Comscore Tracker

Teladan, 5 Rasul yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah dan Mukjizatnya

Umat muslim wajib mempelajarinya

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an, terdapat 25 Nabi yang diutus oleh Allah SWT dan wajib kita ketahui. Namun, Allah SWT senantiasa memberikan gelar kepada lima Nabi yang juga menjadi Rasul kepercayaannya. Gelar tersebut adalah Ulul Azmi.

Ulul Azmi adalah gabungan dari "Ulul" dan "Azmi". "Ulul" berasal dari kata "ulu" atau "uli" yang artinya memiliki, sedangkan "Azmi" berarti keteguhan hati. Karenanya, arti Ulul Azmi adalah sebagai orang yang mempunyai ketabahan, kesabaran, dan keteguhan hati yang luar biasa dalam menjalankan tugas suci sebagai nabi dan rasul.

Lalu, siapa saja sih Rasul yang yang bergelar Ulul Azmi tersebut? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Nabi Nuh AS

Teladan, 5 Rasul yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah dan Mukjizatnyaunsplash.com/Rachid Oucharia

Nabi Nuh telah menghabiskan waktu untuk berdakwah selama hampir seribu tahun. Akan tetapi, hanya sedikit yang mau mengikutinya. Sepeninggal Nabi Idris (sebelum Nabi Nuh), perilaku masyarakat pun menjadi semakin menyimpang, termasuk mereka yang ketika itu menyembah berhala.

Selain itu, kaum Nabi Nuh terkenal zalim dan sewenang-wenang terhadap apa saja, termasuk putranya yang dikenal durhaka. Diceritakan pada sebuah kisah, Allah SWT mendatangkan banjir bandang kepada kaum Nabi Nuh yang ingkar dengan ajaran Islam.

Mendapat gelar Ulul Azmi, Nabi Nuh memiliki mukjizat dari Allah SWT berupa diselamatkan dari banjir bandang. Saat itu, Allah memberikan azab berupa banjir bandang kepada kaum Nabi Nuh yang ingkar dengan ajaran yang beliau sampaikan.

Saat peristiwa tersebut, Nabi Nuh beserta pengikutnya selamat karena berada di dalam bahtera atau kapal besar yang sudah ia buat sebelum banjir bandang tersebut. Oleh karena itu, Nabi Nuh terkenal sebagai Nabi yang mampu membuat kapal besar untuk menyelamatkan kaumnya yang beriman serta hewan-hewan dari banjir dahsyat yang kemudian membinasakan orang-orang kafir, termasuk putranya yang durhaka.

2. Nabi Ibrahim AS

Teladan, 5 Rasul yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah dan Mukjizatnyaunsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Hidup di zaman kekuasaan Raja Namrud, Nabi Ibrahim mencegah masyarakat yang menyembah berhala dengan menghancurkan berhala-berhala yang ada kala itu. Namun, aksinya tersebut tentu mendatang reaksi negatif dari Raja Namrud.

Raja Namrud marah dan memerintahkan para bawahannya agar membakar hidup-hidup Nabi Ibrahim. Namun atas izin Allah SWT, Nabi Ibrahim dapat selamat dari kobaran api tanpa luka sedikit pun. Kisah ini pun tercantum jelas dalam ayal Al-Qur'an yang berarti:

“Bakarlah dia dan bantulah ilah-ilah kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak. Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim. Mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan itu mereka orang-orang yang paling merugi.” (QS. Al- Anbiya’ ayat 68-70).

3. Nabi Musa AS

Teladan, 5 Rasul yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah dan Mukjizatnyaunplash.com/masjidmpd

Nabi selanjutnya yang mendapatkan gelar Ulul Azmi adalah Nabi Musa AS. Kisah Nabi Musa ini berawal dari dirinya yang hanyut di sebuah sungai dan ditemukan oleh istri dari raja pada zaman tersebut, yakni Raja Firaun. 

Sayangnya, ketika Nabi Musa sudah dewasa, Raja Firaun mendapatkan pertanda dalam mimpinya bahwa akan ada seorang anak laki-laki yang kelak akan mengancam kekuasaannya. Anak itu tidak lain adalah Nabi Musa.

Namun, saat Nabi Musa berhadapan dengan sang raja, Nabi Musa melempar sebuah tongkat yang kemudian menjadi seekor ular besar. Tongkat itu pun menyelamatkan nyawa Nabi Musa kembali dengan mukjizat lain, yakni dapat membelah lautan.

Baca Juga: Bacaan Zikir Setelah Salat Fardu Sesuai Sunah Rasul, Yuk Lafalkan!

4. Nabi Isa AS

Teladan, 5 Rasul yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah dan Mukjizatnyaunsplash.com/T Foz

Nabi Isa merupakan Nabi yang mendapat mukjizat berupa kitab suci Injil. Tak hanya itu, Nabi Isa juga mendapat mukjizat dapat menyembuhkan orang-orang sakit dan buta.

Bahkan, Nabi Isa pun mampu menghidupkan orang-orang yang telah meninggal dunia. Namun, tentunya hal-hal tersebut dapat ia lakukan atas seizin Allah SWT.

5. Nabi Muhammad SAW

Teladan, 5 Rasul yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah dan Mukjizatnyaunsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah atau Amul Fiil. Sejak kecil, Nabi Muhammad telah dikenal sebagai orang yang jujur, tidak pernah berkata kotor, tidak pernah berbohong, tidak pernah melakukan maksiat, dan terbebas dari dosa.

Berbagai siksaan dari kaum kafir pun sudah pernah Nabi Muhammad terima hingga sering mengancam nyawanya. Akan tetapi, ketabahan dan keteguhan hatinya membuktikan bahwa dirinya pantas untuk mendapat gelar Ulul Azmi dan wajib kita teladani.

Tak hanya mendapatkan gelar Ulul Azmi, Allah SWT pun senantiasa memberikan berbagai macam mukjizat kepada Nabi Muhammad. Beberapa di antaranya, seperti dapat membelah bulan, mampu mengeluarkan air dari sela-sela jari tangan, serta diturunkannya kitab suci Al-Qur'an kepada dirinya.

Itu dia lima nabi dan rasul Ulul Azmi yang diberikan gelar oleh Allah SWT berkat keteguhan dan kesabaran yang dimilikinya. Semoga kisah para Rasul di atas dapat kita pelajari sekaligus teladani dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Sunnah Rasul, Ini 5 Manfaat Belajar Panahan untuk Si Buah Hati

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani
  • Favo Perdana Hadiyanto Saputra

Berita Terkini Lainnya