Comscore Tracker

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hari

Biar kamu banyak disukai...

Ada beberapa masalah kehidupan yang mungkin kita harap bisa diselesaikan dengan mudah, atau kita harap memiliki benda ajaib yang bisa membanu menyelesaikannya. Sayangnya, tidak ada yang seperti itu. Tetapi ada beberapa trik psikologis yang dapat membantu kita saa menghadapi kesulitan, memperbaiki hubungan dengan orang lain, dan menemukan ketenangan pikiran. Berikut rahasia yang dapat  kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan akan membuat hidup kita lebih mudah guys!

1. Mintalah bantuan kecil sejak kini untuk mendapat dukungan di masa depan

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hariunsplash.com/@rawpixel

Seperti yang pernah ditulis seorangpolitisi dalam otobiografinya bahwa, "seseorang yang pernah melakukan sesuatu yang baik untuk kita lebih mungkin untuk membantu kita lagi nanti." Kamu dapat meminta bantuan orang yang hampir tidak kamu kenal. Misalnya, minta mereka meminjam pensil atau pena. Setelah ini, kemungkinan orang ini akan melakukan sesuatu yang lebih besar untuk kamu jauh lebih tinggi. Dan jika seorang kolega tidak menyukai kamu, kamu dapat meminta pendapat mereka tentang beberapa hal penting yang perlu diperbaiki. Ini akan menjadi fondasi yang baik untuk hubungan kamu di masa depan.

2. Gunakan satu kata untuk mencari tahu seseorang menyukaimu atau tidak

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-harinsplash.com/@mimithian

Kamu tidak perlu mengajukan pertanyaan langsung untuk mengetahui apakah seseorang menyukaimu atau tidak. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih kata tertentu yang mempresenasikannya dan setiap kali orang mengatakan kata tersebut atau sinonimnya, kamu dapat mengangguk dan tersenyum. Jika orang itu menyukaimu, mereka akan mulai menggunakan kata tersebut semakin seringsa berbicara denganmu.

3. Kunyah permen karet untuk menenangkan diri

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hariunsplash.com/@quinten149

Menurut penelitian ilmiah, proses ini menurunkan tingkat kortisol (hormon stres) secara dramatis. Ada beberapa kemungkinan penjelasan untuk ini. Salah satunya adalah darah mengalir ke kepala dan kamu menjadi lebih rileks. Perasaan yang menyenangkan saat mengunyah permen karet akan membuat kamu lebih bahagia dan lebih tenang. Selain itu, mengunyah permen karet dapat membantu mengalihkan perhatian kita dan menghilangkan kebiasaan buruk seperti makan ketika kita stres atau menggigit kuku.

4. Beri tahu seseorang rahasiamu untuk meningkatkan hubungan

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hariunsplash.com/@tinaflour

Cara yang baik untuk mendapatkan kepercayaan seseorang adalah dengan berbagi rahasia dengan mereka. Tentu saja, kamu tidak harus memberi tahu mereka sesuatu yang sangat penting, terutama jika tujuan kamu adalah membangun hubungan yang baik.

Penting untuk menunjukkan kepada orang ini bahwa kamu mempercayai mereka dan kamu berpikir bahwa penting bagi mereka untuk mengetahui sesuatu tentang kamu. Dengan cara ini mereka akan merasa terhubung denganmu melalui rahasia tersebut.

5. Tawarkan 2 pilihan untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hariunsplash.com/@victoriano

Jika kamu membutuhkan seseorang untuk memilih atau melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin mereka lakukan, tanyakan saja pertanyaan yang tepat. Jangan tanya mereka apakah mereka akan melakukannya atau tidak. Sebaliknya menawarkan mereka dua opsi.

Misalnya, kamu perlu mendapat laporan dari kolegamu. Jangan tanya mereka apakah akan membawanya atau tidak. Tanyakan kepada mereka kapan mereka bisa memberikannya kepadamu: besok atau beberapa hari lagi. Ini adalah bagaimana orang merasa bahwa mereka penting dan mendapatkan ilusi kendali atas suatu situasi.

6. Buat kesalahan untuk menjadi lebih menarik

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hariunsplash.com/@jeffreyflin

Kamu mungkin selalu berusaha menghindari kesalahan, terutama karena kamu takut ditertawakan. Namun, membuat kesalahan kecil bisa membuat kita lebih menarik di mata orang lain. Kesalahan membuatmu menjadi manusia biasa, bukan orang yang ideal. Orang yang ideal biasanya ditakuti dan tidak disukai. Dengan begitu, orang lain tidak akan takut membuat kesalahan di hadapanmu, yang akan membuat mereka lebih nyaman dan santai.

Dan jika mereka juga bisa menunjukkan bahwa kamu melakukan kesalahan, mereka mungkin merasa lebih baik dan kamu tidak akan tersinggung. Pertama, kamu melakukannya sendiri, dan kedua, kamu memenangkan kepercayaan orang tersebut. Tapi jangan berlebihan. Kalau tidak, mereka mungkin mulai meragukan bahwa kamu bagus dalam apa yang kamu lakukan.

Baca Juga: Gambar yang Kamu Lihat Pertama Kali Ini Tunjukkan Kondisi Psikologismu!

7. Buat kesamaan dengan orang lain, mereka akan lebih menyukaimu

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hariunsplash.com/@vsmilelx

Banyak orang yang tahu tentang gerakan mirroring. Namun, efek yang hebat dapat dicapai jika kamu secara verbal menandai kesamaan antara dirimu dan orang lain. Coba pikirkan tentang turis asing ketika mereka bertemu penduduk asli di luar negeri. Atau betapa menyenangkannya mengetahui bahwa kamu belajar di sekolah yang sama dengan orang lain itu. Kamu akan memiliki kecenderungan untuk lebih menyukai orang yang serupa.

8. Berikan pujian setiap hari

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hariunsplash.com/@rawpixel

Berikan pujian dan ucapkan hal-hal baik kepada orang-orang setiap hari. Bahkan jika kamu berada dalam suasana hati yang buruk. Bahkan jika hari itu benar-benar buruk. Pada awalnya, itu akan sulit dan kemudian kamu akan terbiasa dan tidak perlu membuat diri kamu terpaksa mengatakan hal-hal yang baik. Ini akan membantu orang lain untuk lebih menyukaimu.

Lebih dari itu, saat kamu berlatih, kamu dapat mengatakan hal-hal baik tidak hanya kepada teman dan kolegamu, tetapi juga kepada orang-orang acak, karyawan toko sampai dengan pengemudi taksi yang kamu tumpangi. Kata-kata ini membuat orang lain merasa lebih baik dan menciptakan getaran yang baik.

9. Jangan melebih-lebihkan perhatian pada diri sendiri

9 Trik Psikologis yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hariunsplash.com/@fodelwdc

Kita terbiasa berkonsentrasi pada diri kita sendiri dan ketika kita tidak terlihat sangat baik di pagi hari, kita berpikir bahwa semua orang memperhatikan. Tetapi pada kenyataannya, ini tidak benar. Ini disebut efek sorotan.

Kamu melebih-lebihkan pentingnya penampilan dan tindakan kamu untuk orang lain. Tetapi pikirkan saat-saat ketika kamu berada di luar kota. Kamu akan cenderung mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak menghabiskan satu jam di depan cermin, kamu juga makan apa pun yang kamu inginkan. Jangan berpikir dua kali tentang tindakan atau pakaianmu. Cobalah untuk mengingat pengalaman perasaan santai dan nyaman dalam pikiranu sehari-hari.

Baca Juga: 9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lain

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You