Comscore Tracker

5 Tips Pacaran dengan Teman Sekantor, biar Sama-sama Nyaman! 

Salah satunya jangan bermesraan di kantor 

Benih-benih asmara sangat mungkin untuk tumbuh di kantor. Intensitas bertemu hingga pekerjaan yang mengharuskan berdampingan gak jarang membuat dua teman kantor akhirnya pacaran. Mungkin terdengar akan sangat bahagia bila setiap hari kamu dan dia bisa berangkat dan pulang berdua setelah seharian bekerja.

Namun di sisi lain ini juga bisa menjadi masalah, lho. Maka dari itu kamu harus berhati-hati bila berada di kondisi ini. Berikut ini lima tips pacaran dengan teman kantor! 

1. Pikirkan dengan matang sebelum menjalin hubungan 

5 Tips Pacaran dengan Teman Sekantor, biar Sama-sama Nyaman! ilustrasi pacaran dengan teman kantor (pexels.com/Mikhail Nilov)

Secara logika mungkin kamu berpikir sebaiknya menghindari hubungan asmara di kantor karena akan berdampak buruk pada kamu dan dia. Belum lagi kamu dan dia akan menjadi canggung bila hubungan gak berjalan mulus. Namun sayangnya logika kerap kalah oleh hati dan perasaan. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu apakah perusahaan memiliki kebijakan mengenai hubungan asmara antar karyawan. Jika ada larangan, maka sebaiknya menunda hingga salah satu mendapat pekerjaan di tempat lain. Menjalin hubungan diam-diam mungkin bisa dilakukan, tetapi gak sebanding dengan resikonya. 

Jika perusahaan gak melarang, coba untuk mengevaluasi situasi di mana rekan yang lain juga terlibat hubungan asmara. Apakah atasan menyukainya dan semua berjalan dengan baik? Kamu juga boleh meminta pendapat dari atasan jika kamu membutuhkannya. 

2. Jangan memaksa perasaan orang lain 

5 Tips Pacaran dengan Teman Sekantor, biar Sama-sama Nyaman! ilustrasi pacaran dengan teman kantor (pexels.com/Thirdman)

Menaruh hati pada salah satu rekan kerja harus hati-hati. Apalagi jika situasinya adalah kamu menyukai seorang bawahan atau tim yang kamu pimpin. 

Jelaskan kepadanya bahwa dia gak akan mendapat sanksi apa pun jika menolakmu. Sebaiknya jangan bercanda mengenai hal ini karena bisa berakibat fatal. 

Misalnya rekan atau bawahanmu menerima cintamu, pastikan kamu dan dia sama-sama menjalani hubungan dengan perasaan yang baik. Dia seharusnya gak merasa tertekan atau menerima cintamu karena takut, sungkan dan alasan lainnya. 

Baca Juga: Orang Dewasa Gak Akan Pacaran jika Belum Beres dengan 5 Hal Ini

3. Diskusikan kesepaktan bersama pasangan 

5 Tips Pacaran dengan Teman Sekantor, biar Sama-sama Nyaman! ilustrasi pacaran dengan teman kantor (pexels.com/Felicity Tai)

Kamu dan pasangan harus memiliki pemahaman yang sama mengenai hubungan asmara  sekantor. Apakah kalian berdua ingin sesuatu yang serius atau lebih santai dalam menjalaninya? 

Apakah hubungan ini akan tetap menjadi rahasia? Apakah kalian gak ingin terlihat datang dan pulang berdua? Apakah di jam makan siang kalian akan menyusun janji bertemu di suatu tempat? Mungkin aturan-aturan ini terdengar gak romantis, namun ini demi kenyamanan kamu dan dia. 

4. Menjalin hubungan dengan bijak 

5 Tips Pacaran dengan Teman Sekantor, biar Sama-sama Nyaman! ilustrasi pacaran dengan teman kantor (pexels.com/Los Muertos Crew)

Jika perusahaan gak melarang karyawan untuk berpacaran, kamu dan dia juga sepakat untuk bersama dengan segala risikonya, maka kamu harus menjalaninya dengan penuh kebijaksanaan dan kedewasaan. 

Artinya, kamu dan dia gak harus berbohong, namun di sisi lain juga gak mengumumkan hubungan kepada rekan yang lain. Bertindak selayaknya saat berkumpul dengan rekan yang lain dan hindari bermesraan saat jam kantor. Begitu juga di media sosial, sebaiknya tahan diri untuk memamerkan hubungan kepada dunia.

5. Jangan biarkan hubungan menghalangi profesionalisme 

5 Tips Pacaran dengan Teman Sekantor, biar Sama-sama Nyaman! ilustrasi pacaran dengan teman kantor (pexels.com/MART PRODUCTION)

Hubungan ini akan lebih berisiko bila kamu dan dia adalah bos dan bawahan. Di setiap kondisi kamu harus mampu memisahkan antara asmara dengan pekerjaan. Jangan biarkan perasaan cinta memengaruhi jalannya pekerjaan. 

Mungkin akan lebih sulit mengkritik pekerjaan pasangan yang merupakan bawahan anda di kantor. Di satu sisi kamu gak ingin menyinggung perasaannya yang mengakibatkan hubungan asmara menjadi renggang. Di sisi lain kamu harus melakukannya karena ini bagian dari aturan perusahaan. 

Ingat, jika kamu menempatkan hubungan cinta di atas pekerjaan, ini akan menimbulkan kecemburuan sosial pada rekan atau bawahan yang lain. Mereka bisa saja marah karena gak mendapat perlakuan yang setara. Makanya, kamu harus menjunjung tinggi profesionalisme, sekali pun bawahanmu adalah kekasihmu sendiri.  

Pacaran dengan teman kantor susah-susah gampang. Pertama, kamu bisa saja terkendala aturan. Kedua, kamu harus tetap bersikap profesional. Jika kamu tengah menaruh hati pada salah satu orang di kantor, pertimbangkan keputusanmu dengan matang, ya! 

Baca Juga: 5 Tips Berkembang bersama Pasangan, Pacaran Gak Monoton!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya