Comscore Tracker

5 Cara Elegan Menguji Kesetiaan Pasangan, Gak Perlu Curiga Lagi, deh!

Semoga pacarmu lolos ujian

Setiap orang pasti ingin pasangannya bisa setia padanya saja. Jangan sampai kehadiran orang ketiga menodai janji suci di antara kalian berdua. Didorong kekhawatiran tersebut, wajar kalau pada akhirnya kamu bersikap protektif terhadapnya. Bahkan tak jarang menaruh curiga pada kekasihmu sendiri.

Sebenarnya kamu gak perlu sampai curiga berlebihan atau overthinking, kok. Bahkan berpikir bahwa kekasihmu sedang main serong di luar sana, tanpa ada bukti yang jelas. Daripada terus menerus dihantui pikiran jelek, lebih baik kamu gunakan lima cara elegan berikut, untuk menguji kesetiaannya. Cukup mudah dipraktikkan, kok. Yuk, simak dulu apa saja kelima cara yang dimaksud!

1. Memberinya kebebasan untuk dekat dengan siapa pun, tak terkecuali lawan jenisnya

5 Cara Elegan Menguji Kesetiaan Pasangan, Gak Perlu Curiga Lagi, deh!pexels/Kampus Production

Rasa saling percaya itu harus ditanamkan sejak dini. Salah satu caranya dengan memberikan kepercayaan penuh pada pasanganmu. Mau dia bergaul dengan siapa pun, asalkan membawa dampak yang positif, kamu gak akan melarangnya sama sekali. Bahkan ketika tahu dia dekat dengan wanita lain. Alih-alih menunjukkan rasa cemburu, kamu justru akan mendukung pertemanan mereka.

Yakinkan pasanganmu, bahwa kamu bukan tipe pacar yang posesif. Ini juga menunjukkan kalau kamu memberinya kepercayaan dan yakin dia gak bakal macam-macam. Jika cintanya ke kamu benar-benar tulus, tentu saja dia bakal menjaga kepercayaan ini sepenuh hati. 

2. Tidak pernah bertanya tentang urusan pribadinya, kamu lebih suka menunggu dia untuk terbuka

5 Cara Elegan Menguji Kesetiaan Pasangan, Gak Perlu Curiga Lagi, deh!pexels/Alex Green

Kadang memang kamu suka kepo, apa saja sih yang sedang dia kerjakan sampai gak ada waktu untukmu. Tetapi alih-alih mendesaknya untuk bercerita, lebih baik tunggu sampai dia mau terbuka. Memang butuh waktu lebih lama dan kesabaran yang ekstra, tapi ini bisa jadi bukti perasaannya ke kamu, lho.

Sebab jika dia benar-benar sayang, cinta dan menganggapmu spesial di hidupnya, tentu berbagi cerita denganmu adalah hal yang mudah. Baginya tidak ada hal yang harus ditutupi darimu. Kesabaranmu untuk tidak bertanya macam-macam akan membuatnya merasa bertanggung jawab untuk bersikap jujur. Toh, tidak ada hal buruk yang dia sembunyikan darimu, kok. Kenapa juga harus menutup-nutupi segala. 

Baca Juga: Meski Saling Setia, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hubunganmu Gak Nyaman

3. Tetap bersikap baik pada teman-temannya, sekali pun kamu punya firasat buruk pada hubungan mereka

5 Cara Elegan Menguji Kesetiaan Pasangan, Gak Perlu Curiga Lagi, deh!pexels/William Fortunato

Bukannya kamu mau bersikap masa bodoh, ketika tahu ada salah seorang teman yang ternyata naksir pacarmu. Hanya saja kamu gak boleh bersikap gegabah tanpa adanya bukti yang mencukupi. Lebih baik bersikap tenang dan wajar ketika berpapasan dengannya. Akan ada saatnya pacarmu menunjukkan sikapnya, kok.

Kalau memang dia tipe setia dan benar-benar mencintaimu, tentu kekasihmu itu bakal menjaga jarak dengan sendirinya. Daripada kamu turun tangan dan malah terkesan sedang rebutan cowok, lebih baik tetap tampil elegan dan biarkan fakta yang berbicara. Sementara kalau pacarmu menanggapinya kamu juga jadi tahu, kan bahwa dia gak pantas bersanding denganmu!

4. Selalu memberi tahu dia, ketika kamu akan jalan dengan cewek/cowok lain berdua saja

5 Cara Elegan Menguji Kesetiaan Pasangan, Gak Perlu Curiga Lagi, deh!pexels/Andrea Piacquadio

Penting bagimu memberi teladan padanya, ketimbang menuntut dia menjadi yang kamu minta. Seperti selalu memberikan kabar ketika kamu akan pergi dengan pria lain. Tentu saja, urusan di antara kalian sebatas profesionalitas semata, ya. Bukan berarti kamu minta izin untuk jalan dengan cowok lain, tapi diam-diam berkencan dengannya.

Dengan demikian, kamu sedang memberikan contoh ke dia, untuk melakukan hal serupa. Lain kali, dia pasti bilang dulu kalau mau berpergian dengan cewek lain. Sebab terkadang orang lebih mudah meniru tindakan, daripada mendengarkan permintaan kita. Setuju, gak?

5. Memintanya untuk ikut serta dalam setiap acara keluarga besarmu, kasih kode dikit boleh, dong?

5 Cara Elegan Menguji Kesetiaan Pasangan, Gak Perlu Curiga Lagi, deh!pexels/August de Richelieu

Tidak hanya kesetiaannya saja yang harus diuji, tentunya kamu juga ingin tahu apakah dia serius dengan hubungan ini atau tidak. Nah, caranya minta dia untuk datang ke setiap acara keluargamu. Entah itu pernikahan sepupu atau ulang tahun keponakanmu. Dengan memperkenalkan dia sebagai kekasihmu, akan membantumu melihat seberapa dalam dia mencintaimu, lho. Kalau dia mau berusaha membaur dan menyamankan diri dengan keluargamu, itu berarti si dia benar-benar sayang terhadapmu.

Lain cerita jika dia sering menolak diajak ikut serta dalam acara keluarga. Malu dan sungkan bukan alasan yang bisa diterima. Sebab jika dia mengaku serius sama hubungan ini, toh nantinya juga bakal berkenalan dengan semua anggota keluarga besarmu, kan? Apa bedanya dengan memulai dari sekarang. Pikir-pikir lagi, deh!

Curiga dan was-was terhadap perasaan pacar yang sesungguhnya itu sah-sah saja. Akan tetapi, jangan hadapi kekhawatiran itu dengan gegabah. Dengan menerapkan lima cara elegan di atas, niscaya kamu akan memperoleh jawaban tanpa harus ribet-ribet dan terkesan terlalu agresif. Gimana, siap mencoba kelima cara barusan? Semoga pacarmu lulus "ujian" ini, ya! 

Baca Juga: 5 Hal yang Buat Doi Mempertanyakan Kesetiaan Kamu, Auto Renggang!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya