Comscore Tracker

5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiri

Introvert bisa jadi pemimpin yang bijak, lho!

Setiap karakter manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Begitu juga introvert yang dikenal sebagai sosok penikmat kesendirian, tenang dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Di sisi lain, ektrovert merupakan seseorang yang pandai dalam bersosialisasi, antusias dan selalu tampil penuh percaya diri. Dalam beberapa hal banyak orang masih memandang jika introvert  adalah sosok kurang menyenangkan daripada ektrovert.

Mungkin itu benar adanya, tetapi dalam beberapa hal introvert juga justru lebih baik dari ekstrovert. Gak percaya? Berikut ini lima buktinya.

1. Introvert mendengarkan, memahami, dan menghormati orang lain

5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiriunsplash/Mimi Thian

Orang introvert cenderung memahami pendapat orang lain sebelum menyuarakan pendapat mereka sendiri. Jadi jika kamu ingin seseorang mendengarkanmu, maka tidak ada yang lebih baik daripada berbicara dengan seorang introvert.

Mereka tidak hanya akan mendengarkan saja, tetapi mereka akan berupaya memahami perspektif kamu, mengajukan pertanyaan yang relevan dan bahkan menawarkan saran yang berharga, jika kamu membutuhkannya. Ini membantu kita membangun ikatan yang kuat dan bermakna dengan orang-orang.

2. Introvert pandai menyimpan rahasia

5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiriunsplash/Omar Lopez

Introvert menganalisis segalanya dan berpikir secara mendalam sebelum berbicara. Mereka selalu menemukan keseimbangan dan kedalaman kata-kata. Sehingga, introvert adalah individu otentik yang paling tidak tertarik untuk mencari perhatian atau membuat orang lain terkesan.

Kualitas-kualitas ini membuat introvert sempurna untuk berbagi rahasia dan informasi berharga. Bahkan, dengan lingkaran sosial kecil, yang biasanya dimiliki oleh seorang introvert, mereka menghargai orang-orang dalam kehidupan mereka dan sosok yang dapat diandalkan.

3. Sosok penulis yang hebat

5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiriunsplash/Trent Szmolnik

Kepribadian alami introvert menjadikan mereka penulis yang hebat. Ketika mereka meluangkan banyak waktu dengan pikirannya dan merenungkan dalam kesendirian, introvert dapat dengan mudah memasukkan pikiran mereka ke dalam kata-kata.

Memiliki intuisi yang tajam dan jeli, mereka terbentuk secara bertahap mengembangkan bakat alami untuk menulis. Dalam situasi apa pun, apakah di tempat kerja atau dalam pertemuan sosial, introvert cenderung menghabiskan waktu sendirian, menganalisis dan memproses situasi di sekitarnya.

Hal ini memungkinkan mereka memahami pikiran dan perilaku orang lain. Dengan pemahaman tentang beragam perspektif, mereka dapat dengan elegan mengekspresikan pikiran kita dengan tulisannya.

Beberapa penulis terhebat, yaitu, William Shakespeare, Emily Dickinson, J. K. Rowling, dan J. R. R. Tolkien bahkan adalah introvert

Baca Juga: Tak Disangka, 10 Tokoh Terkenal Ini Punya Tipe Kepribadian INFP

4. Seorang problem solver yang baik

5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiriunsplash/Paige Cody

Introvert mengikuti hati dan intuisi mereka ketika hadir untuk menyelesaikan masalah dalam hidup. Setiap kali mereka menghadapi kesulitan, mereka cenderung untuk merenung dan mencari ke dalam diri karena mampu memahami bahwa jawaban untuk semua masalah kita ada di dalam diri kita.

Introvert bukan tipe orang yang akan menyalahkan orang lain untuk setip masalah yang mereka hadapi. Sebaliknya, mereka fokus pada apa yang bisa mereka lakukan untuk membuat hal-hal lebih baik dalam kehidupan mereka dan dalam kehidupan orang-orang yang mereka cintai.

5. Bisa juga menjadi sosok pemimpin yang cerdas

5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiriunsplash/Austin Distel

Bahkan, introvert bisa menjadi pemimpin yang lebih baik daripada ekstrovert. Tahukah kamu bahwa para pemimpin seperti Abraham Lincoln, Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, dan Barack Obama adalah introvert?

Introvert dapat menjadi pemimpin sejati karena mereka bertindak dengan tenang, bahkan ketika di bawah tekanan. Karena mereka cenderung mempersiapkan banyak hal sebelum mengatakan sesuatu atau mengambil tindakan apa pun.

Ketenangan mampu membuat pengikut mereka merasa yakin dengan kemampuan introvert untuk memimpin. Menjadi empati dan pendengar yang baik, introvert memahami kebutuhan orang lain dan mampu menyatukan orang untuk menyelesaikan tugas dengan sukses dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Setiap orang punya kelebihan alami masing-masing dalam dirinya sendiri. Yang paling penting adalah kita mampu memaksimalkannya. 

Baca Juga: 8 Fakta Unik Ini Cuma Dirasakan Kamu yang Pacaran Sama Orang INFP

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya