TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Membuatmu Gak Pernah Bisa Pulih dari Trauma Relationship

Trauma itu gak bakal pulih jika kamu sendiri tidak berusaha

Pexels.com/Cottonbro

Memiliki ketakutan atau trauma yang menyerang mental tentu sangat menyiksa dan tidak menyenangkan sama sekali. Apalagi jika trauma terhadap relationship. Biasanya trauma jenis ini disebabkan pengalaman buruk saat menjalani hubungan, dan rasa sakit itu begitu membekas hingga membuat seseorang merasa trauma.

Akan tetapi hal itu juga gak bakal pulih jika kamu sendiri tidak berusaha memulihkannya dan terperangkap di sana. Dan berikut ini ada beberapa hal yang konon bikin kamu jadi gak pernah bisa pulih dari trauma relationship, apa sajakah itu? Yuk simak.

1. Menolak yang berniat mendekati

Pexels.com/Cottonbro

Menyembuhkan trauma yang kamu miliki terhadap hubungan tentu bukan suatu hal yang mudah, tapi kamu juga harus menyadari bahwa trauma itu gak bakal bisa pulih kalau kamu sendiri selalu menolak siapa saja yang berniat mendekati.

Kamu gak harus langsung terbuka pada lawan jenis kok, tapi pelan-pelan saja biarkan dirimu terbiasa dengan kehadiran lawan jenis lagi di hidupmu.

Baca Juga: 6 Tips Hilangkan Kecewa Pada Pasangan Supaya Gak jadi Trauma

2. Menyimpan dendam terhadap mantan yang menyakiti

Pexels.com/Sofia Garza

Ini mungkin diketahui semua orang, bahwa trauma yang kamu rasakan gak bakal sembuh-sembuh jika kamu sendiri menyimpan dendam pada mantan kekasihmu. Kemarahan dan dendammu itu membuatmu jadi terus ingat padanya, dan pasti tidak menyenangkan saat mengingatnya kan?

3. Tidak mengikhlaskan apa yang sudah terjadi

Pexels.com/Ingrid Santana

Hal lainnya yang juga bikin trauma kamu gak pulih adalah jika kamu tidak mengikhlaskan apa yang sudah terjadi. Sebab salah satu yang dapat menyembuhkan luka hati dan mental ialah dengan menerima. Ikhlas menerima segalanya sudah terjadi dan memetik hikmah darinya.

4. Membenci lawan jenis

Pexels.com/Cottonbro

Memiliki kebencian terhadap lawan jenis juga membuat trauma relationship yang kamu miliki gak bakal bisa sembuh atau pulih. Kamu disakiti oleh mantan kekasihmu, dan kamu malah membenci bahkan menilai bahwa lawan jenis itu semuanya sama jahatnya seperti dia. Bagaimana bisa pulih kalau kamu merasakan kebencian yang mendalam, kan?

Baca Juga: 5 Pengingat Ini Pulihkan Trauma Kegagalan Hubungan, Gak Lagi Skeptis!

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya