Comscore Tracker

5 Pelajaran tentang Kehidupan Berumah Tangga dari Film Twivortiare

Ini nih kunci utama supaya pernikahanmu adem ayem!

Satu lagi, film Indonesia yang menarik perhatian masyarakat di minggu pertama penayangannya. Twivortiare merupakan film yang diadaptasi dari buku yang berjudul sama, karangan Ika Natassa. Ia menceritakan tentang lika-liku rumah tangga yang dialami oleh tokoh bernama Alexandra dan Beno.

Tidak hanya berjejer aktor papan atas Indonesia, ada banyak pelajaran dan pesan yang bisa kamu petik dari film ini. Terlebih, buat kamu yang ingin memasuki kehidupan berkeluarga. Simak pelajaran tentang kehidupan berumah tangga dari film Twivortiare berikut!

1. Saling mengerti dengan kesibukan yang dilakukan pasanganmu

5 Pelajaran tentang Kehidupan Berumah Tangga dari Film Twivortiareinstagram.com/ikanatassa

Suka merasa kurang diperhatikan karena kesibukan pasangan? Jika ingin lanjut ke hubungan yang lebih serius atau sudah berumah tangga, pastikan kamu mengerti tentang pekerjaannya. Ketahuilah resiko apa saja yang akan kamu hadapi ke depannya! Jangan sampai di tengah perjalanan, kamu menyesal akibat merasa kurang diperhatikan.

Kalau sudah tahu resiko itu, maka kamu harus bisa mengerti dan menerima semua. Jangan sampai menyalahkan pasanganmu, ya!

2. Jangan merasa kalau kamu berjuang sendirian menghadapi masalah. Cobalah untuk mendiskusikannya dengan pasanganmu

5 Pelajaran tentang Kehidupan Berumah Tangga dari Film TwivortiareInstagram.com/ikanatassa

Dalam hubungan rumah tangga, akan selalu ada kerikil-kerikil kecil yang akan kamu hadapi. Tapi, masalah itu tidak akan bisa diselesaikan jika kamu dan pasangan tidak membuka ruang untuk berkomunikasi satu sama lain. Jangan merasa kamu yang paling benar dan malah membuatmu menyalahkan pasangan.

Kunci dari suatu hubungan adalah komunikasi. Jadi, jangan malah marah-marah gak jelas sama pasanganmu! Coba diskusikan setiap masalah yang ada agar kalian bisa mencari jalan keluar bersama-sama.

3. Peran orang-orang terdekat itu penting juga loh! Misalnya saja, sahabat dekat

5 Pelajaran tentang Kehidupan Berumah Tangga dari Film TwivortiareInstagram.com/ikanatassa

Peran orang terdekat seperti sahabat, juga gak kalah pentingnya lho! Dalam film ini, Wina memiliki pengaruh bagi Alexandra dalam menjalani rumah tangganya. Ia selalu memberikan saran terhadap masalah sahabatnya. Sahabat sejati bisa menjadi tempat untuk mencurahkan isi hati, bahkan saat tidak tahu harus menceritakan kehidupan rumah tangga pada siapa.

Terkadang, sahabat adalah sosok yang memiliki saran-saran tak terpikirkan oleh kita. Tapi, jangan setiap masalah yang ada diumbar ya! Kamu harus bisa menyeleksi, apa yang harus kamu ceritakan dan mana yang harus dicari solusinya sendiri.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Seekor Penyu

4. Selalu mengutamakan komunikasi, akan membuatmu dan dirinya bisa saling menghargai

5 Pelajaran tentang Kehidupan Berumah Tangga dari Film TwivortiareInstagram.com/ikanatassa

Komunikasi menjadi hal yang mendasar dan paling penting dalam hubungan. Tak terkecuali, dalam suatu kehidupan pernikahan. Jika kamu sedang berkonflik dengan pasangan dan memilih diam, jangan anggap itu bisa menjadi solusi. Alangkah baiknya, selalu komunikasikan apa saja yang kamu alami.

Komunikasi tersebut bisa dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana. Dengan selalu berbicara tentang hal-hal yang dilakukan, walaupun tidak penting, bagi pasanganmu menjadi hal bermakna. Tidak 24 jam bersamamu, maka pasangan ingin tahu apa saja yang kamu lakukan seharian.

Komunikasi melalui telepon atau berbicara beberapa menit sebelum tidur, itu sudah lebih dari cukup. Karena dengan cara itu, pasanganmu bisa merasa dekat.

5. Sabar dan tidak egois menjadi kunci utama dalam suatu hubungan, termasuk hubungan asmara dan rumah tangga

5 Pelajaran tentang Kehidupan Berumah Tangga dari Film TwivortiareInstagram.com/ikanatassa

Janganlah setiap ada masalah, kamu bertingkah seperti anak kecil. Misalnya, mendiamkan pasangan atau pergi dari rumah. Jangan sampai, deh! Justru, hal tersebut tidak bisa menyelesaikan masalahmu. Yang perlu kamu lakukan adalah selalu bersabar dan yakinkan dirimu bahwa masalah tersebut bisa dilewati olehmu dan pasangan.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan, khususnya buat calon pengantin baru, yaitu jangan egois! Jika ada masalah, jangan merasa hanya kamu yang dirugikan dan selalu ingin dimanja pasangan. Cobalah lebih peka! Apakah pasangan juga merasakan yang kamu rasakan?

Lebih pengertian terhadap keadaan pasangan, bisa membuatmu dan dia saling mengerti kebutuhan masing-masing. Di samping itu, kalian akan mengetahui apa yang harus dilakukan.

Itulah pesan tersirat dari film Twivortiare dalam menjalin suatu hubungan. Buat yang penasaran seperti apa cerita lengkapnya, ajak pasanganmu menonton di bioskop dan serapi sendiri pelajaran tentang kehidupan berumah tangga tadi.

Baca Juga: Inspiratif, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Ambil Dari BTS

Topic:

  • Geralda Talitha
  • Febriyanti Revitasari

Just For You