Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Kamu Sering Bad Mood, Ada Negative Self Talk!

Kamu memiliki mood yang tidak stabil

Pernahkah kamu mengalami bad mood yang parah. Aktivitas apa pun selalu berakhir berantakan. Kamu merasa apa yang sedang dikerjakan tidak ada yang tercapai dengan maksimal. Secara tidak langsung, hal ini membuatmu uring-uringan tanpa alasan yang jelas sepanjang waktu.

Namun, tahukah kamu, perasaan bad mood itu bisa jadi akibat ulah sikapmu sendiri. Kamu masih belum bisa mengatur diri sendiri secara tepat dan tidak memiliki ketegasan diri. Lantas, hal-hal apa sajakah yang bisa membuat mood-mu jadi terganggu? Untuk penjelasan lengkapnya, mari simak tulisan di bawah ini.

1. Menyanggupi permintaan orang lain yang sebenarnya memberatkan 

5 Hal yang Bikin Kamu Sering Bad Mood, Ada Negative Self Talk!ilustrasi menghadap laptop (pexels.com/CoWomen)

Sebagai makhluk sosial, tentu kita pasti saling berinteraksi dengan orang lain. Pada saat tertentu mungkin kamu yang membutuhkan bantuan orang lain, tapi tidak menutup kemungkinan di waktu selanjutnya gantian orang lain yang membutuhkan bantuanmu. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar mengingat setiap dari kita pasti memiliki keterbatasan.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan sikap selalu menyanggupi permintaan orang lain walaupun sebenarnya memberatkanmu? Ini merupakan salah satu hal yang bisa membuat mood-mu berantakan. Memaksakan diri untuk mengerjakan hal-hal yang sebenarnya di luar batas kemampuan bisa membuatmu dilanda kelelahan. Tidak hanya lelah secara fisik, tapi juga secara mental.

2. Kecanduan media sosial akut 

5 Hal yang Bikin Kamu Sering Bad Mood, Ada Negative Self Talk!ilustrasi menatap ponsel (pexels.com/Karolina Grabowska)

Perkembangan teknologi digital memang tidak dapat dipisahkan dari media sosial. Bahkan, keberadaan platform media sosial seolah menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat. Terutama generasi milenial dan gen Z yang memang menjadi generasi melek digital.

Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang pada akhirnya justru kecanduan media sosial akut. Padahal, ini bisa menyebabkan bad mood, lho. Media sosial penuh dengan berita dan informasi negatif jika kita tidak pandai memilahnya.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Bestie yang Sedang Bad Mood, Jangan Terbawa Emosi!

3. Sering membandingkan diri dengan orang lain 

5 Hal yang Bikin Kamu Sering Bad Mood, Ada Negative Self Talk!ilustrasi orang berjejer (pexels.com/Monstera)

Jika membahas apa yang ada dalam diri masing-masing orang, rasa-rasanya setiap dari kita pasti dianugerahi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin kita unggul dalam bidang matematis, namun lemah dalam bidang seni atau sebaliknya. Semua sudah diatur sesuai porsi yang tepat.

Meskipun begitu, masih banyak di antara kita yang tidak menyadari akan hal tersebut. Alih-alih bersyukur dan mengasah potensi diri, yang ada kita justru membanding-bandingkan dengan orang lain. Sikap seperti inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa kamu selalu diliputi perasaan bad mood sepanjang waktu.

4. Tidak memiliki personal boundaries 

5 Hal yang Bikin Kamu Sering Bad Mood, Ada Negative Self Talk!ilustrasi perempuan murung (pexels.com/Liza Summer)

Batasan pribadi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Sebagaimana yang kita tahu, ada permasalahan dan sisi-sisi tertentu yang sebaiknya tidak diketahui oleh orang lain. Sayangnya, banyak di antara kita yang tidak mengindahkan akan hal tersebut dam malah membagikan semua hal kepada orang sekitar tanpa adanya sekat.

Walaupun sekilas terlihat sepele, perilaku tidak memiliki personal boundaries ini merupakan salah satu hal yang bisa membuatmu sering bad mood, lho. Permasalahan dan hal-hal privasi yang menjadi konsumsi publik bukan tidak mungkin akan memperumit hidupmu sendiri.

5. Sering terjebak negative self talk 

5 Hal yang Bikin Kamu Sering Bad Mood, Ada Negative Self Talk!ilustrasi perempuan murung (pexels.com/Andres Ayrton)

Negative self talk merupakan salah satu tantangan yang dihadapi banyak orang. Tanpa sadar hati kecilmu berbisik bahwa kamu adalah sosok yang lemah dan tidak mungkin bisa meraih apa yang diinginkan. Negative self talk juga sering kali membuatmu terkurung dalam ketakutan yang tak pasti sehingga tidak mengalami kemajuan.

Jika kamu ingin tahu apa saja yang bisa menyebabkan dirimu sering bad mood, negative self talk merupakan salah satunya. Memang tidak dapat dipungkiri jika serangkaian kalimat negatif yang memenuhi pikiran bisa membuatmu cemas, khawatir, dan merasa terpuruk dalam menjalani hidup.

 

Kondisi mood yang berantakan memang bisa bikin kita tidak tentang dalam menjalani hidup. Dari lima hal di atas, mana saja yang sering jadi penyebab kamu merasa bad mood?

Baca Juga: 5 Cara Menang Melawan Mood, Produktif Gak Harus Tunggu Mood Baik!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya