Comscore Tracker

Resolusimu Hanya Berujung Wacana? Mungkin 5 Hal ini Penyebabnya

Apa kabar resolusi tahunanmu?

Pergantian tahun menuju 2020 tinggal hitungan hari. Banyak yang sudah mulai terbawa euforia tahun baru dengan menyiapkan resolusi yang hendak diraih di tahun esok. Namun, sebelum ikutan larut dalam semangat jelang tahun baru tersebut, ada baiknya kamu sejenak melihat ke belakang. Sudah seberapa jauh resolusi di tahun ini yang benar-benar sudah kamu wujudkan?

Terkadang, semangat baru hanya bergaung di awal tahun, hingga tak jarang daftar panjang resolusi hidup seseorang hanya berujung wacana saja. Jika kamu juga mengalami hal serupa, sudah saatnya kamu melakukan introspeksi diri sendiri. Lima hal berikut bisa jadi adalah penyebab kenapa resolusimu akhirnya banyak yang tak terlaksana. Yuk disimak!

1. Kamu terlalu suka menunda

Resolusimu Hanya Berujung Wacana? Mungkin 5 Hal ini PenyebabnyaPixabay/kaboompics

Jika kamu menghitung jumlah harinya, kamu akan merasa bahwa setahun itu adalah waktu yang panjang. Tapi perasaan masih ada banyak waktu itu adalah indikasi bahwa kamu adalah pribadi yang suka menunda. Terbiasa menunda hal yang kecil akan terbawa pada hal yang besar, terbiasa menunda di awal waktu kamu akan kehilangan banyak kesempatan.

Di tahun baru semangat juga masih baru. Sebaiknya atur kebiasaanmu sejak awal tahun agar kamu tidak terjebak dalam kebiasaan bermalasan. Gunakan waktu di awal tahun untuk langsung melakukan eksekusi terhadap rencana-rencana yang telah kamu persiapkan. Semakin cepat kamu bergerak, semakin mudah kamu menjaga semangat dirimu hingga akhir tahun.

2. Kamu kurang fokus

Resolusimu Hanya Berujung Wacana? Mungkin 5 Hal ini PenyebabnyaPixabay/Pexels

Terdorong oleh semangat menghadapi tahun baru, tak jarang orang-orang mempersiapkan belasan bahkan puluhan resolusi untuk satu tahun. Seolah-olah rencana yang banyak itu mampu ia kejar semuanya. Padahal tuntutan yang terlalu banyak pada diri sendiri justru bisa menekan dirimu hingga menghilangkan fokus. Tidak masalah jika kamu menyusun beberapa rencana, tapi yang jelas target-target tersebut benar-benar terukur.

Tips seru yang bisa kamu lakukan adalah membuat list apa saja yang ingin kamu lakukan di tahun depan. Setelah kamu mendapatkan daftarnya, cobalah bagi ke dalam tiga kelompok. Tempatkan hal-hal paling penting di daftar pertama, masukkan yang tidak begitu penting di kelompok ke dua. Sedangkan hal-hal lain yang kemungkinan hanya akan mengacaukan fokus pada kelompok pertama dan kedua, masukkan ke dalam daftar ke tiga.

Daftar prioritas ini akan membantumu untuk tetap fokus dalam mewujudkan resolusi hidupmu.

Baca Juga: 5 Aplikasi Wajib untuk Memulai Resolusi Hidup Lebih Baik di Tahun 2020

3. Kamu mudah kehilangan kepercayaan diri

Resolusimu Hanya Berujung Wacana? Mungkin 5 Hal ini PenyebabnyaPixabay/Foundry

Sebagaimana sebuah cita-cita, resolusi hidup juga butuh banyak pengorbanan dalam mewujudkannya. Kamu mesti berjuang agar apa yang kamu impikan bisa terlaksana. Tapi, tidak ada jaminan semuanya akan lancar-lancar saja. Kendala pasti ada.

Jangan kehilangan kepercayaan diri hanya karena disandung oleh beberapa halangan dan bahkan kegagalan. Tugasmu adalah berproses, bukan menciptakan hasil. Ketika kamu telah memberikan effort yang maksimal, hasil terbaik akan diberikan Tuhan sebagai imbalan untukmu.

4. Kamu belum mampu memotivasi diri sendiri

Resolusimu Hanya Berujung Wacana? Mungkin 5 Hal ini PenyebabnyaPixabay/Free-Photos

Ibaratnya misi hidup, resolusi akan membuat hidupmu jadi terarah. Tapi resolusi cemerlang yang telah kamu susun di awal tahun itu tetap tak akan ada artinya jika tak kamu lakukan. Kamu perlu untuk selalu menumbuhkan motivasi dari dalam diri untuk terus bergerak dalam hidup.

Beranilah untuk memotivasi diri sendiri demi hidup yang lebih baik, jangan menunggu dorongan semangat dari orang lain. Begitu satu rencanamu telah terlaksana, lakukan sesuatu yang menyenangkan sebagai bentuk penghargaan terhadap dirimu sendiri. Setelah itu, segeralah melakukan rencana berikutnya sambil memikirkan suatu perayaan lain yang akan kamu lakukan setelah rencana ke dua ini juga telah selesai. Ini adalah cara ampuh untuk tetap menjaga motivasi dalam dirimu.

5. Waktumu banyak habis untuk hal-hal yang tidak berfaedah

Resolusimu Hanya Berujung Wacana? Mungkin 5 Hal ini PenyebabnyaPixabay/Vilandrra

Jauhkan dirimu dari kegiatan tidak berfaedah jika kamu ingin sukses dengan resolusi hidupmu. Buat daftarnya dan cobalah mengurangi waktumu di sana agar kamu punya banyak kesempatan untuk melakukan hal-hal penting dalam hidupmu.

Barangkali di 2019 ini atau juga di tahun-tahun sebelumnya waktumu terlalu banyak habis untuk sosial media, game, jalan-jalan, rebahan atau bahkan obrolan tidak jelas bersama teman-teman. Tanamkan tekad di hatimu untuk mengubah kebiasaan itu di 2020.

Itulah lima kebiasaan yang bisa membuat resolusi yang kamu canangkan tiap menyongsong tahun baru selalu gagal. Yuk ubah kebiasaanmu di tahun baru 2020!

Baca Juga: 6 Resolusi Tahun Baru yang Tepat Buat Si INFJ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya