Comscore Tracker

5 Alasan yang Bisa Digunakan untuk Menolak Perjodohan Secara Halus

Biar orangtuamu tak kecewa juga

Perjodohan adalah hal yang sering dilakukan oleh para orangtua, dengan harapan bahwa mereka ingin membahagiakan anaknya tanpa perlu sang anak repot mencari. Terkadang juga, perjodohan ini tidak langsung meminta izin dari anak dan mereka bertindak sesuai dengan kemauannya saja. 

Namun, tidak semua perjodohan pasti kamu sukai, bukan? Ada hal yang tidak kamu suka dan tak ingin menyetujuinya. Ingin bilang langsung, tapi takut membuat orangtua terluka. 

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu gunakan sebagai alasan untuk menolak perjodohan tersebut, dijamin tak akan buat orangtuamu terluka. 

1. Katakan bahwa kamu sudah punya calon pendamping hidup, lalu kenalkan pada mereka

5 Alasan yang Bisa Digunakan untuk Menolak Perjodohan Secara Haluspexels.com/Alexy Almond

Alasan yang paling efektif guna menolak perjodohan yang dilakukan oleh orangtuamu adalah mempertemukan dan memperkenalkan kekasihmu saat ini. Katakan dengan lembut pada mereka, bahwa kekasihmu ini ada calon pendamping hidup yang telah kamu pilih.

Selain itu, sebelumnya juga kamu harus menceritakan tentang dirinya dan kebaikan yang pernah dia berikan padamu. Dengan begitu, orangtuamu akan mengerti dan tak akan pernah lagi menjodohkan dirimu dengan orang lain. 

2. Jika belum ada calon pendampingmu, katakan bahwa kamu ingin mencarinya sendiri

5 Alasan yang Bisa Digunakan untuk Menolak Perjodohan Secara Haluspexels.com/Jopwell

Jangan pernah menolak perjodohan yang orangtuamu lakukan dengan perkataan yang tak beralasan. Jika kamu ingin menolaknya, maka berilah pengertian pada mereka. 

Katakan bahwa kamu ingin memilih dan menyeleksi sendiri seseorang yang akan menjadi jodohmu nanti. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menumbuhkan rasa cinta terlebih dahulu dan mengetahui tentang baik serta buruknya pasanganmu nanti. 

Baca Juga: 6 Tips Atasi Keraguan Saat Menjalani Suatu Hubungan Karena Perjodohan

3. Katakan dengan jujur, bahwa kamu ingin fokus karier saat kamu belum ada rencana menikah

5 Alasan yang Bisa Digunakan untuk Menolak Perjodohan Secara Halusunsplash.com/Ali Husnain Arshad

Jika saat perjodohan dilakukan dan ingin menolak karena belum ingin menikah dalam waktu cepat, maka katakanlah yang sejujurnya pada orangtuamu. Berikan mereka alasan bahwa kamu ingin fokus terlebih dahulu pada karier dan impian yang ingin kamu gapai dalam waktu cepat. Di mana, pekerjaan nantinya akan membuatmu siap secara materi untuk menikah dengan calonmu nanti. 

Ketika kamu benar-benar menginginkan hal tersebut, maka orangtuamu tidak akan menolak alasanmu, sebab orangtua juga akan tahu bahwa menikah itu perlu persiapan yang matang, salah satunya adalah karier dan pekerjaan yang bagus. 

4. Jika takut orangtua tetap kecewa, maka tak ada salahnya untuk mencoba menjalaninya dulu

5 Alasan yang Bisa Digunakan untuk Menolak Perjodohan Secara Haluspexels.com/Mena Fox

Terkadang beberapa alasan yang diberikan juga tidak akan membuat orangtua putus asa untuk menjodohkanmu. Mereka akan terus menerus memilihkan calon untukmu. 

Nah, agar kamu bisa menghentikan hal tersebut, maka tak ada salahnya untuk mencoba kencan terlebih dahulu dengan pilihan dari orangtuamu. Setelah selesai, kamu bisa memberikan alasan pada orangtuamu bahwa kamu masih ragu dan merasa tidak cocok dengan pilihan orangtuamu. 

5. Beritahu pada orangtua, bahwa perjodohan tidak selalu berakhir manis

5 Alasan yang Bisa Digunakan untuk Menolak Perjodohan Secara Halusunsplash.com/HIVAN ARVIZU @soyhivan

Alasan yang mungkin agak tegas untuk kamu berikan pada orangtuamu adalah dengan memberikan contoh bahwa perjodohan itu tidak selalu berakhir dengan baik dan bahagia. Faktor cintalah yang pada akhirnya membuat pasangan yang telah dijodohkan bercerai.

Oleh karena itu, cinta adalah faktor penting untuk menikah. Berikan juga alasan pada mereka, bahwa kamu hanya ingin menikah dengan orang yang kamu cintai. 

Itulah lima hal yang bisa kamu jadikan alasan untuk menolak perjodohan yang orangtuamu lakukan. Gimana, berniat mencoba nanti untuk menolaknya? 

Baca Juga: Tak Selamanya Buruk, Ini 5 Alasan Kamu Bisa Menyetujui Perjodohan!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya