Comscore Tracker

5 Bentuk Dukungan bagi Teman yang Berduka, Terus Hadir di Sampingnya!

Selain mengatakan, "Turut berduka cita, ya"

Ketika seorang teman kehilangan orang tersayang, kita tentu ingin melakukan berbagai cara untuk menghiburnya. Namun kita mungkin kebingungan untuk memberikan dukungan seperti apa yang sebaiknya kita berikan. Akhirnya kita hanya berkutat dengan pikiran karena takut berbuat salah dan memperkeruh suasana.

Selain memberikan ucapan berbela sungkawa, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghiburnya. Cari tahu lima bentuk dukungan bagi teman yang sedang berduka berikut ini, yuk.

1. Temani dia untuk memberikan dukungan emosional

5 Bentuk Dukungan bagi Teman yang Berduka, Terus Hadir di Sampingnya!ilustrasi menenangkan teman yang berduka (pexels.com/Alex Green)

Saat kehilangan orang yang cintai, dunia akan terasa runtuh. Seketika kita terguncang, rapuh dan kehilangan arah.

Di momen ini, kehadiran orang lain sangat berarti untuk menguatkan kita dalam menghadapi kenyataan pahit. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk menemani seorang teman yang berduka.

Jika takut salah berucap, merangkul atau mengusap pundaknya bisa bantu memvalidasi perasaannya. Ini bisa sekaligus menghiburnya dan memberikan dia kenyamanan.

2. Menjadi pendengar yang baik

5 Bentuk Dukungan bagi Teman yang Berduka, Terus Hadir di Sampingnya!ilustrasi teman curhat (pexels.com/Ivan Samkov)

Setelah merasa lebih tenang, dia mungkin mulai mencurahkan perasaannya kepadamu. Faktanya, berbagi kesedihan bisa menjadi coping strategy yang efektif untuk mengurangi rasa sakit yang dialami. Mempunyai orang yang bisa diandalkan juga sedikit meringankan beban yang dipikul.

Saat ini yang dia butuhkan adalah didengar dan dipahami. Kamu gak perlu meresponnya dengan kata-kata, melainkan berikan dia pelukan hangat yang memungkinkan dia menumpahkan emosinya.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Teman yang Baru Buka Bisnis, Beri Dukungan!

3. Membantu membereskan pekerjaan rumah

5 Bentuk Dukungan bagi Teman yang Berduka, Terus Hadir di Sampingnya!ilustrasi mencuci piring (pexels.com/RODNAE Production)

Orang yang tengah berduka mungkin tak sempat menyelesaikan pekerjaan rumah dan bahkan tak ingat untuk mengurus diri sendiri. Karenanya kamu bisa mengambil alih tugas tersebut untuk sementara waktu agar dia bisa fokus menenangkan diri. 

Jika dia menolak bantuanmu karena merasa tak enak, setidaknya kamu bisa mengirimkan makanan secara rutin. Sebab dia mungkin tak berselera makan dan tak punya energi untuk memasak. Karenanya pastikan bahwa dia tetap makan teratur agar tak jatuh sakit.

4. Berikan perspektif lain soal kehilangan

5 Bentuk Dukungan bagi Teman yang Berduka, Terus Hadir di Sampingnya!ilustrasi teman curhat (pexels.com/Edmond Dantes)

Tak ada satupun orang yang merasa bahwa kehilangan seseorang yang dicintai merupakan hal mudah. Sebelum menerima kenyataan, mereka akan melalui beberapa fase yang menyakitkan dan mungkin memakan waktu lama.

Meski begitu, waktu terus berlalu dan kehidupan tetap berlanjut. Agar tak larut dalam kesedihan, kita perlu sesekali memberikan mereka perspektif lain soal kehilangan.

Jika kamu memiliki pengalaman yang sama, jelaskan bagaimana kamu berhasil melewatinya. Ini akan membantunya mencari cara untuk bangkit.

5. Terus dampingi sampai akhir

5 Bentuk Dukungan bagi Teman yang Berduka, Terus Hadir di Sampingnya!ilustrasi memeluk teman (pexels.com/Liza Summer)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, proses berduka biasanya memakan waktu yang panjang. Mereka tak mungkin sembuh hanya dalam satu atau dua hari, melainkan lebih lama dari itu.

Sebab mengobati luka karena ditinggal orang yang disayang bukan perkara mudah. Karenanya terus dampingi dia bahkan hingga titik terakhir.

Meski dia membutuhkan waktu sendirian, kamu bisa mengecek keadaannya dengan mengirim pesan singkat atau bertandang ke rumahnya. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kamu peduli padanya sehingga dia tak benar-benar merasa sendirian.

 

Dukungan emosional sangat dibutuhkan oleh teman yang tengah berduka. Terus hadir dan mendampinginya setiap saat bisa menjadi bentuk dukungan terbaik yang kamu berikan. Ini akan sangat berarti sebab kamu membantu mereka melewati masa-masa sulit. 

Baca Juga: 5 Cara Beri Dukungan ke Teman yang Baru Mengalami Perceraian

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya