Comscore Tracker

Hindari 5 Mindset Ini yang Membuatmu Selalu Merasa Terpuruk

Kamu tidak bisa menyamaratakan standar kebahagiaan orang

Hampir semua manusia ketika masuk dalam fase dewasa mereka mengalami keterpurukan. Tidak melakukan sesuatu, tapi pikiran berpergian ke mana-mana, dan tak tau mengapa menyendiri dengan seperti itu juga bisa membuat kita bersedih. 

Untuk menghindari keterpurukan, hindari lima mindset di bawah ini. Kamu harus bisa mulai berubah dari sekarang.

1. Merasa semua orang membencinya

Hindari 5 Mindset Ini yang Membuatmu Selalu Merasa Terpurukilustrasi terbebani (pexels.com/Monstera)

Ketika kamu tau ada orang yang membencimu, kamu menganggap bahwa semua orang juga membencimu. Kamu tidak ingin ada orang yang membencimu. Padahal, itu adalah hal yang wajar. Justru itu akan menjadi tidak wajar jika kamu merasa bahwa tidak ada orang yang membencimu dan semua orang orang menyukaimu.

2. Merasa kesepian

Hindari 5 Mindset Ini yang Membuatmu Selalu Merasa Terpurukilustrasi kesepian (pexels.com/Stefan Stefancik)

Ketika kamu melihat temanmu memiliki banyak teman, setiap malam selalu bersama pasangannya menononton film. Kamu selalu merasa bahwa dirimu adalah orang yang paling kesepian di dunia. 

Jika memiliki banyak teman dan selalu bersama pasangan itu adalah hal yang benar. Lalu mengapa kesepian itu adalah hal yang salah? Kamu tidak harus menjadi orang lain untuk dianggap sama. Selama kamu menikmati itu, jadilah diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Cowok Menikmati Waktu Kesendirian Mereka, Apa Saja?

3. Membandingkan diri sendiri

Hindari 5 Mindset Ini yang Membuatmu Selalu Merasa Terpurukilustrasi bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu terus menerus membandingkan dirimu dengan orang lain, percayalah kamu tidak akan pernah bahagia. Standar kebahagiaanmu tidak sama dengan standar kebahagiaannya.

Jika dia bahagia dengan memiliki teman yang banyak, mungkin kamu bahagia ketika sendirian. Setiap manusia berbeda-beda. Kamu tidak bisa menyamakan kebahagiaan orang dengan ukuran kebahagiaanmu. 

4. Merasa menjadi orang yang buruk

Hindari 5 Mindset Ini yang Membuatmu Selalu Merasa Terpurukilustrasi gagal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu mengalami kegagalan atau ada seseorang yang mengatakan kekuranganmu, saat itu juga kamu merasa adalah orang yang buruk. Bahkan, orang yang paling buruk di dunia. 

Kembali lagi, kamu tidak bisa menilai setiap orang dari sudut pandang satu orang. Mungkin kamu bisa saja bagi satu orang adalah orang yang buruk, tetapi bisa saja kamu dipandang baik bagi banyak orang yang lain.  

5. Menyesali masa lalu

Hindari 5 Mindset Ini yang Membuatmu Selalu Merasa Terpurukilustrasi menyesal (pexels.com/Alex Green)

Berhentilah mengingat masa lalu yang buruk. Apalagi ketika kamu menyesal melakukannya. Tidak ada yang bisa mengatur ulang kehidupan.

Jadi, berusahalah menerima apapun yang tidak bisa kamu ubah. Toh, kamu tidak bisa berada di titik ini, ketika kamu ingin membaca artikel ini, ketika kamu ingin berubah, jika tidak mengalami peristiwa tersebut. 

Itulah lima mindset yang membuatmu selau merasa terpuruk. Jika kamu tidak ingin memiliki hidup yang dipenuhi dengan kecemasan, hindarilah lima mindset di atas. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Mencintai Diri Sendiri, Masih Suka Insecure!

Muhammad alvian Photo Verified Writer Muhammad alvian

Hanya manusia yang juga mencintai manusia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya