Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Masih Mencintai Mantan Pacar, Tak Sadar Lakukan Ini!

Cek, yuk, apakah kamu masih memikirkan mantan pacar

Bagaimana pun mantan kekasih pernah jadi bagian penting dalam hidupmu. Ada banyak kenangan indah yang kamu dapatkan bersamanya, tak melulu sakit hati. Jadi wajar bila kamu bertanya-tanya apakah kamu masih menyukainya atau sudah benar-benar move on.

Nah, kalau kamu penasaran bagaimana perasaanmu dengan mantan pacar, simak gejalanya dalam artikel ini. Ada 5 tanda kamu masih menyukai mantan pacarmu. 

1. Merasa sepi di tengah keramaian

5 Tanda Kamu Masih Mencintai Mantan Pacar, Tak Sadar Lakukan Ini!ilustrasi perempuan yang merasa kesepian (unsplash.com/Anthony Tran)

Selepas putus ada banyak cara yang kamu lakukan untuk melupakan kenangan dengan mantan pacar. Di antaranya adalah menyibukan diri atau bersosialisasi dengan teman-teman. Kamu berusaha menghibur diri agar tidak kesepian. 

Punya banyak kegiatan membuatmu tidak punya waktu untuk memikirkan mantan, ungkap Kelly McGonigal, seorang psikolog sekaligus dosen di Universitas Stanford. Tapi, kalau di antara padatnya aktivitas, kamu masih merindukan mantanmu, mungkin perasaan itu lebih kuat dari yang kamu bayangkan. 

2. Membuat alasan agar bisa mengobrol

5 Tanda Kamu Masih Mencintai Mantan Pacar, Tak Sadar Lakukan Ini!Ilustrasi orang kesepian (pexels.com/mikoto.raw)

Tanda bahwa kamu masih mencintainya adalah alasan yang kamu buat untuk kembali mengobrol dengannya. Misalnya mantan pacarmu seorang montir dan kamu menghubunginya untuk bertanya hal umum yang bisa dicari di internet. 

Dilansir Hack Spirit, Lachlan Brown, chief editor dan founder laman tersebut, juga menjelaskan hal serupa. Apabila kamu masih berusaha untuk menghubunginya secara intens, termasuk untuk hal-hal yang tidak penting, berarti kamu sedang berusaha untuk kembali terhubung dengannya. 

3. Sudah punya pacar baru tapi masih memikirkan yang lalu

5 Tanda Kamu Masih Mencintai Mantan Pacar, Tak Sadar Lakukan Ini!Ilustrasi selingkuh (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa bertemu dengan orang baru dapat membuatmu melepas ikatan dengan mantan pacar. Jadi, punya pacar baru atau berusaha mengenal orang-orang baru bagus untuk membantumu move on.

Sejalan dengan penelitian tersebut, Joan Sherman, menjelaskan apabila kamu masih membandingkan mantan pacar dengan orang yang baru, bisa jadi indikasi kamu masih mencintai mantanmu. Kamu tak bisa melepaskan bayang-bayang masa lalu. 

Tentu saja hal ini bisa jadi buruk untuk hubungan barumu. Sebagai seorang terapis pernikahan, Joan juga menganggap hal ini bisa menyakiti mereka sebab kamu membanding-bandingkan satu orang dengan lainnya. 

Baca Juga: Mantan Cerita tentang Pacar Barunya? Ini 5 Tips agar Gak Baper 

4. Gak kunjung move on setelah sekian lama

5 Tanda Kamu Masih Mencintai Mantan Pacar, Tak Sadar Lakukan Ini!Ilustrasi wanita sedang sedih (pexels.com/Arina Krasnikova)

Dalam laman Bustle, dijelaskan bahwa setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk memulihkan perasaannya pasca putus. Hal ini bisa bergantung pada peran dan seberapa besar keterlibatanmu dalam hubungan tersebut. 

Namun jika sudah bertahun-tahun putus dari hubungan berdurasi enam bulan, mungkin ini jadi tanda kamu masih mencintainya. Tak hanya soal waktu, tanda lainnya adalah kamu merasa bahwa tak ada hal negatif dalam hubunganmu.

Jika setelah lama putus kamu masih tak bisa berpikir realistis tentang positif dan negatifnya hubunganmu, mungkin saja kamu masih mencintai mantan pacarmu. Sebab, lama-kelamaan orang akan mulai berpikir realistis dan menemukan titik lemah hubungannya. 

5. Tak bisa lepas memikirkannya

5 Tanda Kamu Masih Mencintai Mantan Pacar, Tak Sadar Lakukan Ini!ilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Khoa Võ)

Ketika masih pacaran, membayangkan bisa menikah atau tinggal bersama pasangan, itu wajar. Tapi, kalau sudah putus masih terbayang wajahnya ketika hendak membeli rumah atau lewat gedung pernikahan, itu jadi tanda kamu masih mencintainya.

Jika kamu masih terbayang mantan pacarmu, bahkan dia menjadi orang yang ingin kamu ajak untuk melakukan berbagai hal, inilah tanda kalau kamu belum move on, seperti kata Brianna Ciocca dalam Elite Daily. Jadi, apakah kamu masih dihantui wajah mantanmu?

Nah, itu tadi 5 hal yang bisa jadi tanda kalau kamu masih mencintai mantan pacar. Duh, jadi bingung ya, mau ajak dia balikan atau lanjut move on!

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Begitu Menarik saat Kamu sudah Punya Pacar

Topic:

  • Dina Fadillah Salma
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya