Comscore Tracker

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Bersyukur di Tengah Situasi Sulit

Kamu harus senantiasa bersyukur bagaimanapun kondisinya!

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang harus bersyukur dalam menjalani hidup. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa merasakan bagaimana definisi kebahagiaaan yang sesungguhnya. Namun, tidak semua orang mampu bersyukur jika berada di tengah situasi sulit.

Entah itu ada permasalahan pribadi atau terkait pekerjaan, orang tersebut cenderung menyalahkan keadaan. Padahal hal itu gak boleh dilakukan karena hanya akan menimbulkan dampak buruk. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar kamu bisa bersyukur di tengah situasi sulit. Simak pembahasan berikut ini.

1. Cobalah untuk mengenali kemampuan yang kamu miliki

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Bersyukur di Tengah Situasi Sulitilustrasi merenung (unsplash.com/Mimi Thian)

Jika menghadapi situasi sulit, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali diri sendiri. Terakadang, situasi sulit akan mudah dihadapi jika kamu paham bagaimana kemampuanmu sederhana. Hal itu akan mendorongmu untuk mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan namun sesuai dengan dirimu.

Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk belajar mengenali dirimu sendiri terlebih dahulu. Pasti ada beberapa hal yang bisa mendorongmu untuk mudah menyelesaikan berbagai macam situasi sulit. Jika hal tersebut dilakukan secara konsisten, maka kamu pasti akan mudah mengendalikan semua keadaan dengan bersyukur.

2. Jangan pernah lupa untuk sering mengapresiasi setiap pencapaian kecil

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Bersyukur di Tengah Situasi Sulitilustrasi tertawa (unsplash.com/Brooke Cagle)

Jika kamu stuck di satu titik, cobalah untuk mengapresiasi setiap pencapaian yang sudah diraih. Hal tersebut bisa membuatmu mudah bersyukur di tengah keadaan yang ada. Lagipula, mengapresiasi diri sendiri bisa memantik munculnya kebahagiaan hidupmu, lho!

Tidak perlu dengan hal yang kelihatannya mewah, kamu bisa berterima kasih kepada diri sendiri terlebih dahulu. Dengan hal tersebut, kamu pasti bisa mensyukuri terhadap apa yang sudah terjadi selama ini meskipun sekarang sedang menghadapi situasi sulit.

3. Senantiasa mengingat bahwa kamu memiliki tekad yang kuat

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Bersyukur di Tengah Situasi Sulitilustrasi merenung (unsplash.com/Jonas Leupe)

Pada dasarnya, setiap orang pasti memiliki kekuatan hati yang berbeda. Hal tersebut juga berpengaruh pada tekad seseorang dalam menghadapi sebuah permasalahan. Dengan adanya hal tersebut, kamu juga perlu menyadari bagaimana kekuatan hatimu yang sebenarnya.

Jika sudah sampai di situasi sulit semacam ini, bisa dikatakan bahwa kamu memiliki mental yang kuat. Kamu harus menyadari kekuatan tersebut untuk memantik semangat dalam menghadapi semua situasi sulit. Alhasil, kamu juga akan mudah bersyukur terhadap apapun kesulitan yang terjadi saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sulit Tidur saat Hamil, Gak Sulit!

4. Jangan pernah lupa untuk selalu mendekatkan diri dengan Tuhan

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Bersyukur di Tengah Situasi Sulitilustrasi berdoa (unsplash.com/Diana Simumpande)

Banyak orang yang cenderung melupakan Tuhan ketika mereka berhasil meraih pencapaian hidup. Namun, mereka akan berbondong-bondong kembali ke Tuhan saat keadaan menjadi sulit. Hal tersebut sebenarnya merupakan hakikat manusia yang mudah melupakan segalanya ketika berhasil meraih kesukesan.

Kamu pantang melakukan hal semacam itu sebab Tuhan memiliki kuasa yang lebih besar dari bayanganmu. Entah di keadaan susah ataupun senang, kamu harus senantiasa mendekatakan diri dengan Tuhan agar bisa mendapatkan pedoman hidup.

5. Stop melihat keberhasilan orang lain yang jauh melampauimu

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Bersyukur di Tengah Situasi Sulitilustrasi merenung (unsplash.com/emgin akyurt)

Agar bisa lebih bersyukur dalam menghadapi situasi sulit, kamu harus berhenti melihat pencapaian-pencapaian orang lain. Setiap orang memang diciptakan dengan sifat ingin menjadi yang terbaik di dunia ini. Namun, hal tersebut hanya akan membuang waktumu.

Jika ingin keluar dari situasi sulit, kamu harus berani melangkah dan fokus terhadap penyelesaian masalah. Selain itu, terbiasa melihat kesuksesan orang lain hanya akan membuatmu meremehkan diri sendiri. Jangan lakukan hal semacam itu karena hanya akan membuat hidupmu tidak tenang.

Meskipun menghadapi situasi sulit, mau tidak mau kamu harus membiasakan diri untuk bersyukur. Hal tersebut pasti akan membuatmu mudah keluar dari keadaan yang memberatkan semacam itu. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Proses Penyelesaian Masalah ketika Menghadapi Situasi Sulit

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya