Comscore Tracker

5 Hal Penting agar Tidak Terombang-ambing Perkembangan Teknologi

Salah satunya punya ketegasan diri

Perkembangan teknologi memang tidak dapat dicegah. Selalu ada inovasi dan pembaruan yang terjadi setiap waktu. Tapi sayangnya, perkembangan teknologi juga bisa membawa sejumlah dampak negatif.

Untuk tetap bisa bertahan di tengah perubahan tersebut, tentu saja kita harus melakukan serangkaian usaha. Lantas, apa sajakah itu? Berikut ini merupakan lima hal penting yang harus dilakukan agar tidak mudah terombang-ambing perkembangan teknologi.

1. Asah keterampilan 

5 Hal Penting agar Tidak Terombang-ambing Perkembangan Teknologiilustrasi mengetik (pexels.com/George Milton)

Apakah kamu termasuk tipe orang yang malah mengasah keterampilan diri? Memang tidak dipungkiri jika masih banyak orang mengalami hal tersebut. Dengan alasan malas atau sudah cukup puas, mereka enggan untuk meningkatkan kualitas lagi ke depannya.

Padahal meningkatkan keterampilan diri itu penting, lho. Ini menjadi salah satu hal yang harus dilakukan untuk mengimbangi perkembangan teknologi. Mengasah keterampilan membuatmu tetap bisa bertahan di tengah-tengah teknologi yang terus berkembang pesat. 

2. Selektif informasi 

5 Hal Penting agar Tidak Terombang-ambing Perkembangan Teknologiilustrasi memangku laptop (pexels.com/Liza Summer)

Jika kita membahas perkembangan teknologi, tentu yang selalu berjalan beriringan adalah penyebaran informasi. Baik itu informasi yang sudah terjamin kebenarannya maupun yang berupa informasi palsu. Kondisi seperti ini sudah pasti menimbulkan dampak tersendiri.

Agar tidak mudah terombang-ambing perkembangan media sosial, salah satu hal yang harus dilakukan yaitu selektif menerima informasi. Kamu harus bisa memilah mana informasi yang benar dan mana yang bersifat hoaks. Jangan sampai terbawa arus informasi yang bisa menimbulkan perpecahan.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Yakin pada Diri Sendiri agar Gak Terombang-ambing

3. Tingkatkan kreativitas 

5 Hal Penting agar Tidak Terombang-ambing Perkembangan Teknologiilustrasi memangku laptop (pexels.com/The Lazy Artist Gallery)

Penjelasan tentang pentingnya kreativitas tentu sudah sering bertebaran. Mereka yang memiliki tingkat kreativitas tinggi cenderung memiliki pemikiran out of the box. Mereka juga mampu merealisasikan ide-ide serta pemikirannya.

Terus berusahalah meningkatkan kreativitas adalah salah satu hal yang harus dilakukan agar tidak terombang-ambing oleh perkembangan teknologi. Menjadi sosok yang kreatif, kamu lebih fleksibel dalam menyikapi setiap perubahan.

4. Tingkatkan kemampuan berpikir kritis 

5 Hal Penting agar Tidak Terombang-ambing Perkembangan Teknologiilustrasi menatap laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perkembangan media sosial memang membawa pengaruh tersendiri. Baik itu pengaruh dalam hal kecil atau besar. Namun yang jadi catatan, jangan sampai keberadaan media sosial justru membawamu ke arah yang negatif.

Lantas, bagaimana caranya agar tidak terombang-ambing media sosial? Salah satu yang harus dilakukan adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kamu bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan sehingga tidak mudah terbawa pengaruh negatif dari kemajuan teknologi. 

5. Punya ketegasan diri 

5 Hal Penting agar Tidak Terombang-ambing Perkembangan Teknologiilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki ketegasan diri adalah keharusan bagi kita semua. Bagaimanapun juga, kamu harus bisa mengatur dan mengendalikan diri sebaik mungkin. Ini penting dimiliki, apalagi di era sekarang ini.

Menanamkan ketegasan diri menjadi salah satu hal yang harus dilakukan agar kamu tidak mudah terombang-ambing oleh perkembangan teknologi. Kamu paham betul bagaimana menyikapi perubahan yang ada sehingga bisa memanfaatkan teknologi secara bijak.

Perkembangan teknologi selalu membawa dua sisi, positif dan negatif. Agar kamu tidak mudah terombang-ambing oleh perkembangan teknologi, lakukan lima hal di atas, ya!

Baca Juga: 10 Pengingat untuk Kamu si Hobi Flexing, Segera Hentikan!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya