Comscore Tracker

Kalau Suntuk, Jadikan 6 Kegiatan Ini Sebagai Pemantik Inspirasimu

Kadang kalau pikiran buntu kita cuma butuh keluar.

Akan tiba saat di mana kamu akan kehilangan ide atau mungkin keinginan untuk melakukan sesuatu. Kamu sudah mencoba berulang kali berpikir dan merenung, namun tetap saja ide-ide itu tidak kunjung muncul. Hal itu terkadang membuatmu frustasi karena pikiran buntu.

Jika kamu sedang kehilangan ide atau membutuhkan inspirasi, jangan khawatir. Kegiatan-kegiatan di bawah ini dijamin sedikit banyak bisa mendatangkan inspirasi bagimu.

1. Menikmati secangkir kopi membuatmu lebih fokus untuk mencari inspirasi.

Kalau Suntuk, Jadikan 6 Kegiatan Ini Sebagai Pemantik Inspirasimu

Kopi adalah minuman yang cukup diminati banyak kalangan. Selain murah, kandungan kafein dalam kopi terbukti mampu meningkatkan fokus seseorang. Ketika kamu sudah fokus, ide-ide itu akan muncul perlahan dari arah yang tidak kamu duga. Kopi dipercaya banyak orang mampu mendatangkan inspirasi. Hal ini juga selaras dengan idiom yang sering kita dengar “Inspirasi dalam secangkir kopi”. Maka dari itu, jika kamu kekurangan inspirasi kemungkinan kamu kurang ngopi.

2. Jika kamu sedang frustasi, salah satu cara untuk menenangkan diri adalah mendengarkan musik.

Kalau Suntuk, Jadikan 6 Kegiatan Ini Sebagai Pemantik Inspirasimusimplemeditation.work

Pikiran yang buntu kemungkinan disebabkan oleh rasa frustasi akan sesuatu. Kamu terlalu banyak memikirkan hal-hal yang membuatmu tertekan. Alangkah baiknya, kamu menenangkan diri dengan mendengarkan musik terlebih dahulu. Ada banyak pilihan lagu yang bisa kamu dengarkan. Nikmati alunan nada dari lagu itu dan relaksasikan diri. Biarkan inspirasi-inspirasi itu datang sejalan dengan irama dan nada dari musik yang kamu dengarkan.

3. Selain menambah pengetahuan, membaca juga akan membantumu menemukan inspirasi.

Kalau Suntuk, Jadikan 6 Kegiatan Ini Sebagai Pemantik Inspirasimuwww.bugarfit.com

Buku adalah jendela dunia. Melalui membaca buku atau bahan bacaan lain. kamu akan menemukan pengetahuan-pengetahuan baru yang belum pernah kamu kenal selama ini. Barangkali, salah satu penyebab inspirasi itu tidak kunjung muncul adalah kurangnya pengetahuan kamu. Pemikiran kamu masih stagnan di satu tempat dan tentunya pemikiranmu butuh asupan-asupan baru yang nanti akan memantik inspirasimu untuk melakukan sesuatu.

4. Berdiskusi dengan teman juga akan memancing inspirasimu keluar.

Kalau Suntuk, Jadikan 6 Kegiatan Ini Sebagai Pemantik Inspirasimugedubar.com

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ketika pikiran buntu dan sangat jenuh adalah dengan berdiskusi atau curhat. Lakukanlah diskusi ringan dengan seorang teman. Ungkapkan segala keluh kesah dan masalah yang menjadi penyebab inspirasi itu tidak muncul. Dengan itu, perasaanmu sedikit lebih lega karena tekanan yang terpendam itu bisa dikeluarkan. Saran dan kritikan dari temanmu juga sangat penting sebagai pembagun dan pemantik inspirasi-inspirasi dari dalam dirimu.

5. Pergilah ke tempat-tempat menarik untuk menyegarkan diri.

Kalau Suntuk, Jadikan 6 Kegiatan Ini Sebagai Pemantik InspirasimuPexels

Barangkali kamu terlalu lelah dengan pekerjaan atau karena kamu terlalu memaksakan diri. Hal itu sadar atau tidak membuat tubuhmu lelah. Kelelahan itulah yang terkadang membuat inspirasi-inspirasi itu terbengkelai. Salah satu solusinya adalah luangkan waktu untuk menyegarkan diri sejenak. Kamu bisa pergi ke tempat yang sejuk dan nyaman seperti pantai atau taman kota. Ketika pikiranmu dan tubuhmy sudah fresh, dijamin inspirasi itu akan datang dengan sendirinya.

6. Ambil selimut lalu tidurlah dengan nyenyak.

Kalau Suntuk, Jadikan 6 Kegiatan Ini Sebagai Pemantik InspirasimuPexels

Mungkin ini adalah pilihan terakhir dan paling tidak masuk akal. Akan tetapi, tidur juga bukan pilihan yang buruk. Tidur bisa melepas rasa lelah dan membuat kamu lupa sejenak dari masalah-masalah. Ketika kamu sudah berpikir sangat keras namun ide itu juga tak kunjung muncul, tak perlu memaksakan diri. Lebih baik kamu tidur untuk menenangkan pikiran terlebih dahulu. Barangkali, inspirasi yang kamu cari akan datang menghampirimu melalui mimpi sebagai bunga tidur.

Oggi Sandria Photo Community Writer Oggi Sandria

Seorang mahasiswa di fakultas sastra dan lelaki yang hobi menulis. Saya juga seorang blogger di mogimogy.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You