Comscore Tracker

5 Ciri Sahabat Berubah Jadi Toxic yang Wajib Kamu Waspadai

Jangan sampai kamu berubah jadi toxic juga #IDNTimesLife

Ada banyak faktor yang membuat seseorang dapat berubah di dunia ini. Perubahan tersebut bisa membawa mereka ke arah yang lebih baik atau bahkan ke arah yang lebih buruk, lho. Gak sedikit juga, nih yang justru berubah mejadi sosok yang toxic.

Lalu bagaimana jika hal ini menimpa sahabatmu? Kamu pasti harus waspada, dong. Nah, untuk itu kamu wajib tahu, nih sederet ciri sahabat yang berubah jadi toxic. Apa saja, ya yang dimaksud? Cari tahu sama-sama, yuk!

1. Sering iri dan cemburu

5 Ciri Sahabat Berubah Jadi Toxic yang Wajib Kamu WaspadaiIlustrasi dua orang wanita (Pexels.com/KoolShooters)

Saat kamu hangout dengan teman lain gak jarang ia melontarkan beberapa sindiran halus kalau dia sebetulnya juga ingin ikut dengan kamu. Biasanya sahabat yang seperti ini senang sekali bergantung sama kamu.

Ke mana pun kamu pergi ia harus ikut. Makanya saat kamu gak mengajaknya keluar dia juga gak keluar sama sekali. Parahnya lagi sering merasa iri dan cemburu dengan apa yang kamu lakukan.

2. Gak mau kalah dengan kamu

5 Ciri Sahabat Berubah Jadi Toxic yang Wajib Kamu WaspadaiIlustrasi dua orang pria sedang duduk (Pexels.com/August de Richelieu)

Mungkin kamu gak sadar tapi jiwa kompetitif sahabat toxic seperti ini selalu muncul kapanpun. Terutama saat kamu berhasil mendapatkan sesuatu. Ia merasa bahwa ia gak boleh kalah dengan apa yang sudah kamu raih.

Misalnya kamu baru saja membeli sepatu keluaran terbaru lalu mengunggahnya lewat media sosial. Gak berapa lama ia juga mengunggah hal serupa pokoknya apa yang kamu beli dia juga gak mau kalah.  

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Bersikap Toxic Terhadap Diri Sendiri

3. Selalu mengikuti apa pun yang kamu lakukan

5 Ciri Sahabat Berubah Jadi Toxic yang Wajib Kamu WaspadaiIlustrasi dua orang wanita cantik (Pexels.com/Godisable Jacob)

Mulai gaya pakaian, dandanan hingga konten apa saja yang sering kamu unggah selalu diikuti oleh sahabat kamu itu. Pokoknya kelihatan banget, deh dia ini berusaha jadi copycat kamu.

Di satu sisi mungkin kamu bersyukur karena apa yang kamu lakukan dapat menginspirasi orang lain. Namun, di sisi lainnya kamu pasti jengkel juga karena apa pun yang kamu lakukan selalu ditiru oleh sahabat kamu tersebut.

4. Senang membicarakan orang lain atau orang terdekat kamu

5 Ciri Sahabat Berubah Jadi Toxic yang Wajib Kamu WaspadaiIlustrasi dua orang yang sedang bergosip (Pexels.com/Keira Burton)

Apabila sahabat kamu mulai senang mengajakmu untuk membicarakan orang lain atau bahkan orang terdekat kamu kamu wajib banget untuk waspada. Bukannya apa-apa tapi untuk apa juga mengunjingkan sesuatu yang belum tentu kebenarannya. Sekali dua kali mungkin kamu masih sanggup  dan bertoleransi namun, setiap kali ada kesempatan bersua topiknya hanya itu-itu saja kamu juga perlu berhati-hati, ya.

5. Acuh terhadap pencapaian kamu

5 Ciri Sahabat Berubah Jadi Toxic yang Wajib Kamu WaspadaiIlustrasi sekelompok orang tengah berkumpul (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Anggap kamu baru saja berhasil membeli rumah setelah jerih payah yang kamu usahakan beberapa tahun ke belakang. Sahabat yang baik pasti akan memberimu selamat dan ikut bahagia dengan apa yang kamu raih.

Lain halnya dengan sahabat yang toxic selain akan acuh terhadap apa yang sudah kamu capai gak jarang mereka juga akan membicarakan hal buruk di belakang kamu. Makanya, kamu wajib waspada banget, nih kalau sahabat kamu menunjukkan ciri yang satu ini.

Nah, itulah tadi beberapa ciri yang menunjukkan kalau sahabat kamu berubah jadi toxic. Untuk itu selalu waspada, ya Guys.

Baca Juga: 5 Pikiran Toxic Ini Membuat Kalian Tak Bisa Menunjukkan Potensi Diri

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya