Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love pada Diri Sendiri

#IDNTimesLife Yuk, coba diterapkan

Hayo siapa nih dari kalian yang belum bisa self love pada diri sendiri? Eitss, sebelum membahas panjang lebar, sebenarnya apa sih itu self love? Ya benar sekali, self love yaitu usaha kita untuk mencintai diri sendiri. Sekarang sudah berapa besar usahamu untuk melakukan hal tersebut? Hmm, cinta pada diri sendiri itu penting lho, guys.

Karena sebelum membagi cinta pada orang lain, kamu harus bahagia, menerima, dan bangga pada diri sendiri lebih dulu. Nah, berikut lima cara sederhana meningkatkan self love pada diri sendiri yang bisa kamu coba. 

1. Selalu mengusahakan waktu untuk me time

5 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love pada  Diri Sendiriilustrasi orang sedang istirahat (pexels.com/@Roman Odintsov

Cara pertama untuk meningkatkan self love pada diri sendiri yaitu, selalu mengusahakan waktu untuk me time. Katanya cinta pada diri sendiri, ingin buat dirimu bahagia, maka sesibuknya dengan pekerjaan, dengan kegiatan atau aktivitas yang padat sempatkan waktumu untuk me time.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan nonton film, membaca buku, menekuni hobi, atau kegiatan lain yang kamu suka. Jangan malah malas-malasan dan cuma buang-buang waktu saja. Intinya sih waktu me time ini gunakan untuk me-refresh pikiran dan buat dirimu bahagia. 

2. Lebih mensyukuri hidup

5 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love pada  Diri Sendiriperempuan berdiri (pexels.com/@pixabay)

Untuk meningkatkan self love pada diri sendiri, cobalah untuk lebih bersyukur. Jika merasa hidupmu selalu kurang, gak pernah puas pada pencapaian yang telah diraih, mungkin kamu kurang bersyukur. Maka mulailah mensyukuri pada hal kecil terlebih dahulu, bersyukur punya hidup yang layak, masih punya pekerjaan, dsb.

Pasalnya, di luar sana banyak orang yang hidupnya gak seberuntung kamu saat ini. Maka cintai diri sendiri dengan lebih mensyukuri hidupmu yang sekarang.   

3. Jangan lupa untuk mengapresiasi diri

5 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love pada  Diri Sendiriseorang wanita (pexels.com/@Lucas Allmann)

Poin selanjutnya yaitu, jangan lupa untuk mengapresiasi diri. Sesekali kamu bisa memberi reward pada diri sendiri saat berhasil menyelesaikan proyek penting dari atasan misalnya, atau ketika kamu berhasil mencapai sesuatu. Setelah capek-capek berjuang, kamu bisa apresiasi dengan makan enak misalnya, nonton drama Korea, kulineran sepuasnya, pergi ke tempat yang diinginkan tanpa harus memegang gadget, dsb. 

Tapi ingat ya guys, jangan berlebihan secukupnya saja. Setelah puas, bisa melanjutkan perjalananmu kembali. Jangan sampai malah kebablasan yang akibatnya jadi rugi sendiri. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Love yang Bantu Hidupmu Lebih Positif

4. Tidak membandingkan hidupmu dengan orang lain

5 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love pada  Diri Sendiriilustrasi pria (Pexels.com/Minervastudio)

Cara sederhana selanjutnya yaitu, dengan tidak membandingkan hidupmu dengan orang lain. Hayo siapa nih yang masih suka banding-bandingin hidup? Entah itu dalam pencapaian, terhadap karier, urusan pribadi, dsb. Bagaimana mau cinta pada diri sendiri Kalau kamu saja masih hobi memusingkan hidup orang lain. 

Mulai sekarang berhenti ya, sayangi fisik dan mentalmu. Jangan sampai jadi stres sendiri karena memikrikan apa yang gak perlu dipikirkan. Cintai dirimu, karena kamu berharga. 

5. Mengusir hal-hal negatif dalam diri

5 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love pada  Diri Sendiriseorang wanita (pexels.com/@Bruno Salvadori)

Poin terakhir yaitu, dengan mengusir hal-hal negatif dari pikiranmu. Kadang nih sumber kekacauan, batin tidak tenang, dan gak merasa cinta pada diri sendiri karena pikiran kita hanya berisi hal-hal negatif saja. Kamu sering merasa gak cantik, insecure terhadap orang lain, dan rendah diri.

Oleh karena itu coba deh setiap kali berkaca bicara pada sendiri dengan kalimat "kamu itu berharga", "kamu cantik", "aku pasti bisa", dan kalimat positif yang lain. Percaya deh dengan menanamkan sugesti positif, pikiranmu jadi tenang dan lebih bisa menerima keadaan sendiri. 

Itulah lima cara sederhana meningkatkan self love pada diri sendiri. Jadi, gak usah merasa insecure dan rendah diri, kamu harus bahagia dengan hidupmu saat ini. 

Baca Juga: 5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuh

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya