Comscore Tracker

Komunitas Sing Your Mind, Persiapkan Anak Muda Raih Pekerjaan Impian

#Komunitas yang bikin kamu fasih Public Speaking

Dalam feature komunitas bulan Januari ini, ada Sing Your Mind yang menarik perhatian saya. Pasalnya, setelah sebelumnya berputar dalam komunitas menulis atau literasi, kali ini merupakan komunitas public speaking yang belum pernah saya tahu sebelumnya.

Berhasil menemui Octiana Nuhraga, founder Sing Your Mind, kami memilih salah satu tempat makan yang ada di Surabaya untuk membahas tentang kominitas yang didirikannya bersama partner, Ian.

Jadi, bisa tolong dijelaskan Sing Your Mind itu apa?

Sing Your Mind itu komunitas public speaking. Jadi kami sering bikin kelas untuk umum dan itu free, gak dipungut biaya. Kami bikin itu rutin. Jadi dulu waktu awal itu sebulan sekali, terus dua bulan sekali, sampai sekarang kami adalah empat bulan sekali.

Dari kapan Sing Your Mind ini terbentuk?

Tahun 2016.

Komunitas Sing Your Mind, Persiapkan Anak Muda Raih Pekerjaan ImpianInstagram.com/singyourmind_id

Kenapa memutuskan untuk membentuk komunitas ini?

Sebenarnya alasannya lebih ke pribadi. Jadi dulu itu aku pengen beasiswa untuk sekolah ke luar (negeri), tapi IP ku pas-pasan. Harusnya kan minimal 3,25 tapi aku waktu itu gak sampai segitu. Akhirnya berdasarkan info dari banyak teman, katanya untuk menunjang nilaiku yang kurang, aku harus punya project yang kuat yang berguna buat banyak orang.

Makanya aku bikinlah Sing Your Mind. Karena di awalnya dulu kan aku sudah siaran (radio) kan. Dan dapet ilmu dari situ gratis, makanya pengen bagikan itu juga ke orang lain dengan gratis juga. Terus alasan lain itu untuk branding diri sendiri.

Kamu memang suka dengan public speaking ini atau gimana?

Kebetulan aku lebih suka jadi guru. Dan aku punyanya pengalaman public speaking. Kalo background pendidikanku sih dulu hukum.

Anggotanya ada berapa sekarang?

Tiap kelas itu ada 30 orang. Nah orang di kelas itu kami sebut dengan alumni, dan karena kami bikinnya per chapter, sekarang sudah 14 chapter. Jadi itung-itungan kasarnya, sekarang sudah ada 400an orang.

Komunitas Sing Your Mind, Persiapkan Anak Muda Raih Pekerjaan ImpianInstagram.com/singyourmind_id

Lalu pengurusnya sendiri bagaimana?

Nah, anggota atau alumni itu bukan pengurus. Yang pengurus itu kami sebut magang ada lima sampai sepuluh orang. Setiap 4 bulan itu kami bikin magang baru, pergantian anak magang lah istilahnya. Dan tiap ada event atau kelas yang kami bikin, yang menjalankannya ya magang itu tadi.

Tugas dari magang di Sing Your Mind ini apa?

Banyak banget. Mulai dari konsep acaranya, bikin kelas di mana, mau berapa orang per kelas, rundownnya, dealing tempatnya, nyari speaker dan lain sebagainya.

Selain buka kelas, ada kegiatan apa lagi yang dilakukan oleh SYM?

Ada media visit, gathering, workshop, table talk, kalau table talk itu harus alumni. Dia apply lagi supaya bisa ngobrol selama satu sampai dua jam sama narsum, itu hanya untuk 6 orang aja, biar intens, nah diadakannya juga empat bulan sekali.

Outputnya sendiri bagaimana?

Outputnya itu soft skill ya. Jadi yang ikut di kami sebisa mungkin pasti dapat ilmu yang berguna buat dia ke depannya. Makanya kami banyaknya main di offline, kalau sosmed biasanya cuma kami pakai untuk sebar poster aja.

Kalau misalnya ada orang pengen join Sing Your Mind sebagai pengurusnya itu bagaimana?

Itu terbuka untuk umum, kok. Jadi kan pengurus itu kami menyebutnya dengan magang. Itu bisa siapa aja yang mau bisa daftar.

Komunitas Sing Your Mind, Persiapkan Anak Muda Raih Pekerjaan ImpianInstagram.com/singyourmind_id

Rencana terdekat yang mau dilakukan?

Ini sekarang lagi perekrutan anak magang sih, terus interview dan nanti disambung sama gathering. Nah nanti di situ ada sharing session. Sama Januari nanti ada media visit ke radio.

Kamu kan sekarang selain founder juga pengawas, kan, ada rencana untuk mendelegasikan tugas itu pada yang lain, gak?

Untuk sekarang ini sih belum ada. Mungkin nanti kalau aku keterima beasiswa ya, hehe.

Baca Juga: Komunitas KPop Cafe Surabaya : Tempatnya Semua Fandom Korea Kumpul

Terus dari Sing Your Mind ini apa yang kamu dapat?

Komunitas Sing Your Mind, Persiapkan Anak Muda Raih Pekerjaan ImpianInstagram.com/singyourmind_id

Ini non profit ya jadi aku gak dapat apa-apa sebenarnya. Cuma karena adanya komunitas ini, aku kan dapet branding diriku sendiri sehingga itu jadi profit buat aku.

Karena ini non profit yang artinya gak menghasilkan uang, ada gak sih iuran khusus di SYM?

Gak ada sama sekali. Kami malah keluarkan uang sendiri untuk mengurus semuanya. Kalo ada kelas atau acara tertentu ya cari sponsor. Untuk iuran sendiri memang dari awal kami gak ada.

Ada tagline khusus?

Ada. Sing what you love, love what you sing.

Harapannya apa sih untuk Sing Your Mind ini?

Pengennya sih temen-temen bisa kerja di bidang yang mereka mau nantinya. Jadi Sing Your Mind ini bisa jadi sarana yang tepat buat mereka sebelum nantinya terjun ke dunia pekerjaan. Karena public speaking kan gak harus di depan layar, kan. Di mana saja sebenernya ini dibutuhkan. Ya semoga aja ini bisa jadi pembelajaran yang pas buat mereka.

Komunitas Sing Your Mind, Persiapkan Anak Muda Raih Pekerjaan ImpianInstagram.com/singyourmind_id

Sing Your Mind adalah sebuah komunitas di mana kamu bisa menggali bakat public speaking kamu dan berkumpul bersama teman-teman yang memiliki ketertarikan di bidang yang sama. Buat kamu yang ingin mengenal lebih jauh soal komunitas ini, kamu bisa kunjungi website mereka di singyourmind.com atau akun instagramnya @singyourmind_id.

Komunitas Sing Your Mind, Persiapkan Anak Muda Raih Pekerjaan ImpianInstagram.com/singyourmind_id

Nah, buat kamu yang juga memiliki komunitas dan berpikir bahwa komunitasmu layak dikenal oleh masyarakat luas dan mampu menginspirasi, IDN Times dengan senang hati akan me-review komunitasmu. Mudah saja, kamu bisa langsung email ke alamat stella.azasya@idntimes.com, ya! Sampai bertemu di komunitas selanjutnya!

Baca Juga: Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak Dibayar

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya