Comscore Tracker

5 Kepribadian Introvert yang Menarik, Kamu Gak Perlu Minder

Bikin orang lain tertarik pada si introver, nih!

Introver adalah kepribadian yang kalau dilihat seolah menutup diri. Nyatanya bukan begitu, orang introver lebih mengikuti suasana hatinya untuk berbicara atau diam mendengarkan.

Banyak anggapan bahwa seorang introver itu membosankan. Anggapan itulah yang kemudian membuat seseorang berkepribadian introver seolah malu ataupun minder. Bahkan, parahnya kurang percaya diri, lho!

Padahal, orang introver itu punya kepribadian yang cukup menarik, lho. Nah, berikut lima kepribadian orang introver yang menarik perhatian banyak orang dan bisa kamu banggakan. Cocok untuk teman curhat!

1. Bisa jadi pendengar yang baik 

5 Kepribadian Introvert yang Menarik, Kamu Gak Perlu MinderIlustrasi mendengarkan cerita (pexels.com/ketut-subiyanto)

Kebanyakan orang introver punya kemampuan cukup bagus untuk menjadi pendengar yang baik. Jangan heran jika banyak teman, sahabat, atau bahkan kerabat menjadikan orang introver sebagai tempat berkeluh kesah.

Orang introver punya pemikiran yang subjektif terkait menanggapi masalah. Dengan cara berpikir seperti itu, tentu saja dapat membantu untuk menyelesaikan masalah yang diceritakan kepadanya.

2. Selalu bikin penasaran

5 Kepribadian Introvert yang Menarik, Kamu Gak Perlu MinderIlustrasi interesting people (pexels.com/pixabay)

Introver identik dengan pendiam, tetapi bukan berarti tidak bisa bergaul. Orang introver punya batasan yang jelas terkait kapan dia harus diam mendengarkan dan kapan dia harus berbicara menanggapi sebuah obrolan yang sedang dilakukan.

Diamnya orang introver itu menarik perhatian, lho. Percaya atau tidak, orang introver seperti punya aura yang kadang kala disegani oleh kebanyakan orang.

Meski membuat orang takut untuk mendekatinya di awal-awal, tetapi ketika sudah kenal, kamu bisa membuat orang yang ada di sekitarmu merasa nyaman, baik saat berbicara denganmu ataupun bercanda denganmu.

3. Mampu menjaga ucapannya 

5 Kepribadian Introvert yang Menarik, Kamu Gak Perlu MinderIlustrasi orang mengobrol (pexels.com/nappy)

Orang introver selalu mengatur setiap kata yang akan diucapkan, lho. Mereka jarang ceplas-ceplos yang nantinya akan menyakiti si lawan bicaranya.

Kebiasaan tersebut sudah sering dijumpai pada orang-orang introver karena mereka tipe pemikir. Sebelum bertindak dan berbicara, orang introver selalu memikirkan dampaknya terlebih dahulu.

Tentu hal tersebut akan membantu orang yang memiliki sifatintrover untuk bertahan. Percaya atau tidak, orang introver jarang dimusuhi tetapi sering dihormati.

Baca Juga: 5 Tingkah Laku Unik Seorang Introver yang Sering Disalahpahami

4. Jauh lebih cermat

5 Kepribadian Introvert yang Menarik, Kamu Gak Perlu MinderIlustrasi memberi perhatian (pexels.com/kamaji-ogino)

Nah, alasan utama kenapa orang introver bisa menjaga ucapannya adalah karena mereka punya sifat yang cukup cermat. Maksudnya adalah cermat dalam melihat kondisi dan situasi.

Ketika diajak bicara, orang introver akan menjadi lebih diam. Mereka akan bermain dengan pikirannya untuk menentukan solusi yang tepat dari masalah yang dibahas. Setiap solusi yang akan diucapkan sudah dipikirkan tentang dampaknya secara hati-hati dan mendalam.

Karena pribadi inilah orang introver jarang sekali mengeluarkan pernyataan yang sembarangan. Tentu saja itu bisa membuatmu tidak dipandang rendah.

5. Punya pemikiran yang kreatif 

5 Kepribadian Introvert yang Menarik, Kamu Gak Perlu MinderIlustrasi orang bekerja (pexels.com/ketut-subiyanto)

Setiap orang memang punya pikiran yang kreatif, entah introver maupun ekstrover. Namun, orang dengan kepribadian introver bisa mengeksekusinya dengan maksimal.

Ide yang diterapkan selalu dibuat dengan sebaik mungkin. Tak hanya idenya saja, tetapi juga dengan langkah-langkah untuk mengimplementasikan ide tersebut sudah ditata sedemikian rupa.

Orang introver tidak akan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Hal itu membuat satu keuntungan yang dimiliki oleh orang introver.

Jika kamu memiliki kepribadian introver, kenali diri kamu sebaik mungkin. Jangan berpikir orang introver atau pendiam itu memalukan. Jika kamu bisa membawa kepribadian tersebut ke arah yang baik, tentu itu akan sangat menguntungkan, lho.

Baca Juga: 5 Drama dan Film Korea Ini Relate dengan Kamu yang Introvert

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya