Comscore Tracker

8 Tanda Depresi yang Harus Dikenali Sebelum Semuanya Terlambat

Ketahuilah dan tolonglah jika temanmu seperti ini

Banyak orang masih saja meremehkan depresi yang terjadi terhadap orang lain. Cuek, bahkan menganggap orang yang mengalaminya hanya cari perhatian saja. Padahal kamu tidak akan pernah tahu kalau kamu tidak mencoba untuk peduli padanya.

Berikut adalah 8 tanda depresi yang harus kamu kenali. Jika orang di sekitarmu terlihat mengalami ini, saatnya kamu menyebarkan empati untuknya.

Baca Juga: Depresi hingga Tak Bisa Mandi dan Makan, Waspadai Depresi Mayor

1. Tidak memiliki kepercayaan diri

8 Tanda Depresi yang Harus Dikenali Sebelum Semuanya Terlambattheodysseyonline.com

Dia sangat minderan dan tidak yakin dengan dirinya sendiri. Saat orang lain santai-santai saja, dia berpikir keras apakah dia cukup baik atau tidak. Orang dengan depresi adalah orang yang tertekan, tapi tidak tahu siapa yang bisa dijadikan pegangan.

2. Kadang bisa tertawa dan memberi motivasi, kadang hanya diam dan tidak bersemangat

8 Tanda Depresi yang Harus Dikenali Sebelum Semuanya TerlambatUnsplash.com/Thought Catalog

Dia memiliki mood yang berubah-ubah. Kadang dia bisa tertawa dan memotivasi orang lain, kadang juga dia bisa diam dan terlihat malas. Tapi kebanyakan, orang dengan depresi akan menutupinya dari orang lain karena dia berpikir tidak akan ada orang yang peduli.

3. Tidak pernah terlihat terlalu dekat dengan siapapun

8 Tanda Depresi yang Harus Dikenali Sebelum Semuanya TerlambatUnsplash.com/Paola Chaaya

Dia lebih suka sendiri. Sekalipun punya teman, dia tidak benar-benar dekat dengan temannya itu. Dia selalu lebih nyaman dengan kesendirian.

4. Tidak pernah terbuka tentang apapun

8 Tanda Depresi yang Harus Dikenali Sebelum Semuanya TerlambatUnsplash.com/Alex Ivashenko

Orang yang menderita depresi cenderung tidak percaya dengan siapapun bahkan teman sekalipun. Makanya dia selalu tertutup dan merasa terganggu saat ada orang lain yang mencoba bertanya padanya.

Baca juga: 7 Hal yang Gak Akan Pernah Kamu Tahu Kalau Kamu Bukan Pemalu

5. Tidak stabil dalam hal emosi atau mudah marah

8 Tanda Depresi yang Harus Dikenali Sebelum Semuanya TerlambatUnsplash.com/Alex Ivashenko

Bisa dengan mudah gusar dan marah walau sedetik sebelumnya biasa saja. Orang yang menderita di dalam hatinya cenderung tidak tahu bagaimana mengekspresikannya sehingga akan kacau kalau ada hal yang tidak sesuai terjadi.

6. Mengekspresikan kenegatifan

8 Tanda Depresi yang Harus Dikenali Sebelum Semuanya TerlambatUnsplash.com/George Gvasalia

Dalam perkataannya, biasanya seseorang dengan depresi akan selalu berpikir negatif dan mengatakan hal yang negatif juga. Orang seperti ini seperti tidak memiliki semangat lagi untuk menjadi positif.

7. Memiliki kesehatan yang tidak stabil

8 Tanda Depresi yang Harus Dikenali Sebelum Semuanya TerlambatUnsplash.com/Benjamin Combs

Karena orang yang mengalami depresi selalu mengalami susah tidur dan tidak memiliki nafsu makan, makanya wajar saja jika kesehatannya sering naik turun.

8. Kebas dan terlihat berhati dingin

8 Tanda Depresi yang Harus Dikenali Sebelum Semuanya TerlambatUnsplash.com/Ben Blennerhassett

Tidak mudah marah, tidak mudah senang, tidak mudah menangis atau tertawa. Biasanya seseorang yang sudah dalam tahap ini, sudah tidak bisa merasakan apa-apa lagi. Dia hanya tersenyum di bibir tapi sangat kacau di dalam hati.

Jangan menganggap enteng perkara batin seseorang. Faktanya, semua orang bisa mengalaminya. Bukan karena tidak kuat mental, tapi justru karena tidak adanya pegangan yang bisa dijadikan harapan. Bantu orang seperti itu untuk membuatnya tetap bertahan. Keberadaanmu bisa jadi satu-satunya hal yang dia butuhkan.

Jika kamu membutuhkan seperti ini, atau orang yang kamu kenal seperti ini. Kamu bisa mendapatkan informasi dan konsultasi terkait depresi dengan menghubungi beberapa kontak di bawah ini:

  • NGO Indonesia: Jangan Bunuh diri || telp: (021) 9696 9293 || email: janganbunuhdiri@yahoo.com
  • Organisasi INTO THE LIGHT || message via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID) || direct message via Twitter: @IntoTheLightID
  • Kementrian Kesehatan Indonesia || telp: (021) 500454

Baca juga: Berkaca dari Kasus Jonghyun, Ini Tanda Seseorang Akan Bunuh Diri

Topic:

  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya