Comscore Tracker

5 Hal Ini Gak Boleh Dijadikan Alasan Untukmu Buru-buru Nikah Dengannya

Nanti kamu akan menyesal seumur hidup!

Setiap orang tentunya ingin menikah dengan sosok yang dicintai dan menghabiskan seluruh hidupnya dengan pasangan. Namun, menghadapi pernikahan bukanlah hal yang mudah. Perlu niat dan tujuan agar pernikahanmu nanti langgeng dan bahagia. 

Jangan buru-buru menikah jika memang kamu belum siap, apa lagi jika kamu menikah hanya karena lima hal di bawah ini. 

1. Tuntutan orangtua yang menyuruhmu cepat-cepat menikah

5 Hal Ini Gak Boleh Dijadikan Alasan Untukmu Buru-buru Nikah Dengannyapexels.com/Andrea Piacquadio

Tujuan orangtua menuntutmu untuk menikah, tidak lain memang ingin melihat anaknya bahagia. Namun, jika kamu menikah hanya karena tuntutan orangtua, maka jangan dilakukan karena itu tidak akan membuatmu bahagia. 

Menikah itu yang menjalaninya adalah kamu dan pasangan. Orangtua akan lebih bahagia jika melihatmu menikah dengan sosok yang kamu cintai. 

2. Seluruh temanmu telah menikah

5 Hal Ini Gak Boleh Dijadikan Alasan Untukmu Buru-buru Nikah Dengannyaunsplash.com/Andreas Rønningen

Hanya karena seluruh teman sebayamu telah menikah, bukan berarti kamu juga harus mengikuti mereka. Karena, pernikahan itu bukanlah perlombaan. 

Kamu harus benar-benar matang untuk mempersiapkannya. Menikah hanya karena teman-temanmu telah berumah tangga hanya akan membuatmu jadi terpaksa menjalani hubungan pernikahan. 

Baca Juga: Tidak Perlu Buru-buru, 7 Hal ini Wajib Kamu Pahami Sebelum Menikah

3. Kamu sudah menjalin hubungan bertahun-tahun

5 Hal Ini Gak Boleh Dijadikan Alasan Untukmu Buru-buru Nikah Dengannyaunsplash.com/Satria Perkasa

Hubungan yang sudah bertahun-tahun kamu jalani tidak menjamin dirimu benar-benar siap membina rumah tangga. Jika memang kamu belum siap, maka jangan lakukan, apa lagi jika ditambah kamu masih egois dalam hubungan, lebih baik tunda dulu keinginanmu untuk menikah. 

4. Sudah berumur dan banyak gosip dari tetangga

5 Hal Ini Gak Boleh Dijadikan Alasan Untukmu Buru-buru Nikah Dengannyaunsplash.com/Ben White

Menikah gak berpatok dengan umur. Kamu bisa menikah di umur berapa pun yang kamu inginkan. Gak apa-apa banyak gosip dari tetangga hanya karena kamu gak nikah-nikah di umur yang sudah matang, daripada kamu menikah terburu-buru dan akhirnya menyesal atas keputusanmu sendiri. Jadi, lebih baik menunggu waktu yang tepat, kan? 

5. Pusing dengan beban hidup yang dijalani

5 Hal Ini Gak Boleh Dijadikan Alasan Untukmu Buru-buru Nikah Dengannyaunsplash.com/Silviu Beniamin Tofan
Namanya juga hidup, pastilah memiliki masalah yang datang silih berganti. Ketika kamu punya beban hidup, maka hadapi dan selesaikanlah semua itu, jangan memilih untuk menikah karena menikah bukanlah perkara yang mudah. Akan banyak masalah yang jauh lebih besar yang kamu hadapi.
 
Menikah atau tidak adalah pilihan pribadi yang seharusnya tidak bisa dipengaruhi orang lain. Selain itu, diri sendiri lah yang akan menanggung semua risiko dari keputusan besar yang kamu ambil dalam hidup Menikahlah karena kamu sudah siap lahir dan batin karena pernikahan harus seumur hidup. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Sering Salah Langkah karena Buru-buru Ambil Keputusan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya