Comscore Tracker

Jangan Curiga Terus, 6 Sebab Orang Gak Suka Ponselnya Dibuka Pasangan 

#IDNTimesLife Bukan berarti dia takut ketahuan selingkuh 

Pernahkah pasanganmu sewot gara-gara kamu membuka ponselnya tanpa izin? Kalau ya, mungkin kamu gak habis pikir kenapa dia sampai kesal. Menurutmu, itu hal yang wajar karena kamu pasangannya. Harus saling terbuka, kan?

Lalu kamu curiga, jangan-jangan dia menyembunyikan sesuatu di ponselnya! Perselingkuhan misalnya. Wah, sebelum kamu berpikir terlalu jauh dan asal menuduhnya, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu 6 sebab orang gak suka ponselnya dibuka pasangan berikut ini.

1. Simpel sih, kan masing-masing sudah punya ponsel? 

Jangan Curiga Terus, 6 Sebab Orang Gak Suka Ponselnya Dibuka Pasangan Unsplash.com/baslie

Mereka yang beralasan seperti ini biasanya adalah orang yang berpikiran praktis. Kalau masing-masing sudah punya ponsel dan bisa berfungsi dengan baik, seharusnya gak perlu lagi meminjam apalagi tahu-tahu membuka ponsel pasangan.

Gak ada urgensinya. Kecuali kamu memang hanya ingin memeriksa isi ponselnya. Dan jika itulah niatmu yang sebenarnya, bisa jadi poin berikut ini bikin dia makin kesal.

2. Kesannya gak percaya banget 

Jangan Curiga Terus, 6 Sebab Orang Gak Suka Ponselnya Dibuka Pasangan Unsplash.com/chiller_t

Pada dasarnya, semua orang pasti gak nyaman kalau hidupnya dimata-matai oleh siapa pun. Apalagi oleh pasangan sendiri. Sekalipun kamu merasa itu wajar demi memastikan dia gak melakukan hal-hal buruk di belakangmu, dia bisa merasa capek.

Dia bertanya-tanya kenapa kamu gak bisa memberinya kepercayaan? Bukankah sebagai orang terdekatnya, seharusnya kamu menjadi yang paling bisa memercayainya? Apalah artinya hubungan tanpa kepercayaan?

Tampak kuat dari luar, tetapi sebenarnya amat rapuh. Kira-kira beginilah perasaannya kalau kamu sering memeriksa ponselnya.

3. Ada dokumen-dokumen pekerjaan, khawatir pasangan gak sengaja mengutak-atiknya 

Jangan Curiga Terus, 6 Sebab Orang Gak Suka Ponselnya Dibuka Pasangan Unsplash.com/josephgruenthal

Zaman sekarang, ponsel memang gak cuma dipakai untuk menyapa saudara atau teman. Namun juga menjadi senjata dalam bekerja. Gak sedikit orang yang dokumen terkait pekerjaannya dikirimkan via WA dan disimpan di ponsel.

Semua demi mempercepat urusan jika sewaktu-waktu diperlukan ketimbang harus terlebih dahulu membuka surel atau malah saling berkirim dokumen dalam bentuk cetak.

Terbayang kan, betapa cemasnya pasanganmu kalau-kalau kamu tanpa sengaja mengutak-atik dokumen-dokumen itu? Ketimbang mencurigainya punya selingkuhan, cobalah memahami penggunaan ponsel dalam pekerjaan pasanganmu.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan Persahabatan agar Tetap Akur

4. Ada nomor kontak orang-orang penting, khawatir pasangan salah mengirim pesan yang bikin malu 

Jangan Curiga Terus, 6 Sebab Orang Gak Suka Ponselnya Dibuka Pasangan Unsplash.com/courtneyrclayton

Kalau ponsel sudah sering berpindah tangan, bukan gak mungkin suatu saat kamu lupa mengira itu ponselmu sendiri. Konsentrasi yang menurun bisa membuatmu salah mengirim pesan pada seseorang yang nomor kontaknya ada di ponsel pasangan.

Sekalipun kamu bisa berdalih itu soal gampang, tinggal meminta maaf pada yang bersangkutan, buat pasanganmu mungkin gak sesederhana itu. Terlebih jika orang yang mendapat pesan keliru itu amat diseganinya. Bosnya misalnya. Sementara isi pesanmu gak banget. Duh!

5. Gak mau pasangan usil mengunggah sesuatu di akun media sosialnya 

Jangan Curiga Terus, 6 Sebab Orang Gak Suka Ponselnya Dibuka Pasangan Unsplash.com/marciomarchphotography

Terlebih jika pasanganmu gak pernah keluar atau logout dari akun media sosialnya. Tinggal sentuh, kamu bisa langsung mengaksesnya. Baik sengaja maupun gak, unggahanmu di akun media sosialnya bisa jadi terasa mengganggunya.

Selagi menurutmu itu biasa saja karena kalian pasangan, baginya mungkin terasa sebagai pelanggaran privasi. Ya, setiap orang punya batasan privasi masing-masing dan hubungan istimewa dengan seseorang gak otomatis menghapuskan semua privasi.

Apalagi kalau kamu punya kecenderungan usil. Unggahanmu mungkin dimaksudkan untuk seru-seruan saja, tetapi bagi pasanganmu justru amat memalukan. Gak mungkin kan, setiap saat dia bilang ke teman-temannya kalau akunnya dibajak?

6. Merasa ribet saja kalau ponsel berpindah-pindah tangan 

Jangan Curiga Terus, 6 Sebab Orang Gak Suka Ponselnya Dibuka Pasangan Unsplash.com/ibnmuktar

Saban mau memakai, ponselnya gak ada di tempat terakhir dia meletakkannya. Atau ada, tetapi lagi kamu buka-buka. Yang pertama bikin dia harus mencari-carinya, yang kedua bisa bikin dia mengembuskan napas keras-keras.

Ponsel milik siapa, tetapi mau memakainya pun harus bilang dahulu sama kamu. Mungkin tampak sepele bagimu. Namun bagi pasanganmu bisa terasa menguras kesabaran. Terlebih kalau dia lagi capek dan sering membutuhkan ponselnya.

Memang gak mudah menjaga sikap saling percaya dengan pasangan. Meski terkesan remeh, ada baiknya soal membuka ponsel pasangan dibicarakan terlebih dahulu di awal hubungan. Kalau dia keberatan dengan hal itu, lebih baik menghargainya.

Kalaupun dia gak keberatan untuk sewaktu-waktu ponselnya kamu periksa, jangan sering-sering juga melakukannya. Kamu pun pasti gak nyaman kalau selalu diperlakukan seperti itu, kan? Jangan sampai cuma soal ponsel malah berujung pertengkaran.

Baca Juga: Biar Gak Jenuh, 5 Tips Komunikasi untukmu yang Jalin Hubungan Lama

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya