Comscore Tracker

Kisah Fatimah az-Zahra, Putri Rasulullah yang Penuh Teladan

#RamadanDiRumah Fatimah adalah sosok sabar dan pekerja keras

Fatimah az-Zahra adalah putri Rasulullah SAW yang memiliki kisah hidup inspiratif. Ketika mengenang putri nabi tersebut, kita seakan diingatkan kembali tentang pentingnya memupuk rasa syukur serta kesabaran.

Berikut ini telah IDN Times rangkum sifat-sifat teladan dari sosok Fatimah. Simak artikel di bawah ini!

1. Lembut dan santun

Kisah Fatimah az-Zahra, Putri Rasulullah yang Penuh TeladanIDN Times/Rizka Yulita

Siti Fatimah az-Zahra atau yang berarti "gadis yang lembut hatinya dan selalu berseri-seri" adalah anak dari pernikahan Rasulullah SAW dengan Khadijah binti Khuwalid. Sebagaimana arti namanya, Fatimah tumbuh menjadi perempuan yang lembut dari tutur kata hingga perbuatannya.

Dalam suatu masa, Aisyah bahkan pernah mengatakan, "Tidak pernah aku melihat seseorang yang lebih mirip cara bicaranya seperti Rasulullah seperti Fatimah".

Selain itu, ada banyak kisah yang merangkum bagaimana hubungan harmonis antara Fatimah dengan ayahnya. Dikisahkan bahwa ia selalu menyambut kedatangan ayahnya dengan ramah dan menciumnya.

2. Sosok yang sederhana dan pekerja keras

Kisah Fatimah az-Zahra, Putri Rasulullah yang Penuh TeladanIDN Times/Rizka Yulita

Pernikahannya dengan Ali Bin Abi Thalib dilalui dengan banyak tantangan. Meskipun berasal dari keluarga yang terpandang, Fatimah gak serta-merta menjadi sosok yang hidup mewah dan bergelimang harta.

Masalah finansial dirasakan oleh kedua pasangan ini. Akan tetapi, Fatimah tetap memupuk rasa syukur dan bekerja keras untuk membantu sang suami memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

3. Punya sifat yang dermawan dan gemar membantu sesama

Kisah Fatimah az-Zahra, Putri Rasulullah yang Penuh TeladanIDN Times/Rizka Yulita

Pada suatu masa, datanglah seorang musafir ke hadapan nabi. Ia meminta bantuan karena kehabisan makanan, ongkos pulang, serta pakaian. Mendengar hal itu, nabi meminta orang tersebut untuk mendatangi Fatimah.

Seperti dugaan nabi, putrinya langsung menyambut musafir tersebut dan memberi kalung hadiah pernikahan dari sang suami. Fatimah mengatakan, "Juallah kalung ini! Mudah-mudahan harganya cukup untuk memenuhi kebutuhanmu."

Singkat cerita, kalung itu berhasil dijual. Musafir itu pun terpenuhi kebutuhannya.

Baca Juga: 5 Sikap Teladan yang Wajib Kamu Tiru dari Sosok Khalifah Abu Bakar

4. Tetap bersabar meski menghadapi banyak cobaan hidup

Kisah Fatimah az-Zahra, Putri Rasulullah yang Penuh TeladanIDN Times/Anjani Eka Lestari

Sejak kecil, Fatimah telah menghadapi serentetan peristiwa yang menyedihkan. Dari mulai kehilangan anggota keluarga, ditinggal pergi orang terdekat, hingga melihat bagaimana masyarakat memperlakukan ayahnya.

Akan tetapi, ia tetap sabar. Ia juga bersikap rendah hati dalam menjalani kehidupan.

5. Pribadi yang kuat dan teguh

Kisah Fatimah az-Zahra, Putri Rasulullah yang Penuh TeladanIDN Times/Anjani Eka Lestari

Pengalaman hidup tersebut membuat Fatimah tumbuh sebagai sosok perempuan yang bijaksana, sabar, dan kuat. Ia tak gentar membela kebenaran, menghadapi kaum kaum quraisy, dan bekerja keras untuk membantu keberlangsungan hidup keluarga.

Pada usia ke-28, Fatimah kembali ditimpa kesedihan yang mendalam setelah kehilangan sosok ayahnya, Rasulullah SAW. Setengah tahun setelahnya, Fatimah pun berpulang ke Rahmatullah.

Itu dia 5 sifat teladan dari sosok Fatimah az-Zahra. Semoga menginspirasi, ya!

Baca Juga: 5 Sikap Teladan dari Usman bin Affan, Sahabat Nabi yang Paling Pemalu

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya