Comscore Tracker

5 Tips Agar Kamu Bisa Lebih Mandiri, Biar Gak Dicap Anak Manja Lagi!

Simak baik-baik, ya!

Gak bisa dimungkiri bahwa pembawaanmu yang gampang meminta pertolongan orang lain membuatmu dicap sebagai anak manja. Bukan hanya kerap gak dihargai, gak jarang kamu bahkan dianggap tidak bisa melakukan apa-apa tanpa orang lain.

Harus kamu ubah, ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar dapat menjadi pribadi yang lebih mandiri. Banyak manfaatnya, berikut adalah lima tips agar kamu gak dicap sebagai anak manja lagi. Yuk, keep reading! 

1. Kurangi mengeluh dan cari solusi secepatnya setiap ada masalah

5 Tips Agar Kamu Bisa Lebih Mandiri, Biar Gak Dicap Anak Manja Lagi!Pexels.com/RODNAE Productions

Terlalu sering mengeluh membuatmu tampak sebagai sosok manja yang kurang mandiri. Namanya hidup memang gak pernah ada yang benar-benar mulus. Dibandingkan kamu mengeluh, mulai sekarang, biasakanlah untuk belajar mencari solusi untuk setiap masalahmu.

Biasanya, sifat mandiri justru timbul saat kamu berani menghadapi masalah dan bukan berlari tak tentu arah. Dengan terlatihnya kamu menghadapi masalah, secara tidak sadar kamu pun tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dan tidak manja.

2. Biasakan untuk tidak terus-menerus meluapkan emosi dengan menangis meskipun masalahmu pelik

5 Tips Agar Kamu Bisa Lebih Mandiri, Biar Gak Dicap Anak Manja Lagi!Pexels.com/Ivan Samkov

Menangis memang bisa membuat hati seseorang yang tengah terluka terasa lebih lega. Namun, jika kamu terus-terusan memperlihatkan tangismu kepada banyak orang, yang ada kamu hanya dinilai sebagai anak manja. Meskipun tangis tidak bisa dijadikan indikator sifat kekanak-kanakan, bukan berarti kamu bisa meluapkan emosi tersebut tanpa kenal tempat.

Menangis itu sah-sah saja jika kamu lakukan sesekali. Namun, kamu harus pastikan bahwa seusai puas menangis, kamu bisa kembali berdiri. Kamu harus ingat bahwa menangis memang bisa membantumu meluapkan emosi, tetapi tidak bisa menyelesaikan masalah yang kamu alami.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Meluapkan Emosi di Sembarang Tempat

3. Sering tuliskan unek-unekmu pada sebuah buku khusus

5 Tips Agar Kamu Bisa Lebih Mandiri, Biar Gak Dicap Anak Manja Lagi!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Biar kamu gak dicap sebagai anak manja yang bisanya mengeluh dan curhat di media sosial, ada baiknya kamu menulis unek-unekmu dalam buku khusus saja. Selain membuat hatimu lebih lapang, kegiatan ini juga bisa menjadi jalan untuk introspeksi diri.

Dengan menulis, mungkin masalahmu gak serta merta selesai, tetapi kegiatan ini dijamin bisa menjadi jalan terapi gratis untuk mengurangi keinginanmu curhat kelewat batas.

4. Coba hal baru atau jalan-jalan jauh sendirian

5 Tips Agar Kamu Bisa Lebih Mandiri, Biar Gak Dicap Anak Manja Lagi!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau biasanya kamu selalu minta ditemani saat melakukan perjalanan jauh, coba, deh, sesekali kamu menjalankan aktivitas ini sendirian. Kamu bisa coba menjadwalkan agenda liburan pribadi dan berlibur ke tempat wisata seorang diri.

Banyak orang yang menyebut bahwa melakukan traveling merupakan jalan untuk menghibur dan mengenali diri sendiri. Secara tidak langsung, kamu juga belajar mengelola waktu, keuangan, dan agenda harianmu tanpa bantuan orang lain.

5. Belajar untuk mengungkapkan pendapat agar orang-orang tahu bahwa kamu punya suara dan pikiran

5 Tips Agar Kamu Bisa Lebih Mandiri, Biar Gak Dicap Anak Manja Lagi!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam hidup, kamu gak wajib untuk mengiyakan dan selalu setuju dengan apa yang dikatakan orang lain. Bisa jadi sebab kamu tak dihargai, menjadi pribadi yang mudah berkata "terserah" membuatmu gampang dikontrol dan didikte.

Kamu harus tahu bahwa seseorang yang mandiri gak akan takut untuk menyatakan pendapat meskipun berlawanan dengan orang lain. Pendapatmu terhadap sesuatu bisa menjadi sumber cara pandang orang lain terhadapmu. Harus berani kamu kemukakan, mulai sekarang, belajarlah untuk menyuarakan pendapat yang kamu punya dan gak asal iya-iya saja.

 

Nah, itulah lima tips agar kamu bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri. Kalau bisa sendiri, jangan biasakan minta bantuan orang lain, ya! Yuk, terapkan biar gak dicap anak manja lagi.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Sudah Kelewat Manja dan Bikin Pacarmu Risi, lho!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya