Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Memiliki Keuangan Stabil, Patut Diacungi Jempol!

Kebiasaan hematmu berbuah manis, nih

Miliki penghasilan besar gak menjamin kalau kamu sudah mencapai stabilitas keuangan. Sebab pengelolaan keuangan yang buruk, sering kali jadi penyebab mengapa kamu selalu dihadapkan dengan persoalan finansial.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah selama ini sudah memiliki keuangan yang stabil? Untuk menjawabnya, ada beberapa tanda yang dapat kamu cermati. Berikut lima tanda tersebut.

1. Kamu bisa tidur nyenyak tanpa dihantui permasalahan keuangan

5 Tanda Kamu Sudah Memiliki Keuangan Stabil, Patut Diacungi Jempol!ilustrasi tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal mendasar yang menjadi tanda kalau pengelolaan keuanganmu sudah benar, yakni kamu gak khawatir mengenai persoalan finansial. Setiap malam, kamu bisa tidur nyenyak tanpa harus dibayang-bayangi masalah utang atau beban keuangan lainnya, seperti cicilan yang belum terbayar, sementara gaji sudah menipis.

Walaupun hampir setiap hari terpapar dengan diskon besar-besaran, kamu gak tergoda dengan itu. Sebab, kamu sadar bahwa sekalipun ada pilihan cicil, tetap saja itu utang yang wajib dibayar.

2. Kamu gak khawatir bila sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan

5 Tanda Kamu Sudah Memiliki Keuangan Stabil, Patut Diacungi Jempol!ilustrasi karyawan sedang santai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Masih banyak orang yang menyamakan gaji besar dan pekerjaan yang menjanjikan dengan keamanan finansial. Padahal, kenyataannya PHK bisa terjadi tiba-tiba. Sehingga, bila kamu hanya menggantungkan sumber penghasilan dari gaji, tentu kondisi ini jadi masalah.

Di antara ciri kalau kamu sudah mencapai kestabilan finansial, yakni santai saja bila sewaktu-waktu kena PHK. Walaupun posisi pekerjaanmu aman, tapi kamu gak menggantungkan penghasilan hanya dari satu sumber. Gaji yang sudah kamu terima, diatur sedemikian rupa, lewat bisnis maupun investasi, sehingga sumber cuan-mu banyak!

Baca Juga: 5 Tips agar Masa Mudamu Terhindar dari Jeratan Hutang, Jangan Hedon!

3. Selalu bayar cicilan tepat waktu

5 Tanda Kamu Sudah Memiliki Keuangan Stabil, Patut Diacungi Jempol!ilustrasi orang memegang kartu kredit (pexels.com/Sora Shimazaki)

Sekalipun kamu memiliki cicilan, tapi bayarnya gak pernah telat. Selalu tepat waktu, bahkan lebih awal dari jatuh tempo.

Kondisi tersebut gak hanya disebabkan uangnya memang sudah tersedia, tapi juga karena perencanaan keuanganmu yang matang. Setiap bulan, setiap pos pengeluaran sudah dianggarkan dan telah disesuaikan dengan besar penghasilan yang ada.

4. Gak pernah meributkan masalah finansial

5 Tanda Kamu Sudah Memiliki Keuangan Stabil, Patut Diacungi Jempol!ilustrasi menghitung uang dan pengeluaran (pexels.com/Karolina Grabowska)

Salah satu sumber konflik dalam rumah tangga adalah persoalan finansial. Ini bisa disebabkan karena penghasilan yang kurang, sehingga gak bisa mencukupi kebutuhan, atau memang sebenarnya cara mengelolanya saja yang belum tepat.

Namun, sejauh ini kamu gak pernah meributkan masalah keuangan dengan pasangan. Sekalipun penghasilanmu belum sampai melimpah, tapi setidaknya kamu dan pasangan sudah satu frekuensi dalam mengaturnya. Sehingga gak ada yang namanya cekcok akibat masalah uang.

5. Punya dana darurat yang memadai

5 Tanda Kamu Sudah Memiliki Keuangan Stabil, Patut Diacungi Jempol!ilustrasi celengan (unsplash.com/Konstantin Evdokimov)

Ciri lain kalau keuanganmu sudah stabil, yaitu adanya dana cadangan atau dana darurat sebagai ban serep apabila ada hal-hal tak terduga. Dengan jumlah dana darurat yang memadai, kamu gak syok atau panik ketika ada kebutuhan mendesak yang membutuhkan biaya besar.

Ini sengaja kamu sisihkan dari penghasilan, karena sadar, gak ada yang bisa meramal masa depan. Bila tiba-tiba kena PHK, ada keluarga sakit, kecelakaan, ataupun peristiwa lain yang membutuhkan biaya besar, kamu jadi gak pusing harus mencari pinjaman ke kerabat atau keluarga. Ada dana cadangan yang bisa dipakai.

Bila ciri-ciri tadi sudah kamu punya, selamat kamu sudah memiliki kestabilan finansial. Gak sia-sia kebiasaan hidup hemat yang selama ini sudah dijalankan. Finansialmu aman!

Baca Juga: 5 Alasan Calon Mertua Ingin Tahu Finansial Kandidat Menantu

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya