Comscore Tracker

5 Tipe Pasangan yang Mampu Berikan Ketenangan

Salah satunya adalah sosok yang sabar

Apa, sih, yang paling dicari seseorang dalam hubungan kalau bukan ketenangan? Mengharapkan hidup yang lebih tenang setelah kita menjalin asmara dengan seseorang tidak berarti menghindari tantangan hidup. Akan tetapi, ketenangan yang diberikan pasangan akan menciptakan hubungan yang lebih stabil.

Jika gagal memberikan ketenangan, tipe pasangan yang seperti ini akan mudah membuat cemas, kebahagiaan pun pasti menurun. Sudahkah kamu memperoleh ketenangan tersebut? Atau justru kamu ingin menjadi tipe pasangan yang lebih baik lagi?

Intip, deh, seperti apa pasangan yang mampu memberi ketenangan dalam perjalanan kisah asmara. Coba terapkan, ya!

1. Sabar, bukan reaktif dan emosional

5 Tipe Pasangan yang Mampu Berikan Ketenanganilustrasi pasangan (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Pasangan yang sabar memang layak menjadi idaman semua orang. Sebab sifat sebaliknya akan membuat partner hidupnya mudah stres, selalu merasa panik, bahkan malu. Hal terakhir misalnya terjadi ketika ketidaksabaran pasangan memicu ledakan emosi di tempat umum.

Dalam hubungan jangka panjang, tidak ada orang yang tahan dengan sifat temperamental pasangannya. Sulit membicarakan apa pun dengan tipe pasangan begini. Pun sikap reaktifnya dapat membuat pasangan merasa kurang didengarkan lantaran ia terlalu cepat merespons dan biasanya secara negatif.

2. Bisa memberikan kepastian

5 Tipe Pasangan yang Mampu Berikan Ketenanganilustrasi pasangan (pexels.com/Fotografia Eles Dois)

Memberi kepastian bukan artinya harus secepatnya menikahi. Ketergesa-gesaan dalam membawa hubungan ke jenjang pernikahan memang memberikan kepastian perubahan status dari sekadar berpacaran menjadi pasangan suami istri.

Namun, di balik kepastian perubahan status ini justru terhampar ketidakpastian yang amat berbahaya. Yaitu, masa depan rumah tangga yang terancam suram apabila keputusan menikah tidak diikuti dengan kesiapan finansial maupun kedewasaan mental.

Oleh sebab itu, yang dimaksud mampu memberi kepastian memiliki arti luas. Sekalipun pasangan belum mengajak menikah, setidaknya dia bisa memastikan komitmennya untuk hanya berpacaran dengan satu orang. Tidak sibuk melirik orang lain dengan alasan apa pun. Keseriusannya dalam berkomitmen serta menyiapkan masa depan bersama terlihat dengan jelas.

3. Tahu fokus utama dalam hidupnya

5 Tipe Pasangan yang Mampu Berikan Ketenanganilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Memahami dengan jelas tentang fokus hidup sendiri tak berarti seseorang egois dan tidak akan siap membangun hidup dengan orang lain. Pemahaman akan hal ini tetap penting buat memastikan ia tahu ke mana hendak melangkah.

Sulit bagi seseorang menjalin hubungan jangka panjang apalagi berumah tangga dengan pasangan yang bahkan tidak mengerti apa fokus dalam hidupnya. Setiap kegiatan yang dijalaninya dari hari ke hari boleh jadi tak memberikan manfaat yang berarti bagi kehidupan keluarga mereka.

Baca Juga: 5 Tipe Pasangan yang Baik, Ternyata Gak Muluk-muluk, Lho!

4. Enak diajak bertukar pikiran

5 Tipe Pasangan yang Mampu Berikan Ketenanganilustrasi pasangan (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Hanya dengan pasangan yang mampu diajak bertukar pikiran, seseorang merasa terhubung secara emosional dengannya. Ini membuat relasi dan pemahaman di antara keduanya menjadi kuat. Pertukaran pikiran pun tak berlangsung cuma dari salah satu pihak. 

Masing-masing mampu bersikap terbuka dan mendiskusikan pemikiran yang paling berbeda sekalipun. Kalau pasangan tak dapat diajak bertukar pikiran, seseorang bakal menyimpan sendiri masalah-masalahnya. Ketika dia tidak kuat, problem psikis bisa muncul dan berdampak negatif terhadap hubungan.

5. Sigap membantu meski hubungan tak lagi baru terjalin

5 Tipe Pasangan yang Mampu Berikan Ketenanganilustrasi pasangan (pexels.com/Yan Krukov)

Sikap aktif membantu pasangan yang kerepotan semestinya memang terus dilakukan. Bukan cuma saat hubungan masih baru-barunya apalagi sekadar ditujukan buat mendapatkan hatinya. Kesediaan untuk menolong pasangan kapan pun diperlukan kudu didasari dengan keikhlasan.

Seseorang melakukan hal tersebut pada pasangannya karena dia mencintainya serta tak ingin melihatnya kesulitan seorang diri. Dengan dasar ini, sikap tolong-menolong dengan pasangan akan terjadi sepanjang usia hubungan. Tanpa perlu ada permintaan secara langsung, bantuan otomatis diberikan oleh pihak yang mampu kepada pasangannya.

Dengan lima tipe pasangan di atas, seseorang akan merasa yakin dirinya sudah menemukan belahan jiwa. Tidak sulit baginya memutuskan inilah waktunya buat mengakhiri masa lajang. Hubungan asmara yang selama ini terbina telah menandakan adanya masa depan yang baik dan menyenangkan jika mereka terus bersama.

Baca Juga: Tipe-tipe Pasangan yang Layak Diperjuangkan, Kamu?

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya