Comscore Tracker

5 Tanda Hubunganmu Punya Kualitas Komunikasi yang Baik, Apa Saja Ya? 

Hayo, kamu punya gak kira-kira?

Hubungan cinta yang hangat dan langgeng pastilah punya kualitas komunikasi yang baik. Komunikasi dalam hubungan itu menentukan kebahagiaan di antara kedua pihak. Makanya, banyak pasangan yang sangat menginginkan keterbukaan komunikasi satu sama lain, termasuk dirimu dan pasangan.

Sebenarnya tanda hubungan yang punya kualitas komunikasi yang baik itu, dapat dilihat dari aktivitas dalam hubungan cintamu. Berikut tandanya yang bisa kamu simak dan pahami. 

1. Komunikasi tidak terlalu sering, tapi dilakukan setiap harinya

5 Tanda Hubunganmu Punya Kualitas Komunikasi yang Baik, Apa Saja Ya? pexels.com/mentatdgt

Hubungan cinta yang punya kualitas komunikasi yang baik, maka tidak akan menuntut pasangan untuk mengabarimu terus menerus selama 7/24 jam. Namun, lebih kepada komunikasi secukupnya yang dilakukan setiap hari.

Komunikasi inilah yang akhirnya mencerminkan, bahwa kamu dan pasangan sudah bisa saling mengerti waktu, kesibukan dan privasi masing-masing. 

2. Fokus pada topik pembicaraan saat ada yang berbicara

5 Tanda Hubunganmu Punya Kualitas Komunikasi yang Baik, Apa Saja Ya? pexels.com/Gustavo Fing

Ketika kamu dan pasangan sedang berdiskusi bersama dan menyampaikan pendapat akan hubungan cinta yang dibina bersama, maka satu sama lain akan fokus pada topik pembicaraan. Tidak ada yang menyela, apa lagi membahas masalah yang bukan termasuk pada topik pembicaraan. Dan, itulah komunikasi berkualitas dalam hubungan. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Mengganggu Komunikasi dalam Hubungan, Yuk Dihindari!

3. Tidak memainkan HP sedang berbicara maupun mendengarkan pasangan

5 Tanda Hubunganmu Punya Kualitas Komunikasi yang Baik, Apa Saja Ya? pexels.com/cottonbro

HP menjadi salah satu barang yang sulit sekali lepas dari genggam tangan. Namun, bukan berarti HP menyita seluruh waktu yang dimiliki. Kualitas komunikasi itu bisa dilihat dari cara kamu berbicara dan mendengarkan pasangan, begitu pun sebaliknya.

Jika kamu sering memainkan HP saat sedang berbicara maupun mendengarkan, maka hubunganmu tidak punya kualitas komunikasi yang baik. Namun, jika sebaliknya, kamu dan dia tidak memainkan HP saat sedang berbicara dan mendengarkan serta berdiskusi, maka hubunganmu punya kualitas komunikasi yang baik. 

4. Memberikan saran dan kritik, jika ada bahasan obrolan yang kurang enak

5 Tanda Hubunganmu Punya Kualitas Komunikasi yang Baik, Apa Saja Ya? pexels.com/Lucas Frizzi

Memberikan saran dan kritik, jika ada bahasan obrolan yang kurang enak adalah bukti, bahwa kamu dan pasangan saling peduli satu sama lain. Rasa peduli inilah yang akhirnya akan membuat hubunganmu menjadi lebih berkualitas untuk sama-sama berubah menjadi lebih baik.

Meski awalnya akan dirasa tidak enak, karena takut menyinggung perasaan, tapi dengan berani berbicara untuk memberikan saran dan kritik adalah tanda hubunganmu punya kualitas komunikasi yang baik. 

5. Peka pada situasi dan arah pembicaraan

5 Tanda Hubunganmu Punya Kualitas Komunikasi yang Baik, Apa Saja Ya? pexels.com/Andre Furtado

Tidak banyak pasangan yang bisa saling peka akan arah dari pembicaraan yang dimaksud. Namun, jika selama ini kamu dan pasangan bisa peka dan saling mengerti tentang situasi hubungan, maka hubunganmu punya kualitas komunikasi yang sangat baik. Di mana, rasa peka yang dimiliki mampu mengantarkan hubunganmu pada tahap komitmen dan keseriusan untuk segera menikah. 

Itulah lima tanda, bahwa hubunganmu punya kualitas komunikasi yang baik. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus bersyukur, karena hubungan yang seperti ini mampu bertahan dan langgeng selamanya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasangan Jarang Mengajak Komunikasi 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya