Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Didapat dari Cinta Pertama, Bukan Momen Sia-sia

Pelajaran untuk tidak mengulang kesalahan yang sama

Tak semua cinta pertama bertahan selamanya. Bahkan, ada pula yang berakhir setelah momen pernikahan. Ketika bertemu seseorang di usia muda, hampir sulit untuk memprediksi bahwa orang tersebut akan jadi pasangan hidupmu kelak. 

Namun, terlepas dari kualitas dan lamanya hubungan yang kamu jalani, cinta pertama ternyata dapat mengajari sejumlah pelajaran hidup yang tidak ternilai harganya. Nah, berikut ini beberapa di antaranya yang perlu kamu tahu.

1. Jangan terlalu berlebihan dalam mencintai pasangan

5 Pelajaran Hidup yang Didapat dari Cinta Pertama, Bukan Momen Sia-siapexels.com/cottonbro

Ketika jatuh cinta untuk pertama kalinya, kamu pasti merasa sangat senang, bukan? Sayangnya, perasaan tersebut kadang membuat kamu tidak sadar mengenai batasan antara cinta dan kegilaan.

Kamu akan selalu melekat padanya seolah tak ingin berpisah. Kamu selalu ingin mengetahui kabarnya dan hal yang dilakukannya setiap hari.

Dilansir puckermob.com, kehadiranmu yang terus-menerus tersebut, cenderung membuat seseorang tak nyaman. Ini dapat berdampak buruk pada hubungan yang dijalani.

Dia akan merasa seolah dihantui oleh kamu sehingga akhirnya akan sulit untuk menghargai perhatian tulus yang kamu lakukan. Oleh karena itu, dalam menjalani hubungan, sebaiknya berikan batasan antara rasa cinta kamu, ya!

2. Perdebatan adalah hal alami yang terjadi dalam sebuah hubungan

5 Pelajaran Hidup yang Didapat dari Cinta Pertama, Bukan Momen Sia-siapexels.com/cottonbro

Dilansir bustle.com, cinta pertama menyadarkan kita jika pertengkaran dan perdebatan dalam hubungan sangatlah normal. Hal ini karena kamu dan pasangan tidak bisa selalu berada di halaman yang sama mengenai segala hal yang terjadi di dalam hubungan.

Pada momen tersebut, kamu juga akan disadarkan bagaimana caranya menyelesaikan masalah dengan solusi yang ideal. Selain itu, dalam menyikapi masalah, kamu juga akan menyadari bahwa ada beberapa hal yang tidak perlu diceritakan pada orang lain.

3. Cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain

5 Pelajaran Hidup yang Didapat dari Cinta Pertama, Bukan Momen Sia-siapexels.com/Jasmine Carter

Masih dari puckermob.com, kita disarankan untuk jangan pernah memprioritaskan kebutuhan pacar di atas kebutuhan diri sendiri. Sebab, kamu tidak dapat mencintai orang lain sampai benar-benar bisa mencintai diri sendiri.

Oleh karena itu, rasa benci terhadap diri sendiri cenderung jadi alasan umum mengapa sebagian besar hubungan cinta pertama tidak bertahan lama. Mereka menganggap bahwa diri mereka tidak pantas untuk menjalani hubungan dengan pasangannya.

Baca Juga: 5 Alasan Ilmiah Orang Bisa Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

4. Mempercayai seseorang bukanlah hal yang mudah

5 Pelajaran Hidup yang Didapat dari Cinta Pertama, Bukan Momen Sia-siapexels.com/ketut subiyanto

Tak hanya menyenangkan, jatuh cinta untuk pertama kali juga akan terasa sangat menakutkan. Menurut bustle.com, ini karena ada banyak hal yang kamu harapkan dari pasangan, namun belum tentu yang kamu yakini itu terjadi sesuai keinginan dan harapan.

Selain itu, kamu juga dituntut untuk belajar mempercayai orang lain yang bukan keluarga maupun teman yang kamu kenal. Kamu pun menyadari bahwa harus berani mengambil risiko ini jika ingin menjalani hubungan yang lebih serius.

5. Hubungan cinta yang kandas bukanlah akhir dari segalanya

5 Pelajaran Hidup yang Didapat dari Cinta Pertama, Bukan Momen Sia-siapexels.com/Vera Arsic

Seiring berjalannya waktu, orang-orang akan keluar masuk hidupmu dengan kecepatan yang konstan dan tidak terduga. Hubungan akan berakhir, orang-orang menjauh, bahkan cinta yang kuat bisa memudar.

Menurut puckermob.com, hanya karena kamu tak berhasil menjalin hubungan dalam jangka waktu yang panjang, bukan berarti hubungan tersebut tidak berharga. Sebab, kamu bisa memetik pelajaran dari kisah tersebut untuk kesuksesan pada hubungan selanjutnya.

Itu dia beberapa pelajaran hidup yang bisa kamu dapat dari cinta pertama. Dari kelima poin di atas, pengalaman manakah yang sudah kamu rasakan dan pelajari?

Baca Juga: Bernuansa Cinta Pertama, 7 Drama Korea Ini Sukses Bikin Baper

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya