Comscore Tracker

Tidak Selalu Baik, Jangan Gunakan Sikap 'Masa Bodoh' untuk 6 Hal Ini

Masa bodoh dengan penampilan, bikin kamu gak dihargai orang

Bersikap masa bodoh atau cuek dalam kondisi tertentu memang dibutuhkan untuk kepentingan atau kebaikan tertentu. Misalnya mengabaikan omongan orang yang hanya iri dan ingin menjatuhkan kita supaya tak terlalu dimasukkan ke dalam hati. Sikap masa bodoh juga membantumu agar tetap fokus apa yang kamu inginkan. Tetapi tidak selalu sikap masa bodoh baik untuk kamu terapkan.

Ini alasan mengapa bersikap masa bodoh juga harus kamu hindari karena tak selamanya bersikap demikian membawa kebaikan, seperti penjelasan enam hal di bawah ini.

1. Nasihat atau teguran yang membangun dari orang terdekat

Tidak Selalu Baik, Jangan Gunakan Sikap 'Masa Bodoh' untuk 6 Hal IniPexels/Christina Morillo

Terkadang kamu harus mengabaikan beberapa komentar atau ucapan pedas orang lain dengan memakai sikap masa bodoh. Namun hal itu pengecualian bila ada orang terdekat memberimu saran atau teguran yang sangat baik untukmu jadikan bahan pertimbangan.

Bersikap masa bodoh malah bisa merugikanmu karena kamu akan dianggap arogan atau sombong. Saran atau teguran yang kamu terima, bisa kamu pakai menjadi ajangmu untuk memperbaiki diri dari kekurangan atau hal keliru yang sebelumnya kamu lakukan.

2. Tidak membiasakan diri untuk menabung

Tidak Selalu Baik, Jangan Gunakan Sikap 'Masa Bodoh' untuk 6 Hal IniPexels/maitree rimthong

Menabung adalah kesempatan untukmu melatih kesabaran dan juga ketekunan. Menabung juga penting untuk membantumu kelak di masa depan bila ada keperluan mendadak serta darurat. Bila kamu terbiasa meremehkan manfaatnya menabung maka nantinya kamu akan merasakan kerugiannya.

Dengan menyadari bahwa menabung itu bermanfaat, baik dengan cara menyisihkan uang per hari atau perbulan. Kamu nantinya akan merasakan sendiri hasil yang kamu dapatkan dari tekunnya menabung. Bila kamu bersikap masa bodoh soal pentingnya menabung sejak dini maka di kemudian hari kamu bisa terkendala masalah yang mungkin akan memberatkanmu.

3. Berolahraga dengan rutin

Tidak Selalu Baik, Jangan Gunakan Sikap 'Masa Bodoh' untuk 6 Hal IniUnsplash/Fitsum Admasu

Dengan berolahraga manfaat langsung yang bisa kamu rasakan tentu adalah perasaan bugar dan segar. Dengan rutin berolahraga kamu juga membuat tubuhmu berpeluang besar untuk dijauhi penyakit.

Cukup berolahraga selama tiga kali seminggu serta lakukan selama 15 sampai 30 menit ketika kamu punya waktu luang. Banyak pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan tentunya murah, entah renang, joging maupun bersepeda.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang 'Bodoh' Lebih Sukses dari Kamu

4. Bila ada yang melakukan tindak bullying kepadamu atau orang sekitarmu

Tidak Selalu Baik, Jangan Gunakan Sikap 'Masa Bodoh' untuk 6 Hal IniUnsplash/Mimi Thian

Banyak macam jenis bullying yang ada di sekitar lingkungan atau pergaulan kita. Bila hal tersebut menimpamu ada baiknya kamu jangan diam atau bersikap masa bodoh, justru hal itu kamu perlu sikap yang tegas dan berani. Bila perlu, mintalah bantuan pada orang yang lebih dewasa tetapi bila sudah masuk ranah kekerasan fisik. Kamu tentu saja bisa melaporkan hal tersebut ke badan terkait agar ditindaklanjuti.

Hal ini juga berlaku pada orang yang ada di sekitar atau orang yang kamu kenali. Bila kamu melihat atau mendengar ada yang melalukan bullying segera bantu dan tawarkan pertolongan lain. Dengan kamu bersikap masa bodoh untuk kejahatan bullying maka secara tidak langsung kamu menyetujui aksi perundungan.

5. Jam tidurmu

Tidak Selalu Baik, Jangan Gunakan Sikap 'Masa Bodoh' untuk 6 Hal IniPexels/Acharaporn Kamornboonyarush

Terkadang kamu tak memerhatikan kondisi tubuhmu dengan beristirahat yang cukup. Padahal tidur memiliki banyak segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun kamu sering melanggarnya dengan tidur tak tepat waktu atau malah membiasakan diri begadang.

Tentu hal tersebut tidak patut kamu sepelekan, karena dikhawatirkan akan mengundang penyakit yang bisa melemahkan tubuhmu. Kamu harus lebih menjaga diri dengan baik dimulai dari hal yang sederhana, seperti tidur yang cukup sesuai usiamu. Sebab merawat kesehatan tubuh adalah 'investasi' terbaik yang kamu miliki.

6. Penampilan dan kebersihan diri

Tidak Selalu Baik, Jangan Gunakan Sikap 'Masa Bodoh' untuk 6 Hal IniUnsplash/Anthony Tran

Merawat tubuh bagian luar juga sama pentingnya dengan merawat organ dalam. Dengan berusaha menjaga penampilan, misalnya agar terlihat bersih, rapi, dan wangi akan membuat nilai plus di mata orang lain.

Memerhatikan penampilan seperti berpakaian juga perlu. Selain akan terlihat lebih sopan, kamu pun juga akan lebih dihargai. Bersikap masa bodoh tentunya kurang bijak, sebab orang lain kebanyakan akan melihat kesan baik pertama kali dari bagaimana kamu membawa dirimu serta tubuhmu dengan baik.

Ada masanya kamu memang harus bertindak masa bodoh, namun banyak juga hal lain yang harus kamu perhatikan ekstra. Hal ini dilakukan tentunya demi kebaikan dirimu sendiri. Agar hidupmu senantiasa berjalanan dengan baik dan semestinya.

Baca Juga: 6 Alasan Bersikap Masa Bodoh agar Kamu Fokus Pada Prioritas

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Selamat datang, selamat membaca dan semoga kamu terbantu ♥ Find me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya