Comscore Tracker

Awas Fake Friends, Ini 5 Tanda Kalau Temanmu Palsu Atau Asli Tulusnya 

Pertemananmu gak sehat kalau mereka ternyata fake friends 

Sebagai makhluk sosial yang gak asing pada kebiasaan hidup berdampingan dengan orang lain, suatu hal yang natural terjadi jika kamu bergaul, saling mengenal dan menjalin pertemanan dengan orang-orang ketika menetap di suatu tempat.

Akan tetapi jangan langsung lengah, karena gak semua orang bisa dengan mudah kamu cap tulus dan teman yang baik.Terkadang bahkan ada sebagian orang yang berteman karena ada maksud lain alias fake friends.

Nah, demi menghindari dirimu terjebak pada pertemanan yang salah, yuk simak lima tandanya apakah temanmu palsu atau sungguhan tulus berteman denganmu.

1. Terlihat memaksakan diri ketika denganmu 

Awas Fake Friends, Ini 5 Tanda Kalau Temanmu Palsu Atau Asli Tulusnya Pexels.com/Ketut Subiyanto

Tanda yang pertama ialah temanmu itu terlihat seperti memaksakan diri ketika bersamamu. Misalnya seperti mengikuti semua maumu, setuju dengan semua pendapatmu atau bahkan memaksakan diri untuk terlihat sama sepertimu. Padahal kalau dia sungguh-sungguh ingin berteman denganmu tidak perlu sampai jadi orang lain, dan cukup dengan jadi diri sendiri.

2. Sering menjadikan teman lain sebagai bahan gosip 

Awas Fake Friends, Ini 5 Tanda Kalau Temanmu Palsu Atau Asli Tulusnya Pexels.com/August de Richelieu

Jika dalam pergaulanmu mereka sering menjadikan teman yang lain sebagai bahan gosip, maka itu tanda mereka adalah fake friends. Karena kalau mereka saja bisa melakukan itu pada orang yang disebut teman, maka kamu pun mungkin juga akan dijadikan bahan gosip ketika tidak ada di antara mereka.

Baca Juga: 5 Tips Mendekatkan Diri dengan Teman-teman yang Lama Tak Bertemu

3. Dekat dan menghubungimu ketika ada maunya saja 

Awas Fake Friends, Ini 5 Tanda Kalau Temanmu Palsu Atau Asli Tulusnya Pexels.com/Andrea Puacquadio

Tidak sering ngobrol tapi tiba-tiba malah menghubungimu dan bersikap akrab padamu demi keuntungannya pribadi. Kalau temanmu seperti ini maka kamu jangan sok polos, dia jelas sedang memanfaatkanmu demi kepentingannya sendiri dan tanda kalau dia sebenarnya fake friend.

4. Gak ada yang hadir saat kamu membutuhkan 

Awas Fake Friends, Ini 5 Tanda Kalau Temanmu Palsu Atau Asli Tulusnya Pexels.com/Engin Akyurt

Mereka mendekat dan menghubungimu ketika butuh sesuatu, namun malah tidak hadir sama sekali ketika kamu yang membutuhkan mereka. Mereka seperti hilang entah kemana seperti tidak peduli sama sekali terhadapmu. Tanda ini sangat akurat dalam melihat teman palsu, dan kamu bisa simpulkan sendiri bahwa temanmu memiliki tanda ini atau tidak.

5. Nasihat yang kamu terima tidak bersifat membangun 

Awas Fake Friends, Ini 5 Tanda Kalau Temanmu Palsu Atau Asli Tulusnya Pexels.com/August De Richelieu

Tanda terakhir yang bisa kamu gunakan untuk melihat teman palsu ialah ketika mereka memberimu nasihat bukannya bermaksud menyemangati atau membangun, tapi malah menyuruhmu menyerah dan bikin mental down. Kamu harus sadar bahwa teman seperti ini tidak baik, berpengaruh buruk bagi mentalmu dan sama sekali gak supportive.

Dengan lima tanda tadi kamu bisa menyimpulkan sendiri apakah teman yang kamu miliki palsu atau benar-benar tulus berteman denganmu. Karena jangan sampai kamu terjebak dengan fake friends yang justru merugikan dirimu.

Baca Juga: Hati-hati Dijauhi, Ini 5 Tanda Kamu Teman yang Egois Banget!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya