Comscore Tracker

Duh, 5 Hal Ini Membuktikan Kalau Kamu Ingin Temanmu Menderita

Jangan dibiasakan, kalian harus saling mendukung kan?

Hubungan pertemanan memang rawan konflik dan perselisihan, jika di antara kalian gak ada rasa saling pengertian dan sikap tulus sebagai sahabat. Bahkan gak jarang, ada beberapa orang yang memang punya niatan buruk pada temannya sendiri.

Baginya, melihat teman tersebut menderita menjadi satu kepuasan tersendiri. Maka gak heran kalau tiap kali ada kesempatan, diam-diam dia akan berupaya untuk membuat temannya ini kesulitan. 

Nah, coba jawab jujur dalam hati apakah kamu termasuk orang yang saat ini sedang menunggu-nunggu temanmu menderita, dan bersiap untuk menertawakannya? Jika memang kelima hal ini ditemukan padamu, sudah bisa dipastikan jawabannya adalah iya. 

1. Menyebarkan keburukan temanmu pada orang lain

Duh, 5 Hal Ini Membuktikan Kalau Kamu Ingin Temanmu Menderitapexels/ ELEVATE

Saking sebelnya sama temanmu ini, kamu sampai hafal keburukan apa saja yang dimilikinya. Gak berhenti sampai di situ, kamu bahkan tak segan-segan untuk menjadikannya bahan gosip. Kamu senang ketika banyak orang tahu jika temanmu gak sebaik yang mereka duga selama ini.

Nah, kalau sudah begitu, bukannya kamu jadi lebih buruk dari dia, ya?

2. Meski tahu, kamu gak mau menegur saat dia melakukan kesalahan

Duh, 5 Hal Ini Membuktikan Kalau Kamu Ingin Temanmu Menderitapexels/ Sơn Bờm

Teman yang baik dan tulus, akan menegur dengan keras saat kawannya melakukan kesalahan. Tapi kamu justru melakukan sebaliknya. Meskipun tahu temanmu baru saja terjerumus ke pergaulan yang negatif, kamu malahan tutup mata dan berpura-pura tidak tahu apa-apa. Ditambah lagi, kamu jadi gak sabar buat menyaksikan sendiri dia menderita karena jalan hidup yang dipilihnya salah. 

Baca Juga: 6 Tanda Nyata Kalau Kamu Iri dengan Kesuksesan Sahabatmu Sendiri

3. Bukannya memberi motivasi, kamu malah suka membuatnya rendah diri

Duh, 5 Hal Ini Membuktikan Kalau Kamu Ingin Temanmu Menderitapexels/ ELEVATE

Sebagai teman, sewajibnya kamu memberi masukan positif dan suntikan semangat kala temanmu mengalami kesulitan. Agar dia segera bangkit menyelesaikan masalahnya dan kembali menata lembaran hidup yang baru. Bukannya malah terus menyalahkan dia dan membuatnya rendah diri. Jelas itu dilakukan semata-mata karena kamu ingin melihatnya lebih menderita lagi.

4. Ketika ada peluang kamu lebih suka menggunakannya sendiri

Duh, 5 Hal Ini Membuktikan Kalau Kamu Ingin Temanmu Menderitapexels/ Jopwell

Katakanlah kamu dan temanmu ini tengah sama-sama mencari pekerjaan. Kebetulan ada kerabatmu yang menawarkan lowongan pekerjaan di kantornya. Bukannya mengajak dia untuk melamar bersama, kamu malah sengaja menyembunyikan informasi tersebut, dan menggunakan kesempatan itu sendiri. Rasanya kamu gak rela jika nanti dia lebih dulu mendapat pekerjaan sementara kamu masih menganggur.

5. Sengaja menghindar saat dimintai bantuan

Duh, 5 Hal Ini Membuktikan Kalau Kamu Ingin Temanmu Menderitaunsplash/ Alex Halyoake

Sudah sewajarnya sebagai teman, kamu membantunya ketika dia menghadapi kesulitan. Tapi tiap kali dia datang mencarimu untuk meminta bantuan, kamu terus saja menghindar dan seolah-olah menghilang begitu saja. Padahal bisa saja saat itu, hanya kamu yang bisa menolong.

Itu tadi lima hal yang jadi tanda sebenarnya kamu ingin temanmu menderita. Mungkin di masa lalu, kamu pernah tersakiti olehnya. Maka timbulah rasa benci dan niat untuk membalas dendam.

Meski begitu, alangkah lebih baiknya jika kamu coba untuk melupakan masa lalu itu. Ambil hikmahnya saja, dan balas dia dengan perbuatan baik. Dengan begitu, dia akan semakin menyesal pernah menyakitimu. 

Baca Juga: Meski Diam Saja, 5 Tanda Ini Isyaratkan Temanmu Sedang Sedih & Kecewa

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya