Comscore Tracker

Ingat Lagi 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Dikecewakan Oleh Pasangan

Maafkan selama itu layak dimaafkan!

Kecewa memang bukan perasaan yang menyenangkan. Belum lagi itu disebabkan oleh orang yang selama ini kamu percaya dan sayangi. Salah satunya adalah kekasihmu sendiri. Meskipun begitu, tidak ada salahnya kamu berlapang dada dan memaafkan perbuatannya. Tentu saja, selama apa yang dia lakukan layak dimaafkan, ya! 

Kalau kecewamu disebabkan karena pacar ketahuan selingkuh atau mendadak jadi kasar, ya memang gak pantas diberi maaf, sih. Nah, supaya proses memaafkan ini jadi lebih mudah, coba ingat lagi kelima hal berikut. Siapa tahu, setelah mengingatnya rasa kecewamu bisa berangsur pulih. 

1. Sadari kamu pun pasti pernah membuatnya kecewa, kan?

Ingat Lagi 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Dikecewakan Oleh PasanganIlustrasi orang berpelukan (pexels.com/Alex Green)

Masa kamu lupa, sebelumnya pernah membuat dia kecewa juga beberapa kali. Sekarang begitu berada di posisinya dulu, kamu mendadak jadi amnesia, deh. Padahal, saat itu si dia saja bisa memaafkan kesalahanmu, lho. Sekarang gantian, dong!

Jika memang ada iktikad baik darinya untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf, buat apa dipersulit. Lebih baik berbaikan daripada terlibat perang dingin terus-menerus, kan? 

2. Tak selamanya ekspektasimu bisa dipenuhi olehnya

Ingat Lagi 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Dikecewakan Oleh PasanganIlustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Samson Katt)

Rasa kecewa bisa juga dipicu oleh ekspektasimu yang ketinggian. Misalnya, nih kamu berharap setelah sama-sama lulus kuliah kalian akan langsung bertunangan. Faktanya, doi gak kunjung melamar dan malah fokus pada bisnis barunya. Ujung-ujungnya kamu jadi kecewa sendiri, deh.

Padahal sebelumnya kalian gak pernah membahas soal pertunangan, lho. Kamu hanya berharap cowokmu bisa peka dan melamar dengan sendirinya tanpa diminta. Astaga!

3. Menerima kekurangan pasangan memang susah tapi harus dibiasakan

Ingat Lagi 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Dikecewakan Oleh PasanganIlustrasi menangis bersama (pexels.com/Mikhail Nilov)

Menyadari bahwa kamu tidak sedang berpacaran dengan seorang malaikat, seharusnya bisa membuatmu sadar bahwa doi juga punya kekurangan. Tak selamanya, kekasihmu hanya akan membuatmu tertawa bahagia. Ada kalanya, karena kelemahannya ini, timbul rasa kecewa di hatimu. Itu wajar, sih.

Tetapi seharusnya seiring waktu kamu bisa menerima kondisinya apa adanya, dong. Gak boleh menuntut doi tampil sempurna terus tanpa cela sedikit pun. Berlebihan tahu! 

Baca Juga: 5 Kunci supaya Kamu Gak Gampang Merasa Dikecewakan Orang 

4. Ingat-ingat kembali semua hal baik yang pernah dia lakukan untukmu

Ingat Lagi 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Dikecewakan Oleh PasanganIlustrasi pacaran di kantor (pexels.com/Helena Lopes)

Saat sedang merasa kecewa sama pacar, coba ingat-ingat lagi semua hal baik yang pernah dia lakukan untukmu. Ingat kembali momen, kala doi rela hujan-hujanan demi menolongmu yang kehabisan bensin di jalan. Ingat pula, saat pacarmu mati-matian menabung dari hasil kerja paruh waktunya, agar bisa membeli hadiah ulang tahun yang kamu harapkan. 

Masa iya, hanya karena dia mengecewakanmu sekali semua kebaikan itu langsung tidak ada artinya lagi? Wajar, kok sebagai manusia biasa pacarmu lalai dan bertindak keliru. Tapi setidaknya pertimbangkan segala tindakan manisnya dulu, ya! Siapa tahu, rasa kecewamu bisa sedikit terobati. 

5. Percayalah, si dia tidak pernah bermaksud mengecewakanmu, kok

Ingat Lagi 5 Hal Ini Ketika Kamu Merasa Dikecewakan Oleh PasanganIlustrasi orang bersedih (pexels.com/Ron Lach)

Semua orang bisa khilaf termasuk kekasihmu. Kalau saat ini kamu merasa sangat kecewa sama tindakannya, belum tentu itu dilakukan dengan sengaja, lho. Siapa tahu, pacarmu memang sedang sial saja. Seperti ketika doi gak jadi menjemputmu ke rumah karena ketiduran sampai malam. Padahal kalian sudah janjian mau pergi nonton dan makan malam untuk merayakan hari jadian. 

Tentu saja kamu bakal kecewa banget. Sudah menunggu berjam-jam, eh doi gak datang-datang. Telepon tidak diangkat dan pesanmu juga gak dibalas satu pun. Pada akhirnya kamu tahu bahwa si dia ketiduran. Sekarang pikir, deh masa iya pacarmu sengaja tidur sampai lewat waktu? Gak mungkin, dong! 

Perasaan kecewa memang tidak bisa begitu saja dihilangkan. Butuh waktu serta niat supaya apa yang mengganjal di hati segera hilang. Makanya, saat kamu dikecewakan sama pacar, cobalah memikirkan kelima hal tadi. Niscaya, itu bisa membantumu untuk lekas sembuh dari rasa kecewa yang menyiksa batin.

Baca Juga: 5 Tanda Rasa Cintamu Mulai Memudar akibat Sering Dikecewakan Pasangan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya