Comscore Tracker

6 Sikap Keliru yang Bikin Pertengkaran dengan Pasangan Semakin Rumit

Salah langkah sedikit, hubungan malah kian rumit

Setiap hubungan gak lepas dari yang namanya masalah. Hal ini wajar kok, sebab kamu dan pasangan berasal dari kebiasaan dan pola hidup yang mungkin berbeda. Kalau kamu bisa menyikapi masalah dengan sikap dewasa, sebenarnya pertengkaran bisa berdampak baik buat hubunganmu. Jangan salah, justru lewat pertengkaran yang sehat, kamu dan dia bisa menyatukan pikiran dan keinginan yang berbeda.

Tapi lain halnya kalau kamu salah bersikap saat pertengkaran melanda. Alih-alih hubunganmu kian matang, cekcok yang terjadi malah semakin rumit dan perlu penyelesaian yang panjang. Untuk itu, pahami lagi yuk, hal-hal keliru apa saja yang perlu kamu jauhi.

1. Terus tenggelam dalam argumen siapa yang benar dan salah

6 Sikap Keliru yang Bikin Pertengkaran dengan Pasangan Semakin Rumitdramabeans.com

Sebenarnya argumen yang gak berujung ini muncul karena ego kamu dan dia yang sama besar. Padahal, kalau kalian mau berpikir jernih, masing-masing bakal menyadari kok kesalahan sendiri. Memunculkan warna hitam putih semacam ini, pasti bakal sulit untuk diterima salah satu pihak. 

Kamu harus belajar memberi toleransi pada kesalahan pasangan. Seperti apa kamu menyikapi kesalahannya, seperti itu pula caranya menyikapi kesalahanmu. 

2. Mengambil keputusan saat amarah sedang menjadi-jadi

6 Sikap Keliru yang Bikin Pertengkaran dengan Pasangan Semakin Rumitdramabeans.com

Jaga lisan, ini nih yang paling sulit dibendung saat emosi memuncak. Padahal, ungkapan dan keputusan apa pun yang diambil saat sedang emosi, biasanya punya dampak buruk yang berujung penyesalan. Tenangkan dulu kondisimu dari luapan amarah.

Jangan buru-buru mengambil keputusan kalau emosimu belum reda. Boleh jadi, keinginanmu yang sebenarnya berbeda dengan nafsumu saat emosi memuncak.

3. Menyebarkan masalah rumah tangga pada orang yang kurang tepat

6 Sikap Keliru yang Bikin Pertengkaran dengan Pasangan Semakin Rumitdramabeans.com

Sebisa mungkin, selesaikanlah masalah hubunganmu berdua saja dengan pasangan. Bicarakan baik-baik apa yang sebenarnya kamu harapkan dari hubunganmu. Berbagi masalah dengan orang lain, sebenarnya bisa jadi peluang kamu membongkar aib pasangan.

Saat hubunganmu kembali baik, kamu bisa malu sendiri karena masalah rumah tanggamu diketahui orang lain. Kamu bisa konsultasikan pada orang yang tepat kalau memang masalah pernikahanmu sudah sulit untuk diselesaikan berdua.

Baca Juga: 5 Tipe Pertengkaran yang Jadi Tanda Kalau Hubunganmu Belum Dewasa

4. Meluapkan emosi dengan merusak barang

6 Sikap Keliru yang Bikin Pertengkaran dengan Pasangan Semakin Rumitdramabeans.com

Sekilas kamu mungkin merasa emosimu teralihkan dengan merusak benda. Tapi suasana semacam ini, bisa bikin pasanganmu yang melihatnya semakin trauma. Sikap merusak benda, bakal memosisikan masalahmu pada level yang terasa makin rumit. Kamu dan pasangan bakal sulit berpikir jernih dan tenang dalam suasana yang mencekam seperti ini.

5. Tak kuasa menahan diri dari bertindak kasar pada fisik pasangan

6 Sikap Keliru yang Bikin Pertengkaran dengan Pasangan Semakin Rumitdramabeans.com

Tindakan di luar kesadaran ini juga bisa berdampak fatal pada akhir hubunganmu. Kamu mungkin merasa sangat marah, tapi menyakiti fisik pasangan dengan cara apa pun, wajib kamu hindari. Tindak kekerasan yang dilakukan saat emosi, juga dikhawatirkan bakal mengancam keselamatan fisik pasangan.

Cekcok mulut saja sudah bikin kamu dan dia saling menyakiti perasaan, jangan kamu buat semakin rumit dengan menyakiti fisik pasangan.

6. Menyudutkan pasangan dengan mengungkit kesalahannya yang sudah lalu

6 Sikap Keliru yang Bikin Pertengkaran dengan Pasangan Semakin Rumitmarymekpop.com

Kebiasaan yang juga bikin masalahmu kian rumit adalah mengungkit kesalahan pasangan yang sudah lewat. Satu masalah yang seharusnya bisa selesai lebih mudah, malah semakin melebar ke mana-ke mana. Dia yang mungkin sudah sekuat tenaga meninggalkan kebiasaan buruknya, pasti bakal sangat kecewa saat kamu masih mengungkitnya, apalagi dengan kata-kata menghina.

Kebayang kan bakal seperti apa cekcok yang terjadi saat kamu dan pasangan dibuat geram satu sama lain? So, fokuslah pada masalahmu saat ini. Jangan mendramatisir problem dengan membahas hal-hal yang sudah berlalu.

Sudah tahu kan sikap-sikap apa saja yang bisa bikin konflik hubunganmu semakin rumit? Semoga bisa membantu, ya!

Baca Juga: Khusus Pria, Ini 6 Tips Mencegah Pertengkaran Saat Menjalani LDR

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya