Comscore Tracker

5 Tips Mengelola Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriage

Nomor 2 paling penting dan jadi solusi hemat yang efektif!

Mengalami hubungan jarak jauh bukan hanya dialami bagi pasangan yang sedang berpacaran, tapi terdapat pula pasangan yang sudah menikah dan harus mengalami situasi yang sama. Situasi ini biasa disebut long distance marriage, kehidupan pernikahan yang harus berjauhan karena tuntutan pekerjaan atau kondisi lainnya.

Masalahnya menjalani long distance marriage harus diiringi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Karena ada dua tempat tinggal dan kebutuhan berbeda yang harus dibiayai setiap bulannya. 

Biar gak beradu argumen terus, berikut 5 tips mengelola keuangan bagi pasangan long distance marriage. 

1. Tentukan budget pengeluaran masing-masing ketika tinggal berjauhan

5 Tips Mengelola Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriagedramabeans.com

Hal yang paling pertama dan penting banget adalah menentukan budget pengeluaran masing-masing. Ketika suami atau istri gak berada di satu tempat tinggal yang sama berarti ada dua keperluan yang harus sama-sama dipenuhi. Misalnya stok makanan di kulkas, biaya perawatan tempat tinggal, ongkos selama bolak-balik berkegiatan dan masih banyak lagi. 

Ini dilakukan demi menciptakan keuangan yang jelas dan tidak terlalu boros karena tinggal berjauhan dan perlu banyak biaya untuk menjalani semuanya. Dengan data kaya gini barang atau keperluan yang bisa dipangkas juga bisa dilakukan demi menghemat uang bulanan.

2. Manfaatkan fasilitas yang ada untuk menghemat

5 Tips Mengelola Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriagedramabeans.com

Long distance marriage umumnya terjadi pada pasangan suami istri yang harus bekerja jauh dari tempat tinggalnya bersama istri dan anak. Dalam urusan pekerjaan seperti ini juga biasanya tersedia fasilitas asrama atau tempat tinggal khusus karyawan. Nah, ini merupakan keuntungan yang bisa meringankan tanggungan bulanan.

Jika tidak usahakan untuk tinggal di tempat kerabat terdekat seperti saudara, selain menghemat biaya sewa, pasangan juga merasa tenang. Meniadakan biaya sewa tempat tinggal juga akan berpengaruh pada biaya lain seperti listrik, air atau perawatan. 

3. Sisihkan dana untuk quality time bersama keluarga

5 Tips Mengelola Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriagedramabeans.com

Karena waktu yang dimiliki tak sebanyak orang lain yang bisa tinggal bersama dan bertemu setiap hari, penting untuk bisa menyisihkan waktu berkualitas dengan keluarga. Sisihkan dana khusus agar rasa rindu dan momen berharga bisa ditebus dalam satu waktu yang bersamaan. Supaya gak berat dana liburan bareng keluarga bisa dicicil setiap bulannya. 

Baca Juga: 16 Lagu Cinta Buat Pasangan yang Baru Long Distance Relationship 

4. Masing-masing saling menyimpan dana darurat

5 Tips Mengelola Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriagedramabeans.com

Selain punya dana liburan ada pula dana darurat yang harus disimpan kedua belah pihak. Baik istri dan suami baiknya memiliki pegangan uang untuk kejadian yang tidak terduga. Karena jarang bertemu maka resiko penanggulangannya pun kemungkinan besar dihadapi sendirian. Ini mengapa dana darurat penting untuk dipegang secara masing-masing. 

5. Memperhitungkan biaya transportasi supaya tetap terpantau

5 Tips Mengelola Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriagedramabeans.com

Saat ada tanggal merah dengan hari kerja kejepit, bawaannya pasti mau pulang dan kumpul sama keluarga. Tapi kalau terus begini bisa-bisa pengeluaran bulanan bisa membengkak! Long distance marriage harus pintar mengatur kapan waktu tepat untuk bertemu dan kapan untuk bisa menahan rindu. Kalau tidak nantinya bisa berpengaruh pada uang bulanan yang terkikis akibat biaya transportasi. 

Beberapa tips di atas tadi bisa dicoba untuk para pasangan yang menjalani long distance marriage. Dengan pengelolaan yang baik urusan keuangan pun gak bakal jadi masalah dan hubungan dengan pasangan serta anak juga bisa terjaga hangat. 

Baca Juga: Bebas Drama, 5 Rahasia Sukses Jalani Long Distance Marriage

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya