Comscore Tracker

5 Etika yang Perlu Ditaati sebelum Meminta Bantuan Orang Lain

Meminta bantuan itu ada etikanya ya!

Manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Setiap orang dituntut untuk saling membantu agar memudahkan semua urusannya. Namun dalam meminta bantuan itu memiliki sebuah etika yang harus ditaati.

Hal tersebut berguna agar tidak timbul sikap semena-mena ketika meminta tolong kepada orang lain. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai etika apa saja yang dimaksud di atas, cobalah untuk simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan pernah lupa untuk menyelipkan kata "tolong"

5 Etika yang Perlu Ditaati sebelum Meminta Bantuan Orang Lainpexels.com/nappy

Menyelipkan kata "tolong" adalah sesuatu yang wajib dilakukan agar timbul kesan baik. Jika tidak menyelipkan kata tersebut, orang lain akan menganggap bahwa kamu hanya menyuruhnya. Mereka pasti tidak akan menghargai perlakuan tersebut karena cenderung tidak sopan.

Maka dari itu mulai sekarang jangan pernah lupa untuk melakukan hal itu. Meskipun dalam keadaan genting sekalipun, jangan pernah lupa untuk menggunakan kata tersebut agar kesalahpahaman tidak terjadi.

2. Pastikan terlebih dahulu bahwa dia sedang tidak sibuk

5 Etika yang Perlu Ditaati sebelum Meminta Bantuan Orang Lainpexels.com/LinkedIn Sales Navigator

Salah satu hal yang cukup penting sebelum meminta bantuan kepada orang lain adalah pastikan dulu dia sedang tidak sibuk. Hal tersebut wajib dilakukan karena setiap orang pasti memiliki kesibukannya masing-masing. Jika sedang tidak sibuk, dia gak akan segan-segan untuk membantumu.

Cobalah untuk senantiasa memastikan kondisinya agar kesalahpahaman tidak terjadi. Sebelum meminta bantuan, cobalah untuk tanyakan kepadanya perihal kesibukannya pasa saat itu. Dia pasti akan lebih menghargaimu jika kamu melakukan hal tersebut.

3. Jika tidak mau, jangan terlalu memaksa

5 Etika yang Perlu Ditaati sebelum Meminta Bantuan Orang Lainpexels.com/mentatdgt

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti memiliki kesibukannya sendiri-sendiri. Jika dia menolak untuk membantumu, jangan sesekali memaksanya karena hal tersebut bisa membuatnya jadi jengkel. Oleh karena itu memaksa adalah hal yang pantang dilakukan.

Lagipula mungkin dia juga punya kesibukan lain yang lebih oenting sehingga tidak bisa menolongmu. Cobalah untuk lebih bisa menempatkan diri menjadi seseorang yang lebih pengertian kepada orang lain ketika mau meminta tolong.

Baca Juga: 6 Etika yang Baik Saat Memperkenalkan Teman Lawan Jenis pada Pasangan

4. Jangan lupa untuk memberikan imbalan meskipun dia tidak meminta

5 Etika yang Perlu Ditaati sebelum Meminta Bantuan Orang Lainpexels.com/daria shevtsova

Memberikan imbalan setelah diberi bantuan oleh orang lain adalah hal yang sebenarnya perlu dilakukan. Hal tersebut dilakukan semata-mata hanya untuk mengapresiasi dia yang rela menolongmu ketika sedang susah.

Meskipun tidak meminta, tetapi cobalah untuk memberinya imbalan atau sekadar mentraktir dia makan. Dia pasti akan merasa sangat dihargai jika kamu melakukan hal tersebut. Tidak perlu mewah-mewah yang penting ada sesuatu untuk bisa diberikan.

5. Jika dia belum bisa menolongmu, jangan membicarakannya di belakang

5 Etika yang Perlu Ditaati sebelum Meminta Bantuan Orang Lainpexels.com/cottonbro

Ketika dia tidak bisa membantumu, kamu tidak boleh membicarkan hal tersebuy di belakangnya. Ingatlah sekali lagi bahwa setiap orang pasti memiliki kesibukannya masing-masing. Jika tidak menolongmu, bukan berarti dia gak peduli kepadamu.

Cobalah untuk lebih mengerti orang lain perihal hal tersebut. Hindari membicarakan ketidakmauannya tersebut di belakang karena hal tersebut bisa saja malah menjadi bumerang untukmu. Dia pasti akan memusuhimu jika hal tersebut kamu lakukan.

Itulah kelima etika yang perlu ditaati sebelum meminta bantuan kepada orang lain. Meskipun sedang dalam keadaan susah, jangan pernah lupakan etika ya!

Baca Juga: 7 Etika Tidak Tertulis yang Wajib Dipahami Saat Ketemu Teman Pasangan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya