Comscore Tracker

5 Tips Beribadah di Sepuluh Hari Kedua Ramadan, Perbanyak Istigfar! 

Lakukan dengan penuh keikhlasan, ya! 

Sepuluh hari kedua atau ashra kedua di bulan suci Ramadan adalah hari-hari d imana pintu magfirah atau ampunan sedang dibuka selebar-lebarnya. Selama keutamaan dalam waktu ini harus diperbanyak dengan zikir dan beristigfar. Setiap manusia pasti memiliki kesalahan, sehingga jadikan ashra kedua ini sebagai kesempatan untuk memohon ampunan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar ibadahmu di sepuluh hari kedua Ramadan ini membawa keberuntungan. Memohon ampunlah pada Allah sebanyak-banyaknya agar hidupmu lebih tenang dan bahagia. Berikut lima tips yang perlu dilakukan selama ashra kedua Ramadan. 

1. Mintalah ampunan sebanyak-banyaknya

5 Tips Beribadah di Sepuluh Hari Kedua Ramadan, Perbanyak Istigfar! Freepik.com/Freepik

Pada sepuluh hari kedua bulan Ramadan atau ashra kedua, ini merupakan waktu yang tepat untuk memohon ampunan sebanyak-banyaknya. Jauhi dosa-dosa dan ucapkan kalimat istigfar dalam setiap aktivitas sehari-hari. Berserah dirilah pada Allah S.w.t agar mengampuni segala dosa yang telah diperbuat. Pintu pengampunan dibuka selebar-lebarnya untuk orang-orang yang berpuasa dan senantiasa bertakwa kepada Allah S.w.t.

2. Perbanyak mengucapkan doa-doa wajib

5 Tips Beribadah di Sepuluh Hari Kedua Ramadan, Perbanyak Istigfar! Pexels.com/Ali arapoglu

Berdoa adalah salah satu cara yang menghubungkan hambanya dengan Allah S.w.t. Di ashra kedua, dianjurkan untuk memperbanyak berdoa agar apa pun yang diinginkan segera terkabulkan. Selama Ramadan, setiap melakukan salat selipkan doa-doa wajib untuk memperbesar kemungkinan diampuni dosa-dosanya. Berdoalah dengan hati ikhlas dan tulus sebagai wujud mencari keridaan Allah S.w.t.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Lawan Kantuk Agar Lancar Jalani Ibadah Tarawih 

3. Bacalah Al-Qur'an dengan memahami maknanya

5 Tips Beribadah di Sepuluh Hari Kedua Ramadan, Perbanyak Istigfar! Freepik/Freepik

Al-Qur'an diturunkan pada tanggal 17 Ramadan yang diperingati sebagai nuzulul qur'an. Pada malam ini, turun keberkahan Allah pada siapa saja hambanya yang selalu bertakwa dan taat beribadah. Selama ashra kedua, fokuskan diri untuk memperbanyak membaca lantunan ayat suci Al-Qur'an agar hidupmu senantiasa diberi petunjuk. Targetkan berapa juz yang harus dibaca setiap harinya dan pahami juga maknanya. Siapa pun yang menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup, maka akan diberi kebahagiaan di dunia maupun di akhirat kelak. 

4. Luangkan waktu untuk berzikir

5 Tips Beribadah di Sepuluh Hari Kedua Ramadan, Perbanyak Istigfar! Pexels.com/Abdulmelik majid

Kegiatan yang dilakukan selama Ramadan perlu dimanfaatkan untuk memperbanyak berzikir. Kalimat tasbih, takbir, tahmid hingga tahlil bisa menjadi pembuka jalan untuk mendapat keridaan Allah S.w.t. Zikir dapat mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya. Hal ini juga merupakan wujud rasa syukur yang direalisasikan dalam ucapan. Zikir bisa dilakukan saat duduk, berbaring, berjalan atau pun di sela-sela aktivitas selama di rumah. Mulai latih lisanmu agar senantiasa berzikir, ya. 

5. Lakukan salat sunah

5 Tips Beribadah di Sepuluh Hari Kedua Ramadan, Perbanyak Istigfar! Freepik.com/freepik

Selain salat wajib, dianjurkan pula untuk melaksanakan salat sunah selama bulan suci. Salat tarawih, salat tahajud, hingga salat witir merupakan amalan yang perlu dilakukan di bulan Ramadan. Saatnya melatih diri untuk memperbanyak salat sunah agar mendapat pengampunan Allah S.w.t. Doa-doa yang terselip di setiap salat sunah memberikanmu manfaat lahir dan batin. Kesempatan hidup di tahun ini perlu disyukuri dengan beribadah sebanyak-banyaknya. 

Nah, itulah beberapa tips mencari pengampunan Allah di sepuluh hari kedua bulan Ramadan. Perbanyak zikir dan beristigfar agar hidupmu lebih baik. Jadikan bulan suci Ramadan tahun ini lebih bemakna dengan taat beribadah. 

Baca Juga: Bacaan Zikir Setelah Salat Fardu Sesuai Sunnah Rasul

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Seorang manusia yang biasa-biasa saja, namun hobinya menulis artikel. Keren banget kan hobinya? Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya