Comscore Tracker

7 Tanda Kamu Berada dalam Persahabatan yang Sehat, Bersyukurlah!

Sayangi sahabatmu, ya!

Persahabatan yang erat, menyenangkan, dan selalu saling setia satu sama lain rasanya terdengar seperti dongeng, ya? Jarang banget ada persahabatan yang seperti ini di zaman sekarang. Pasalnya, semakin banyak orang yang kita kira sahabat tapi ternyata menusuk dari belakang.

Belum lagi, ada orang-orang toxic yang bisa dengan mudahnya berpura-pura jadi sahabat di depan kita dan pelan-pelan menghancurkan perasaan kita. Alhasil, label 'sahabat sejati' pun jadi susah untuk disematkan pada sembarang orang. Kita gak pernah tau apa yang ada di dalam hati setiap orang sehingga untuk curiga sama sahabat sendiri terasa seperti hal yang lumrah.

Eits, tapi jika kamu merasakan tujuh tanda berikut dalam persahabatan, bisa dibilang persahabatanmu sehat banget lho. Yuk dicek bareng-bareng.

1. Kamu bisa menjadi dirimu sendiri di depan mereka

7 Tanda Kamu Berada dalam Persahabatan yang Sehat, Bersyukurlah!pexels/JESSICA TICOZZELLI

Jika di depan sahabatmu kamu bisa menjadi dirimu sendiri, maka itu artinya persahabatanmu sudah termasuk sehat. Kamu gak perlu berpura-pura jadi orang lain hanya untuk menyenangkan hati mereka. Cukup jadi diri sendiri dan mereka bisa menerima kamu apa adanya. 

2. Kamu merasa nyaman untuk berbagi kisah hidupmu

7 Tanda Kamu Berada dalam Persahabatan yang Sehat, Bersyukurlah!pexels/Gary Barnes

Tanda kedua adalah di mana kamu merasa nyaman berbagi kisah dengan para sahabatmu. Kamu tau bahwa mereka gak akan menyudutkan atau dengan mudahnya menyalahkanmu. Bahkan, kisah hidupmu yang pahit sekalipun bisa kamu bagikan dengan tanpa perasaan tertekan. Karena, kamu tahu bahwa mereka bisa jadi pendengar yang menyenangkan. 

3. Gak ada kompetisi dalam persahabatan tersebut

7 Tanda Kamu Berada dalam Persahabatan yang Sehat, Bersyukurlah!unsplash/Helena Lopes

Persahabatan yang sehat juga ditandai dengan gak adanya kompetisi diantara kamu dan sahabat-sahabatmu. Semuanya berjalan beriringan dan gak ada yang perlu untuk merasa lebih hebat dibanding yang lain.

Makanya ngumpul sama mereka juga gak pernah jadi beban atau hal yang kamu hindari. Justru, kamu sangat senang berada di antara mereka karena merasa bisa diterima sebagaimana dirimu yang apa adanya.

Baca Juga: 5 Bukti Paling Nyata Bahwa Kamu Sahabat yang Peka, Pertahankan Ya!

4. Kamu gak merasa direndahkan atau dianggap remeh oleh mereka

7 Tanda Kamu Berada dalam Persahabatan yang Sehat, Bersyukurlah!unsplash/@jamesr

Karena memang gak memandangmu dari apa yang melekat di dirimu dan juga gak pernah ada persaingan di antara kalian, maka kamu gak pernah merasa direndahkan atau dianggap remeh. Semua kekurangan yang kamu punya, sudah diterima apa adanya oleh sahabat-sahabatmu. Wah, pasti menyenangkan banget ya berada dalam persahabatan sehat semacam ini. 

5. Kalian saling mendukung satu sama lain

7 Tanda Kamu Berada dalam Persahabatan yang Sehat, Bersyukurlah!pexels/William Fortunato

Bukannya menjatuhkan, sahabat yang sesungguhnya memang sudah seharusnya saling mendukung satu sama lain. Apapun usaha yang sedang ditekuni oleh salah seorang diantara kalian, kalian berusaha untuk membantunya. Entah itu dengan bantuan dukungan atau bahkan bantuan material.

Pokoknya kalau kamu punya persahabatan sehat semacam ini harus banget dipertahankan, lho. Karena gak semua orang bisa seberuntung kamu.

6. Bisa menjaga rahasia

7 Tanda Kamu Berada dalam Persahabatan yang Sehat, Bersyukurlah!pexels/Anete Lusina

Dalam persahabatan, tentu wajar banget jika kita saling berbagi cerita dan kisah, bahkan yang paling rahasia sekalipun. Nah, jika kamu punya sahabat yang bisa menjaga rahasiamu dengan baik, maka itu artinya persahabatanmu tergolong sehat. Seorang sahabat yang setia gak akan pernah membongkar rahasia sahabatnya kepada siapapun. 

7. Persahabatan tersebut memotivasi kamu untuk terus tumbuh

7 Tanda Kamu Berada dalam Persahabatan yang Sehat, Bersyukurlah!unsplash/Omar Lopez

Yang pasti, dalam persahabatan yang sehat, kalian akan terus tumbuh dan berproses menjadi lebih baik. Kalian terus merangkai mimpi bersama dan saling percaya bahwa kesuksesan bisa kalian raih. Ketika ada satu diantara kalian yang merasa ingin menyerah, maka yang lain siap untuk memberi semangat.

Begitupun ketika ada yang seolah diam di tempat dan gak melakukan perubahan dalam hidupnya, maka sahabatnya yang lain akan mendorongnya untuk maju dan mulai melakukan sesuatu demi bisa meraih impian dan menggapai kesuksesan bersama. 

Menemukan sahabat sejati yang bisa memahami dan mengerti kita seutuhnya itu gak gampang, lho. Jika kalian sudah memilikinya, maka jagalah persahabatan tersebut. Apalagi jika persahabatanmu sudah memenuhi tujuh tanda di atas. Maka, mereka pasti gak akan bisa tergantikan lagi. Setuju?

Baca Juga: 5 Hal Ini Bakal Dirasakan Saat Pasangan Sudah Serasa Sahabat

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya