Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Diri Saat Berada di Lingkungan dengan Negative Vibes

Mulai mengenal karakter diri sampai kebijaksanaan bersikap 

Memang tidak dapat dipungkiri jika masing-masing tempat memiliki keunikan budaya dan kebiasaannya masing-masing. Meskipun begitu, tidak semua kebiasaan dan juga budaya tersebut bersifat baik. Tidak jarang kamu malah terjebak dalam lingkungan yang dipenuhi dengan vibes negatif.

Berada dalam lingkungan seperti ini, tentu kamu harus bisa menjaga diri dengan baik. Salah arah sedikit saja pasti bisa membawa risiko fatal ke depannya. Lantas, bagaimana cara untuk menjaga diri dari lingkungan dengan negative vibes? Yuk, simak tips di bawah ini.

1. Kenali karakter dalam dirimu 

5 Tips Menjaga Diri Saat Berada di Lingkungan dengan Negative Vibesilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Marta Dzedyshko)

Setiap orang sudah tentu memiliki karakternya masing-masing. Entah itu dari segi sikap, pola pikir, maupun dari caranya dalam membawa diri di suatu lingkungan. Namun demikian, tidak semua orang mampu mengenali karakter dirinya dengan baik.

Padahal mengenali karakter diri dengan baik itu penting, lho. Ini menjadi salah satu tips yang harus dilakukan untuk menjaga diri saat terjebak dalam lingkungan negative vibes. Dengan mengenali karakter diri, kamu tidak akan mudah terseret dalam harus pergaulan negatif yang bisa merugikan diri sendiri.

2. Tanamkan prinsip yang kuat 

5 Tips Menjaga Diri Saat Berada di Lingkungan dengan Negative Vibesilustrasi perempuan menatap tajam (pexels.com/Alessio Cesario)

Keberadaan lingkungan dengan negative vibes memang menjadi tantangan tersendiri. Beragam perilaku toxic seperti persaingan tidak sehat, bergosip, dan juga saling menghasut di anggap sebagai sesuatu yang wajar. Jika tidak berhati-hati sudah pasti kamu akan terseret di dalamnya.

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk menjaga diri saat berada di lingkungan tersebut yaitu dengan menanamkan prinsip yang kuat. Sebagaimana yang kita tahu, prinsip ibarat tali pegangan yang membantumu tetap berdiri kokoh di tengah harus lingkungan yang tidak pasti.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Dikelilingi Orang yang Suka Menebar Negative Vibes

3. Pertahankan pendirianmu 

5 Tips Menjaga Diri Saat Berada di Lingkungan dengan Negative Vibesilustrasi perempuan memegang cangkir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu terjebak dalam lingkungan yang dipenuhi dengan budaya dan perilaku kurang baik? Entah itu budaya dan perilaku yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal maupun dalam lingkup dunia kerja. Adanya perilaku dan budaya demikian sudah pasti menjadi tantangan tersendiri.

Salah satu tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga diri dari lingkungan negative vibes yaitu dengan tetap bertahan pada pendirian yang telah ditanamkan. Hal ini membuatmu tidak mudah terombang-ambing dengan pengaruh toxic yang bertebaran di lingkungan sekitar. 

4. Bisa memilah mana yang baik dan buruk 

5 Tips Menjaga Diri Saat Berada di Lingkungan dengan Negative Vibesilustrasi berpikir (pexels.com/Karolina Grabowska)

Berada dalam lingkungan yang dikelilingi vibes negatif, sudah keharusan bagi kita untuk memiliki kebijaksanaan dalam bersikap. Bukan tanpa Alasan, asal ikut dalam harus lingkungan negative vibes bisa menimbulkan risiko tersendiri. Bahkan tidak jarang menimbulkan akibat fatal dalam kehidupan.

Salah satu tips yang perlu diterapkan saat kamu dikelilingi oleh lingkungan dengan nuansa negative vibes yaitu memilah dengan cermat mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan demikian, kamu tidak akan mudah terjerumus dalam perilaku yang bisa merugikan.

5. Berani mengatakan tidak 

5 Tips Menjaga Diri Saat Berada di Lingkungan dengan Negative Vibesilustrasi menyatakan tidak (pexels.com/Vie Studio)

Kata tidak memang terdengar singkat, padat, dan jelas sekaligus tegas. Namun demikian tidak dengan mengatakannya. Bahkan sebelum mengucapkan sebaris kalimat tersebut pun lidah sudah terasa kelu dan perasaan sungkan datang menyelimuti.

Tapi tahukah kamu? Ternyata berani mengatakan tidak termasuk salah satu kunci untuk menjaga diri ketika sedang berada di lingkungan negative vibes, lho. Berani mengatakan tidak merupakan cerminan bahwa dirimu adalah sosok yang tegas sehingga tidak mudah dikendalikan orang lain.

Berada di lingkungan dengan negative vibes, sudah seharusnya bagi kita bisa menjaga diri dengan baik. Jika saat ini kamu sedang terjebak dalam lingkungan yang demikian, yuk, terapkan lima tips di atas!

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Apakah Kamu Dikelilingi Orang yang Toxic atau Gak

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya