tuhan sudah memberi banyak rahmatNya kepada manusia. Kita pun sebaiknya mengucap syukur dan terima kasih atas berkat itu. Kamu bisa menyampaikan doa berikut ini untuk menyampaikan rasa syukurmu kepada Tuhan.

1. Doa ucapan syukur anak-anak

Doa Syukur untuk Umat Katolikpexels.com/@nappy

Kamu pun sebaiknya mengajarkan anakmu untuk bersyukur kepada Tuhan. Kamu bisa mengajaknya untuk bersyukur dari hal-hal kecil, seperti masih dapat bangun, memilki orang tua, dan Tuhan yang selalu mendampingi sebagai sahabat anak-anak. Kamu bisa mengajarkan doa berikut ini untuk anakmu:

"Allah Bapa yang baik, aku bersyukur kepadaMu karena Engkau memberikan Yesus kepadamu dan kepada keluargaku. Aku sangat senang punya sahabat seperti Yesus. Dia sangat baik. Dia mengasihi dan memperhatikanku, menemani dan menghiburku, menasihatiku agar aku menjadi anak yang baik. Bapa, sembah sujudku kepadaMu, Allah yang mahakuasa dan kekal. Semoga berkat cinta Yesus kepadaku aku dapat menjadi manusia yang berkenan di hadapanmu. Amin."

2. Doa syukur dalam situasi sulit

Doa Syukur untuk Umat Katolikpexels.com/@ian-panelo

Dalam menghadapi situasi sulit, kamu terkadang memerlukan doa untuk mensyukuri apa yang dimiliki. Walaupun berat untuk berterima kasih kepada Tuhan di waktu sulit, kamu bisa menyampaikan rasa syukurmu melalui doa. Berikut doa yang bisa kamu bacakan untuk bersyukur dalam situasi sulit:

"Bapa kami, terima kasih telah mengundangku ke hadirat-Mu. Setiap hari, setiap menit hingga saat ini. Aku bersyukur Tuhan, untuk hari ini. Terima kasih telah bersamaku di mana pun aku berada. Terima kasih telah menemani langkahku kemanapun aku pergi. Dan terima kasih pula karena sudah mengizinkanku untuk bersama Engkau selalu.

Ya Tuhan, terima kasih atas tangan dan jariku. Terima kasih atas bahu dan lenganku, untuk kaki dan lutut, hingga jari kakiku. Terkadang lengan saya sakit, kaki saya sakit, persendian saya kaku. Terima kasih untuk semua itu. Dan tolong kirimkan berkat khusus, saat ini kepada orang-orang yang tidak dapat menggunakan kaki mereka untuk berjalan atau tangan mereka untuk memegang atau jari-jari mereka untuk menyentuh apa yang mereka inginkan.

Ya Tuhan, terima kasih atas penglihatan dan pendengaran saya. Terima kasih atas indra perasa yang saya miliki. Terkadang saya kurang bersyukur atas segala yang Engkau beri selama bertahun-tahun. Tetapi bagaimanapun juga, terima kasih atas segalanya. Tolong izinkanku untuk selalu mengingat rasa terima kasih ini setiap kali saya melihat orang lain atau teman-temanku tersenyum kepadaku atau mendengar seseorang berkata, 'Aku mencintaimu.' Dan tolong kirimkan berkat khusus, saat ini, kepada orang-orang yang tidak dapat melihat wajah atau mendengar suara orang yang mereka cintai dan bagi orang-orang yang tidak dapat merasakan ciptaan-Mu yang begitu indah.

Ya Tuhan, terima kasih telah memberi saya pekerjaan. Ini mungkin tidak selalu menjadi cara ideal saya untuk menghabiskan waktu sehari, tetapi memungkinkan saya untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya dan mencapai beberapa tujuan. Tolong berkatilah mereka yang sedang menganggur atau yang diberhentikan dari pekerjaan mereka.

Tuhan, terima kasih telah memberi saya dan mereka yang saya kasihi tempat tinggal yang layak, tempat yang nyaman dan aman untuk tidur, air hangat untuk mandi, air bersih untuk minum, dan banyak makanan melebihi yang kami butuhkan, bagi tubuh kami. Terima kasih atas keselamatan dan kebebasan yang kami nikmati di negara kami ini. Terima kasih atas tawa dan air mata. Terima kasih juga atas keluarga dan teman-teman yang luar biasa yang dengan mereka, kami dapat berbagi tawa dan air mata itu.

Tuhan, tolong kirimkan berkat istimewa, sekarang, kepada para tunawisma, mereka yang tidak memiliki air bersih atau makanan, mereka yang tinggal di belahan dunia mana pun dan bahkan bagi mereka yang sedang berada di negara sendiri namun tidak merasa aman. Berkatilah mereka yang sedang sakit, mereka yang kesepian atau rentan, mereka yang menderita penyakit kronis, mereka yang menjadi korban atau pecandu.

Bapa, terima kasih untuk setiap detak jantungku yang berdetak. Terima kasih atas setiap nafas kehidupan yang Engkau anugerahkan kepada saya. Terima kasih Tuhan, karena Engkau mencintaiku dengan tulus dan telah memilihku untuk mencintai Engkau sebagai balasannya. Amin."

3. Doa syukur singkat

Doa Syukur untuk Umat Katolikpexels.com/@enginakyurt

Di tengah kesibukanmu, kamu sebaiknya tetap menyempatkan diri untuk berdoa dan mensyukuri anugerah dari Tuhan. Kamu bisa mendoakan doa singkat berikut ini:

"Bapa Surgawi, terima Kasih untuk semua anugerah-Mu dalam kehidupanku. Terima kasih untuk kasihMu yang tanpa batas bagiku, keluargaku dan orang orang di sekitarku. Terima Kasih menjadikan aku sebagai alasan Engkau memberkati lingkunganku, pekerjaanku dan komunitasku.

Tahirkan lidah, mulut dan bibirku sehingga hanya kata kata berkat dan Firman-Mu saja yang bisa aku katakan. Tahirkan mataku sehingga hanya hal hal yang daripadaMu saja yang aku lihat, untuk pertumbuhan imanku. Tahirkan telingaku sehingga hanya kebenaranMu yang aku dengar dan perdengarkan. Berkatilah aku, pasangan hidupku, anak-anakku, semua keluargaku, rumahku, pekerjaanku serta teman-temanku. 

Jadikanlah kami perpanjangan hati dan tanganMU. Terima Kasih Bapa untuk semuanya. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa dan mengucap syukur. Amin"

Baca Juga: Doa Arwah dan Orang yang Sudah Meninggal Agama Katolik

4. Tuhan mengajarkan untuk beryukur dalam segala hal

Doa Syukur untuk Umat Katolikpexels.com/@jmark

Hal ini disampaikannya dalam kitab suci dalam nasihat-nasihatnya. Begini isinya 1 Tesalonika 5 : 16 - 18,

“Bersukacitalah senantiasa,Tetaplah berdoa, mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

5. Bersyukurlah kepada Tuhan dalam doa-doamu

Doa Syukur untuk Umat Katolikpexels.com/@eduardo-braga-4788

Melalui Surat Paulus, Ia menyampaikan tentang Kematian Tuhan Yesus. Ia mengingatkan untuk tidak henti mengucap syukur dan mengingat Tuhan.

"Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,  aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku" (Efesus 1:15-16)

Itu dia bacaan doa syukur yang bisa kamu bacakan saat kamu ingin mengucap syukur kepada Tuhan. Jangan lupa bersyukur kepadaNya, sekalipun menghadapi situasi yang sulit, ya.

Baca Juga: Doa Bapa Kami Agama Katolik dan Maknanya

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya