Comscore Tracker

5 Faktor Penghambat yang Membuat Mimpimu Gak Pernah Terwujud

#IDNTimesLife Sederhana, tapi efeknya besar

Bermimpi adalah hal yang akan dilakukan oleh semua manusia selagi masih hidup. Mimpinya juga beragam, ada yang ingin punya rumah sebelum menikah, keliling Eropa, dan masih banyak lagi. Sebagai pemimpi, kita tentu ingin agar mimpi-mimpi itu bisa terwujud suatu hari nanti.

Namun sayang, berbagai faktor sering kali muncul dan menghambat proses pencapaian mimpi. Bahkan beberapa dari kita harus rela mengubur mimpi itu dalam-dalam karena sampai kapan pun, kita gak bisa wujudkan. Kira-kira apa faktor penghambatnya?

1. Terlalu mempercayai bisikan-bisikan jahat yang ada di dalam kepala kita

5 Faktor Penghambat yang Membuat Mimpimu Gak Pernah Terwujudpexels.com/Chloe Kala

Pernah mendengar kalimat "don't let your mind control you"? Ketahuilah, kalau pikiran kita itu jahat. Pikiran kita lah yang terkadang membuat kita merasa gak mampu mewujudkan apa-apa, padahal kenyataannya kita bisa. 

Itulah sebabnya kenapa kita harus belajar mengontrol pikiran sendiri. Dan ingat, jangan pernah percaya sama segala jenis bisikan yang ada di dalam kepala karena itu gak benar. Kita bisa, kok!

2. Rencana gak dibarengi dengan action

5 Faktor Penghambat yang Membuat Mimpimu Gak Pernah Terwujudpexels.com/Andrew Neel

Kita sering kali berencana, mau inilah, mau itulah, banyak sekali rencana. Tapi, bagaimana dengan action kita? Nyatanya aksi kita gak sebanding dengan banyaknya rencana yang kita buat. Akibatnya, mimpi gak pernah kesampaian sampai kapan pun. 

Jadi, penting untuk menyeimbangkan keduanya. Jangan hanya ingin, tapi gak mau berkorban. Ingatlah kalau hasil itu akan sebanding dengan usaha yang kita lakukan.

3. Membiarkan diri kita dikuasai oleh perasaan

5 Faktor Penghambat yang Membuat Mimpimu Gak Pernah Terwujudpexels.com/Gustavo Peres

Pernah gagal? Fine, kita gak perlu merasa bersalah atas kegagalan yang kita rasakan dulu, sebanyak apa pun kegagalan itu. Sebab, perasaan bersalah itu hanya akan menyurutkan motivasi kita untuk bangkit. 

Hadapi kegagalan itu dengan logika agar kita bisa memikirkan strategi apa yang mesti diterapkan, sehingga kegagalan yang kita alami dulu bisa berubah menjadi suatu kesuksesan.

Baca Juga: 6 Mimpi Paling Umum Pertanda Keberuntungan, Ada Mimpi Kematian!

4. Lebih mempercayai orang lain daripada diri sendiri

5 Faktor Penghambat yang Membuat Mimpimu Gak Pernah Terwujudpexels.com/Khoa Võ

Pada kenyataannya, banyak dari kita yang lebih percaya kepada orang lain daripada diri sendiri. Terutama orang yang lebih tua karena mereka punya pengalaman yang lebih banyak. Wajar, tapi bukan berarti kita menjadi orang yang gak pedean dalam hal apa pun. 

Sejatinya, kita juga harus percaya sama diri sendiri. Ikuti apa yang hati kita katakan. Boleh mendengar orang lain, tapi keputusan tetap kita yang tentukan.

5. Terlalu bersemangat sampai lupa kalau istirahat itu penting

5 Faktor Penghambat yang Membuat Mimpimu Gak Pernah Terwujudpexels.com/Marcus Aurelius

Bekerja keras sudah wajib hukumnya kalau kita ingin menggapai mimpi. Tapi, jangan lupa jaga kesehatan karena kesehatan mahal harganya. Kalau kita jatuh sakit, bukan hanya uang saja yang habis, tapi peluang kita untuk mewujudkan mimpi akan terhambat. Sebab, kita gak bisa lakuin apa-apa dari atas tempat tidur.

Selain menjaga pola makan, jaga juga pola tidur, banyak minum air putih, olahraga secara rutin, dan kontrol stres agar kita mampu berpikir jernih setiap hari.

Gagal meraih mimpi itu wajar, tapi jangan biarkan kegagalan itu terjadi secara berkepanjangan karena faktor-faktor di atas. Tetaplah berjuang sampai mimpi itu menjadi kenyataan.

Baca Juga: 7 Cara Mimpi Indah saat Tidur Malam Ini, Terbukti Secara Ilmiah

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya