Comscore Tracker

5 Alasan Overthinking Jadi Pemicu Pertengkaran dalam Hubungan

Perlahan hilangkanf overthinking demi hubungan harmonis

Setiap orang pasti pernah merasakan beragam emosi, baik itu bahagia, sedih, takut, jijik, marah, terkejut dan lainnya. Begitu pula ketika seseorang mengalami overthinking, pasti akan berpengaruh terhadap gejolak emosinya, sehingga membuatnya mudah marah dan khawatir. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap hubungannya dengan orang lain, termasuk pada pasangan.

Overthinking terjadi ketika seseorang memiliki sekumpulan pemikiran negatif yang menumpuk namun tidak menemukan solusi untuk memecahkan pemikiran tersebut. Nah, inilah 5 alasan mengapa overthinking bisa menjadi pemicu pertengkaran dalam hubungan.

1. Membuat masalah yang sebenarnya tiada menjadi ada

5 Alasan Overthinking Jadi Pemicu Pertengkaran dalam Hubunganpexels/odonatawellnesscenter

Overthinking berasal dari pemikiran yang akan berpengaruh juga ke perilaku. Padahal sebelumnya tidak ada masalah yang berarti loh, namun karena overthinking tersebut membuat seseorang menuduh pasangannya atas hal yang tidak dilakukan. Inilah yang menjadi penyebab bumbu pertengkaran. 

2. Membuat gejolak emosi seseorang tidak terkontrol

5 Alasan Overthinking Jadi Pemicu Pertengkaran dalam Hubunganqupas.ic

Ketika overthinking menghantui seseorang, dia akan menjadi lebih tidak terkendali. Pemikiran negatif yang belum terbukti kebenarannya tersebut menguasai dirinya seperti merasa takut ataupun marah. Bisa dibilang overthinking ini menguras energi dan membuat gejolak emosi menjadi tidak terkontrol.

3. Overthinking dapat memicu keretakan hubungan

5 Alasan Overthinking Jadi Pemicu Pertengkaran dalam HubunganPexels/TrinityKubassek

Hubungan yang dipenuhi dengan overthinking tidak akan berlangsung dengan tenang namun penuh dengan pertengkaran. Hal ini karena pasangan merasa tidak seperti apa yang dituduhkan dan mempermasalahkan pemikiran negatif yang tidak sesuai dengan kenyataan. Jika tidak ditangani dan diminimalisir, maka overthinking bisa memicu timbulnya keretakan dalam hubungan.

Baca Juga: Paling Cepat Stres, 5 Zodiak Ini Dikenal Overthinking! 

4. Overthinking membuat hubungan menjadi tidak sehat

5 Alasan Overthinking Jadi Pemicu Pertengkaran dalam Hubunganpexels/cottonbro

Tentunya overthinking menjadi awal dari hubungan yang tidak sehat. Menghabiskan pikiran, emosi dan tenaga dalam menghadapinya membuat pasangan menjadi lelah. Bukannya saling mendukung dan positive thinking, namun sebaliknya overthinking membutakan mata akan kenyataan yang sesungguhnya. Akhirnya sering bertengkar karena menuduh pasangannya selingkuh, atau merasa tidak dicintai lagi dan pikiran negatif lainnya. 

5. Overthinking semakin mengikis rasa kepercayaan

5 Alasan Overthinking Jadi Pemicu Pertengkaran dalam Hubunganpexels/alexanderwendt

Overthinking semakin lama akan mengikis rasa kepercayaan pada kebaikan pasangan dan perjuangan selama menjalin hubungan. Pertengkaran yang sering terjadi dapat membuat hubungan menjadi tidak harmonis, bahkan bisa saja memudarkan perasaan pasangan. 

Oleh karena itu, kendalikan overthinking dengan memvalidasi kebenaran ya. Jangan lupa untuk mengembangkan pikiran positif juga terhadap pasanganmu biar hubungan harmonis. 

Baca Juga: 5 Alasan Gak Boleh Overthinking Terhadap Sesuatu yang Belum Terjadi

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya